TIP’S BELAJAR MATEMATIKA

 

Apakah angka lebih buruk daripada kata-kata? Siapa pun yang lebih suka bahasa Indonesia atau Inggris daripada matematika, mungkin akan mengkonfirmasi hal itu.

 

Berdasar fakta, bahwa matematika itu penting, baik di digunakan di sekolah maupun pada semua situasi dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak yang kesulitan dalam matematika di sekolah tidak hanya akan kesulitan dengan nilai buruk (dari kelas 1 sampai kelas 12), tetapi mereka juga akan memiliki waktu yang lebih sulit dalam hidup.

Tentu kalian tidak harus bisa membahas kurva dalam kehidupan sehari-hari, tetapi setidaknya pemahaman dasar tentang angka dan matematika sangat membantu – baik saat berbelanja (aritmatika mental) atau saat menimbang pilihan yang berbeda (perhitungan probabilitas atau stokastik) atau di tempat kerja (misalnya geometri, jika Kalian menjadi seorang arsitek).

 

Bagaimana saya bisa belajar matematika secara efektif?

Sebelum kita melihat apa yang dapat dilakukan secara umum untuk meningkatkan pemahaman tentang matematika, pertama-tama mari kita jelaskan beberapa langkah dasar yang harus diperhatikan ketika berhadapan dengan subjek matematika.

Jika Kalian ingin meningkatkan matematika dan mencari tips tentang cara belajar matematika secara efektif, dapat dilakukan menggunakan metode 4 langkah berikut:

 

1. Menginternalisasikan kelas matematika

Untuk dapat menyelesaikan suatu masalah matematika, terlebih dahulu harus memahaminya. Dan ini membutuhkan gambaran menyeluruh tentang materi yang dibahas di kelas. Mencoba memecahkan masalah matematika tanpa latar belakang pengetahuan yang diperlukan, akan seperti mencoba membangun rumah tanpa memiliki fondasi yang kokoh di bawahnya.

Itulah mengapa penting bagi kalian untuk tidak hanya membiarkan diri ‘ditaburi’ pelajaran matematika di sekolah, tetapi benar-benar berpikir bersama dengan diri sendiri dan mencoba memahami apa yang dikatakan guru matematika. Jika Kalian tidak memahami sesuatu, ajukan pertanyaan! Jangan malu, dan jangan sampai kalian tidak tahu.

 

2. Membaca dan memahami masalah kata secara aktif

Dalam matematika, masalah kata sering disajikan dengan cara yang amat jelas, dan bahkan menunjukkan cara untuk memecahkan masalahnya. Dan seringnya, kita tidak mencerna dengan baik kata-kata yang digunakan dalam matematika, sehingga kita tidak tahu makna dan maksud tujuannya. Padahal masalah kata menggambarkan mengapa operasi aritmatika tertentu, penting dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kalian membaca tugas matematika dengan cermat dan terkonsentrasi sejak awal, maka kalian akan menghemat banyak waktu saat mengerjakannya. Dan ini juga akan mencegah kesalahan yang tidak perlu. Sayang sekali jika kalian tidak dapat menyelesaikan tugas dengan benar hanya karena tidak membaca tugas dengan cermat dan benar, dan bukan karena tidak tahu cara menghitungnya.

Jenis  membaca aktif ini memungkinkan Kalian untuk secara efisien menerapkan pengetahuan dan keterampilan Kalian pada masalah matematika yang dihadapi.

Tip: Soal kata tertentu dalam matematika selalu ditanyakan dengan cara yang sama. Jadi perhatikan apa yang dibahas di kelas, maka Kalian dapat mengetahui dari kata-kata pekerjaan kelas apa yang ditanyakan dan metode perhitungan mana yang harus Kalian gunakan.

Contoh soal terkait lintasan kereta api :

  • Dua kereta api berjalan pada rute AB=30 km. Kereta 1 melaju dengan kecepatan 20 km/jam dan kereta 2 melaju dengan kecepatan 15 km/jam. Kereta 1 berangkat dari titik A, kereta 2 berangkat dari titik B secara bersamaan. Di mana kedua kereta bertemu?

3. Kerjakan kembali tugas-tugas yang dikoreksi di kelas

Untuk menjadi siswa matematika yang baik, sangat berguna untuk melakukan perhitungan di rumah yang telah dibahas di kelas. Jika Kalian merasa di kelas telah mengerti cara menghitungnya, itu akan menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda untuk melakukan perhitungan sendiri dan kemudian dapat menggunakannya langsung dalam tes kelas.

Semakin sering kalian menyelesaikan tugas, semakin baik kalian memahami masalahnya. Dan di atas segalanya, dapat menyesuaikan solusi kalian dengan solusi guru.

 

4. Selesaikan tugas ekstra

Buatlah tugas sebanyak mungkin! Dengan memecahkan masalah sebanyak mungkin, kalian dengan cepat dapat meningkatkan nilai matematika kalian. Karenanya jangan lupa, bahwa kalian tidak perlu menemukan kembali roda dalam pekerjaan matematika. Guru hanya ingin melihat bahwa kalian benar-benar dapat menggunakan strategi untuk memecahkan masalah matematika yang kalian diskusikan di kelas.

Semakin banyak tugas dari jenis tugas tertentu, semakin mudah bagi Kalian untuk mengenali tugas tersebut dan selalu menyelesaikannya sesuai dengan skema yang sama.

Berkat Internet, kalian juga dapat dengan mudah berbagi pengetahuan kalian dengan siswa lain dan belajar dari mereka sebagai balasannya. Gunakan untuk menjadi lebih baik!

Banyak blogger dan YouTuber sekarang menawarkan video dan pelajaran matematika gratis. Dan kalian dapat menemukan hal-hal lain secara online jika ingin menjadi lebih baik dalam matematika: Browsinglah situs-situs web matematika atau unduh aplikasi aritmatika. Dengan cara itu kalian dapat memecahkan masalah-masalah kecil dalam matematika kecil.

 

7 tips untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dalam matematika

Bagi banyak siswa, matematika seperti bahasa Cina: mereka tidak mengerti apa-apa. Siapa pun bisa menjadi lebih baik dalam matematika dan mendapatkan nilai bagus dalam matematika jika mereka cukup berusaha dan mengingat beberapa tip & trik penting berikut ini.

 

Tip 1: Buat ikhtisar teori matematika

Tentu saja sangat penting untuk mengetahui aturan matematika dasar secara luar dalam. Ini termasuk diantaranya berupa dasar-dasar pecahan dan teorema dasar, utamanya tentang teorema Pythagoras. Kalian harus dapat menggunakan istilah matematika seperti penjumlahan, pengurangan, hasil bagi, dan penjumlahan dengan tanpa masalah. Dan jika kalian belum dapat memahami dasar-dasarnya, yaitu teori, maka kalian tidak akan dapat menerapkannya pada tugas-tugas praktis.

Jadi tip yang pertama adalah: Pahami teori matematika dan tulis kartu indeks atau buat entri yang jelas di buku catatan kalian (mungkin dengan catatan tempel di dinding) sehingga kalian dapat mencarinya kapan saja dibutuhkan. Atau, bisa juga kalian mengunduh aplikasi-aplikasi tertentu yang kalian butuhkan dalam belajar matematika. Dengan cara membuka aplikasi online semisal flashcard, anda bisa memilih peringkat terbaik dan bintang terbanyak yang berarti aplikasi tersebut amat mudah dan familier digunakan banyak orang. Cobalah sekarang! Dan jika Kalian suka, Kalian dapat menulis ulasan sendiri dan memberikan bintang sebanyak yang Kalian suka …

 

Tip 2: Cari tahu jam berapa Kalian paling produktif

Dalam 48 jam seharinya, kalian tentu bisa merasakan waktu-waktu kapan yang tepat dan nyaman untuk belajar matematika, dan waktu-waktu kapan yang sebaliknya. Mungkin malam hari saat situasi sudah sepi, pagi sekali saat sesudah bangun tidur, atau kapan yang menurutmu paling tepat untuk belajar. Pergunakanlah waktu paling tepat dan nyaman untuk belajar, maka hasilnya pasti akan jauh lebih optimal.

 

Tip 3: Lingkungan kerja yang tepat itu penting!

Setelah kalian menentukan waktu yang tepat untuk pembelajaran yang efektif, pertimbangkan juga lingkungan di mana kalian dapat berkonsentrasi dengan baik. Tentu saja ini termasuk dimana meletakkan ponsel kalian (atau membungkamnya) sehingga kalian tidak terganggu.

Beberapa anak atau siswa juga dapat terganggu oleh musik, sementara yang lain dapat berkonsentrasi lebih baik dengan musik latar. Ini juga sebagian bergantung pada genre musik: Musik klasik atau instrumental lebih baik daripada lagu dengan banyak lirik.

Dan bagaimana dengan tempatnya? Di meja, di meja dapur atau di karpet? Tentu saja, opsi terakhir mungkin tidak optimal untuk punggung kalian, tetapi jika itu memungkinkan untuk berkonsentrasi lebih baik, mengapa tidak?

Atau mungkin kalian memiliki balkon atau taman kecil? Udara segar benar-benar dapat mengudara kepala kalian!

 

Tip 4: Terapkan masalah matematika ke dunia nyata

Banyak anak-anak atau siswa yang tidak menyukai matematika karena terlihat sangat abstrak. “Mengapa saya harus bisa mengalikan dengan angka desimal? Apa perlunya?!”  Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering muncul dalam benak para siswa.

Tetapi jika kalian dapat memvisualisasikan manfaat dari tugas-tugas matematika dalam kehidupan sehari-hari, maka kalian akan lebih memahami mengapa harus tetap melakukannya.

Misalnya, mengalikan dengan angka desimal tidak lebih dari menghitung persentase! Kalian ingin tahu berapa harga celana jika ada diskon 20%? Kemudian kalikan harganya dengan 0,8 dan Kalian tahu itu! Atau Kalian mengalikan harga dengan 0,2, maka kalian memiliki diskon yang harus kalian potong dari harga, sehingga kalian tahu berapa banyak yang kalian hemat!

 

Tip 5: Hitung sesuai resep

Apakah kalian suka memasak atau suka membuat benda-benda Lego Technik di waktu luang kalian? Ini juga dapat membantu dalam matematika! Mengapa? Karena aritmatika dan matematika di sekolah sebenarnya tidak lebih dari mengenali jenis resep/puzzle/kerajinan itu dan kemudian melalui langkah-langkah dalam urutan yang benar.

Secara konkret, ini berarti melatih perhatian secara cermat tentang jenis tugas yang kalian kerjakan di sekolah (misalnya menggunakan rumus binomial, membahas kurva, soal kata) dan membuat instruksi di rumah tentang apa yang harus kalian lakukan untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti itu.

Dengan cara itu kalian dapat memiliki instruksi untuk menyelesaikan tugas yang kalian hadapi, tetapi kemudian harus menghafalnya sebelum ujian kelas,.Dan tentu saja kalian tidak diperbolehkan membawa lembar contekan untuk ujian.

 

Tip 6: Berlatih, berlatih, berlatih!

Mungkin kalian telah mendengarnya berkali-kali dan merasa muak serta bosan karenanya, tetapi kenyataannya adalah latihan menjadikan kalian lebih sempurna.

Kami mengatakannya sebelumnya: Di sekolah Kalian tidak harus terus-menerus menghitung hal-hal yang benar-benar baru, Kalian harus mempelajari bagaimana jenis tugas tertentu dapat diselesaikan. Kalian kemudian harus dapat menerapkan metode penghitungan ini pada contoh angka atau situasi yang selalu baru.

Jadi, jika Kalian mengerjakan jenis masalah matematika tertentu berulang-ulang dan melanjutkan langkah demi langkah, itu akan segera tidak lagi menjadi masalah bagi Kalian dan Kalian tidak perlu lagi takut dengan pekerjaan matematika.

 

Tip 7: Menemukan penyebabnya – dengan bantuan profesional jika perlu

Jika Kalian sudah mengikuti tips lainnya, tapi entah bagaimana wormnya masih ada dan Kalian tidak mengerti matematika, maka tutor/guru les privat bisa membantu. Dan dengan cara ini sangat penting untuk mengetahui mengapa kalian tidak berhasil dalam matematika atau mendapatkan nilai yang buruk.

Apakah itu mungkin hanya kecemasan ujian? Apakah Kalian tidak mengenali jenis tugas? Tidak bisakah Kalian melalui berbagai cara menghitung sampai akhir? Atau mungkin Kalian memiliki masalah dengan pemikiran spasial dan menggambar bentuk geometris? Seorang tutor matematika dapat membantu Kalian mengetahui apa penyebab kesulitan Kalian dan dengan demikian menawarkan dukungan yang ditargetkan.

Secara umum: Dalam setiap fase hari-hari sekolah Kalian, matematika lebih merupakan pertanyaan tentang motivasi dan ketekunan daripada bakat. Cukup mengikuti beberapa aturan dan selalu menguasai bola. Mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tapi percayalah, dengan bantuan dan latihan yang tepat, siapa pun bisa mendapatkan nilai rata-rata-sedang sampai baik dalam matematika.

 

Hindari kesalahan matematika umum

Jadi, jika Kalian ingin mengatasi masalah matematika Kalian dan mengikuti tip kami, penting bagi Kalian untuk menunjukkan disiplin dan mencoba untuk menganggapnya serius.

Kalian harus menghindari kesalahan umum berikut jika memungkinkan:

  • Menghafal masalah tanpa benar-benar memahami matematika: Meskipun benar bahwa Kalian harus menghafal instruksi untuk jenis masalah tertentu, Kalian juga harus memahami mengapa Kalian melakukan sesuatu dengan cara Kalian melakukannya. Jika tidak, Kalian akan dikeluarkan dari jalur dengan variasi terkecil dalam pekerjaan kelas.
  • Kerjakan tugas tanpa solusi sampel: Jangan lakukan tugas tambahan apa pun yang Kalian tidak punya solusinya, untuk memeriksa hasil Kalian dan di atas semua cara perhitungan!
  • Mulailah dengan tugas yang terlalu sulit: Jika Kalian memilih tugas yang terlalu sulit, Kalian akan cepat putus asa dan tidak akan maju karena Kalian mungkin memiliki masalah pada awalnya.
  • Menyerah pada masalah pertama: Jadilah kuat, tarik melalui! Ini tentu tidak semua berhasil pertama kali, tetapi jika Kalian telah bekerja dan berjuang untuk tugas atau solusi dengan benar, Kalian dapat mengingatnya lebih baik dan menggunakannya lebih mudah dan cepat di masa depan.

 

Bagaimana cara membantu anak saya dengan matematika? – Anjuran dan larangan untuk orang tua

Ingin membantu anak Kalian menjadi lebih baik dalam matematika?

Kalian harus memperhatikan poin-poin ini:

  • menyampaikan sikap positif terhadap mata pelajaran matematika
  • Menyamakan stereotip gender (ya, anak perempuan dapat mengerjakan matematika sebaik anak laki-laki!)
  • Menciptakan rasa pencapaian yang memotivasi melalui bantuan nyata
  • Memasukkan permainan matematika kecil ke dalam kehidupan sehari-hari (menyanyikan tabel perkalian, berhitung saat berbelanja, mengatur meja atau menaiki tangga) – ini juga membuat matematika dan aplikasi sehari-harinya lebih nyata
  • Berdialog secara teratur di keluarga dan dengan sekolah sehingga kesulitan dan penyebabnya dapat diidentifikasi sejak dini dan diselesaikan dengan mudah

Kesalahan-kesalah pengasuhan klasik yang harus dihindari:

  • Mengatakan hal-hal seperti “Aku juga tidak pernah bisa mengerjakan matematika” untuk menkaliankan bahwa tidak apa-apa untuk tidak berusaha keras
  • Dimarahi saat gagal alih-alih mengidentifikasi kelemahan dan memperkuat keterampilan
  • Memaksakan perhitungan Kalian sendiri pada anak dan dengan demikian menyebabkan kebingungan
  • Membantu terlalu banyak di rumah dan dengan demikian merampas kesempatan anak untuk secara mandiri memahami dan menginternalisasi solusi yang mungkin
  • Jangan menganggap serius kekhawatiran dan mengambil risiko meninggalkan anak sendirian dengan masalahnya (lebih baik bertanya terlalu banyak jika semuanya baik-baik saja daripada terlalu sedikit)

 

Bagaimana cara mendapatkan nilai bagus di sekolah menengah matematika?

Di sekolah, matematika juga merupakan mata pelajaran yang paling mungkin mendapatkan nilai sempurna (1,0) karena hasil yang benar tidak memungkinkan adanya kebijaksanaan dari pihak guru. Jika Kalian melakukan matematika dengan benar, Kalian melakukan matematika dengan benar – tidak ada yang subjektif tentang hal itu seperti gaya dan bahasa dalam esai Jerman atau esai bahasa Inggris.

Menurut Laurent, seorang akhli Matematika dari Prancis, dalam beberapa minggu terakhir sebelum lulus SMA di bidang matematika, sebaiknya juga berdiskusi intensif dengan teman sekelas, guru, dan mantan lulusan untuk mengetahui topik mana yang mereka anggap penting atau bermasalah. Bahkan untuk siswa Indonesia, biasanya perpustakaan sekolah selalu meng kliping soal-soal tahun-tahun sebelumnya yang bisa dipelajari.

Untuk hasil yang optimal, guru privat matematika adalah keputusan yang baik, karena ia dapat menyesuaikan pelajaran secara individual dengan kebutuhan Kalian. Dan jika perlu, juga dapat menjadi dukungan yang berharga untuk tugas-tugas yang sangat sulit dalam sprint akhir pembelajaran.

Ini juga berfungsi idealnya dalam bentuk les matematika online, misalnya melalui webcam, di mana tutor dapat tersedia untuk Kalian kapan saja selama persiapan matematika untuk Abitur.

Tidak masalah fokus mana yang Kalian tetapkan di sekolah menengah, Abitur adalah rintangan penting pertama dalam perjalanan menuju masa depan profesional bagi setiap siswa.

Di antara ujian yang sering ditakuti siswa, matematika adalah salah satu yang paling menantang.

Tidak peduli di sekolah atau negara bagian mana Kalian berada, ada beberapa tip penting yang harus diikuti untuk mendapatkan nilai bagus di sekolah menengah matematika.

 

1. Saat mempersiapkan matematika Abitur, Kalian tidak boleh berspekulasi atau belajar di celah

Ujian seringkali relatif menuntut dan mencakup semua materi, tidak hanya dari kelas atas, tetapi dari seluruh periode sekolah menengah.

Jadi, tetaplah menguasai bola terlebih dahulu jika memungkinkan, dan jangan mencoba memaksakan segalanya pada menit terakhir. Dalam 99% kasus, ini terlalu banyak materi dalam waktu yang terlalu sedikit dan hanya menyebabkan stres yang tidak perlu.

 

2. Buat folder dengan semua pengulangan dan tugas dan atur berdasarkan bab

Dengan cara ini Kalian selalu memiliki gambaran dan dapat mengulang materi pembelajaran secara terstruktur.

 

3. Berlatih dengan ujian Abitur yang diperbaiki dari tahun-tahun sebelumnya

Dengan cara ini Kalian tahu tugas seperti apa yang diulang setiap tahun dan dapat fokus pada tugas tersebut secara khusus.

 

4. Jika perlu, ambil les privat matematika di waktu yang tepat

Alternatif atau suplemen yang sangat baik untuk pengulangan materi pribadi Kalian untuk mempersiapkan Kalian secara optimal untuk matematika Abitur!

Guru (misalnya siswa, mantan guru matematika, dll.) ada di sana untuk mendukung Kalian dengan kelemahan individu Kalian.

 

5. Optimalkan organisasi Kalian sambil belajar

Selama sekolah Kalian harus berlatih matematika selama sekitar 2-4 jam seminggu. Tetap berpegang pada ritme ini selama liburan dan bahkan mencoba memasukkan matematika ke dalam kehidupan sehari-hari Kalian (misalnya dengan latihan aritmatika mental, lihat di bawah).

Untuk mengatur diri sendiri, pertama-tama Kalian harus belajar untuk melanjutkan secara metodis dan menangani satu bab pada satu waktu.

Mulailah mereview pelajaran matematika, mencoba memahami tujuan pembelajaran mata kuliah tersebut dan memahami proses berpikir yang mengarah pada tujuan tersebut. Di sinilah metode stapler yang dijelaskan dalam artikel dapat berguna.

Dan tentu saja sering jelas dari silabus dan buku sekolah apa yang diharapkan.

 

Aritmatika mental: tips & trik untuk aritmatika lebih cepat

Baik itu membayar tagihan di restoran, mencampur bahan-bahan dari buku masakan koki bintang, atau mengisi pengembalian pajak: matematika ada di mana-mana dalam kehidupan sehari-hari. Tapi hanya mereka yang bisa melakukan aritmatika mental yang benar-benar bisa menguasai matematika!

Jika Kalian terus-menerus meningkatkan di bidang ini, itu dapat membuahkan hasil dalam banyak cara:

  • Kalian meningkatkan kecepatan Kalian dalam melakukan tugas dan berpikir.
  • Kalian menghemat waktu
  • Kalian meningkatkan kemampuan Kalian untuk berkonsentrasi dan motivasi.
  • Kalian mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang angka.
  • Kalian mengenali situasi baru lebih cepat.
  • Last but not least, Kalian juga akan mendapatkan kepercayaan diri.

 

Ada beberapa tips dan trik untuk menjadi lebih baik dalam aritmatika dan berlatih aritmatika mental. Misalnya, sering kali membantu untuk memecah angka menjadi unit yang lebih kecil agar lebih mudah dipahami.

 

Misalnya, jika Kalian ingin mengetahui apa yang sama dengan 74+27, Kalian dapat menyederhanakannya sebagai berikut: (70+20) + (4+7) = 90 + 11 = 101.

 

Teknik penyederhanaan ini bagus untuk penjumlahan karena membuat setiap perhitungan dapat diakses: 73+98 = 73 + (100-2) = 173 – 2 = 171.

 

Kalkulator dan smartphone telah menyebabkan kita secara bertahap kehilangan kebiasaan menyelesaikan tugas di kepala kita.

 

Mirip dengan jogging, aritmatika mental hanya meningkat dengan latihan dan kebiasaan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.