TIP’S MEMILIH PERGURUAN TINGGI

Mengambil keputusan mendaftar pada suatu perguruan tinggi, baik itu negeri dan terlebih swasta, musti dipertimbangkan masak-masak alasannya. Jangan asal mudah diterima dan murah, langsung kita mendaftar. Pertimbangkan masak-masak sebelum mendaftar, agar jangan sampai menyesal kelak kemudian hari.

Ada beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum kita mendaftar pada suatu perguruan tinggi, diantaranya adalah:

  1. Reputasi Perguruan Tinggi. Reputasi atau citra suatu perguruan tinggi bisa didapat dari berbagai informasi, diantaranya: pemberitaan media masa, cerita-cerita orang yang pernah atau sedang kuliah di situ, track record alumninya, atau bisa juga diperoleh dari hasil browsing internet. Semisal ada pemberitaan bahwa mahasiswa suatu perguruan tinggi tertentu banyak yang melakukan tindak kriminal, maka itu masuk reputasi yang buruk. Atau alumninya banyak yang nganggur, ini juga citra yang kurang baik. Sebaliknya kalau ada cerita-cerita kuliah disitu enak, fasilitasnya lengkap dan bagus, maka ini masuk kategori reputasi yang baik. Lulusannya begitu lulus langsung dapat kerjaan, ini citra yang bagus juga. Dan sebagainya. Nah, berdasar cerita-cerita, berita atau informasi semacam itu maka kita bisa menilai, suatu perguruan tinggi memiliki reputasi yang bagus atau sebaliknya. Kalau reputasinya bagus, silahkan mendaftar. Tapi jika sebaliknya, wah…. sebaiknya pikir ulang sebelum mendaftar.
  2. Status Akreditasi. Akreditasi perguruan tinggi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian yang dilakukan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional โ€“ Perguruan Tunggi). Tujuan akreditasi perguruan tinggi adalah sebagai upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni suatu perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi satu dengan linnya tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja. Terdapat 3 (tiga) macam nilai akreditasi perguruan tinggi, yakni:
    • Akreditasi A, nilai antara 361 โ€“ 400
    • Akreditasi B, nilai antara 301 โ€“ 360, dan
    • Akreditasi C, nilai antara 201 โ€“ 300

Di bawah nilai C, maka perguruan tinggi tersebut tidak atau belum terakreditasi. Lalu, apa manfaat akreditasi bagi kita calon mahasiswa?! Semakin tinggi nilai akreditasi suatu perguruan tinggi, semakin menjadi jaminan kita peroleh peluang kerja setelah lulus nanti. Pun sebaliknya, semakin rendah (atau bahkan tidak ada) akreditasi suatu perguruan tinggi, maka semakin tidak ada jaminan bahwa kompetensi lulusannya diakui oleh dunia kerja. Karenanya, pilihlah perguruan tinggi yang sudah terakreditasi dengan baik agar kelak dikemudian hari punya kesempatan kerja yang lebih memadai.

  1. Fasilitas Pendidikan. Keberadaan fasilitas atau sarana dan prasarana pada suatu perguruan tinggi akan menunjang kegiatan akademik dan non-akademik mahasiswanya, serta mendukung terwujudnya proses belajar-mengajar yang kondusif. Semakin lengkap fasilitas dimiliki suatu perguruan tinggi, semakin memudahkan mahasiswanya dalam menyerap, memahami, menguasai dan mengaplikasikan ilmunya. Artinya, mahasiswa lulusan perguruan tinggi yang fasilitasnya semakin lengkap, akan dianggap semakin kompeten dalam penguasaan ilmu pengetahuannya. Dampaknya, dunia kerja akan semakin siap menerima lulusan perguruan tinggi tersebut. Maka jadikanlah kelengkapan fasilitas suatu perguruan tinggi sebagai dasar tempat kalian melanjutkan kuliah.
  2. Prospek Lulusan. Tidak bisa dipungkiri bahwa tujuan kuliah adalah peroleh peluang kerja yang semakin memadai. Carilah informasi sebanyak-banyaknya track record atau kelanjutan dari para alumninya. Apakah banyak alumninya yang langsung diterima di dunia kerja, ataukah yang masih menganggur?! Yang diterima di dunia kerja apakah bekerja di bidang yang sesuai kompetensinya, ataukah jauh dari kompetensi pendidikannya yang dimiliki?! Hal-hal tersebut harus menjadi pertimbangan bagi kita memilih suatu perguruan tinggi tempat kelanjutan kuliah kita.
  3. Biaya Pendidikan. Meski sekarang ini banyak ditawarkan beasiswa dari pemerintah (KIP Kuliah, Bidikmisi, dll), namun tidak bisa dipungkiri bahwa bantuan pembiayaan tersebut belum bisa memenuhi kebutuhan pembiayaan perkuliahan kita, terlebih lagi bagi mahasiswa yang harus kuliah di luar kota dan harus tinggal ditempat kost atau asrama. Terkait pembiayaan ini musti diperhitungkan masak-masak sebelum kita mendaftar pada suatu perguruan tinggi, karena bisa saja menjadi penyebab kegagalan kuliah kita.

Itu barangkali sedikit tips dalam kita memilih perguruan tinggi sebagai tempat kelanjutan studi kita. Yang sedikit ini mudah-mudahan membari manfaat bagi kita semua.

28 tanggapan pada “TIP’S MEMILIH PERGURUAN TINGGI

  1. Futika Azzahra Balas

    Sangat membantu dlm pemilihan kampus, dan sangat bermanfaat karena bnyk dr kita yg tdk mempertimbangkan hal tsb atau asal murah saja, atau asal ada jurusan yg diminati

  2. ERIKA MUTIA ADELIA Balas

    Menurut saya, memilih PTN dan prodi yang tepat merupakan hal yang penting agar kedepannya mudah untuk menentukan langkah selanjutnya. Selain itu, jika kita memilih jurusan yang tepat sesuai kemampuan dan bakat kita, maka kita dapat mengembangkan bakat tersebut.

  3. Devita Putri Balas

    Terimakasih pak untuk artikel yang ditulis, karena sangat bermanfaat bagi saya agar bisa menetapkan ptn yang dituju.
    Devita Putri/08/XII Mipa 4

  4. Futika Azzahra Balas

    Sangat membantu dlm pemilihan kampus, dan sangat bermanfaat karena bnyk dr kita yg tdk mempertimbangkan hal tsb atau asal murah saja, atau asal ada jurusan yg diminati. Dan saya sangat setuju jika kita perlu memperhatikan hal hal tsb

  5. Devita Putri Balas

    Terimakasih pak untuk artikel yang ditulis, karena sangat bermanfaat bagi saya agar bisa menetapkan ptn yang dituju.
    Devita Putri/08/XII Mipa 4

  6. Adam Firman Muhammad Suhada Balas

    Terimakasih pak Yudy atas informasinya sangat membantu untuk mempertimbangkan memilih perguruan tinggi

  7. Tiara Restu Pramudya Balas

    Tips ini sangat berguna bagi kelas 12 apalagi yang ingin berkuliah, maka akan bisa menambah pengetahuan tentang perkuliahan. Banyak hal baru yang dimengerti dan semakin paham.

  8. Fermilia Apriyanti Balas

    Terimakasih pak untuk artikel yang ditulis, penjelasannya sangat bermanfaat supaya saya bisa memilih perguruan tinggi yang baik.

  9. Rosana Dian Wijayanto Balas

    terima kasih atas artikelnya Pak,, dengan begitu dapat memudahkan untuk memilih universitas yang ingin kami inginkan.

    • Ike Fitriani Balas

      Terimakasih untuk artikelnya, pak. Artikel ini sangat membantu kami dalam memilih perguruan tinggi yang baik dan berguna bagi masa depan.

  10. Rosana Dian Wijayanto Balas

    terima kasih atas artikelnya Pak,, dengan begitu memudahkan untuk kami memilih universitas yang diinginkan ๐Ÿ™๐Ÿป

  11. Mohammad Fa'iq Ruliff Mustafa Balas

    Sangat Bermanfaat, membantu sekali untuk kita yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi agar bisa memilih Kampus dengan tepat.

    • Ayunda Mawar Pratiwi Balas

      Terimakasih pak arti kenyamanan sangat bermanfaat , memudahkan dalam memilih Perguruan tinggi

  12. REYHAN ALVIN TSANY KURNIAWAN Balas

    Artikel sangat membantu dan bermafaat untuk saya yang bingung untuk memilih jurusan perguruan tinggi,terima kasih pak

  13. Imtiyas naufal Balas

    Terima kasih pak dengan informasi yang di berikan oleh bapak, saya jadi lebih terbuka dengan memilih perguruan tinggi yang di inginkan

  14. TIA MEISAGITA Balas

    Terimakasih pak, artikelnya sangat membantu dan lebih memudahkan saya memahami hal hal yang belum saya ketahui ๐Ÿ™

  15. SOFI ANNASTY RACHMADIANI Balas

    Terimakasih pak, artikel ini sangat membantu saya untuk memilih perguruan tinggi negeri, karena saya juga masih bingung.

  16. EFRATA LIKSI CHARMESYA Balas

    Terimakasih banyak pak, artikel ini sangat membantu saya supaya memiliki pandangan terhadap pemilihan jurusan dan perguruan tinggi. Serta pandangan tentang prospek kelulusan nantinya, terimakasih pak.

  17. Ayunda Mawar Pratiwi Balas

    Terimakasih pak sangat bermanfaat , memudahkan dalam memilih Perguruan tinggi

  18. Eva Anugraheni Arizky Balas

    terimakasih pak, infonya sangat membantu dalam memilih perguruan tinggi. eva anugraheni/16/xii mipa 3

    • DIAH ARUMSARI Balas

      Terima kasih pak, artikelnya sangat bermanfaat dan membantu saya dalam memilih perguruan tinggi negeri nantinya.

  19. ANGGITA DWI MUTIANA ARUM Balas

    artikel ini menambah pengetahuan saya terhadap perguruan tinggi, dan sangat membantu para siswa kelas 12 untuk memilih perguruan tinggi, terimakasih pak

  20. ANGGITA DWI MUTIANA ARUM Balas

    artikel ini sangat bermanfaat menambah wawasan tentang perguruan tinggi, dan sangat bermanfaat bagi para siswa kelas 12 yang berminat untuk meneruskan ke perguruan tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *