TERAPI KELUARGA

Terapi keluarga tidak hanya berurusan dengan individu, tetapi dengan seluruh “sistem keluarga”. Terapis sistemik memahami munculnya “masalah” dan “dampak” sebagai akibat, antara lain, bagaimana anggota keluarga berhubungan satu sama lain (interaksi). 

Misalnya, anoreksia dipahami sebagai ekspresi interaksi keluarga mengenai isu-isu seperti pengaruh, kekuasaan, dan prestasi. Oleh karena itu, merupakan kebiasaan untuk mengundang beberapa anggota keluarga ke terapi keluarga sehingga mereka dapat memberikan perspektif mereka tentang masalah keluarga (misalnya masalah komunikasi, perceraian, kematian anggota keluarga). Berbagai macam metode digunakan, seperti teknik bertanya, menafsirkan situasi atau menggambarkan sistem keluarga menggunakan alat seperti “papan keluarga” atau “patung keluarga”. Terapi keluarga dapat digunakan sebagai terapi jangka pendek. 

 

Gambaran

  • Siapa yang diuntungkan dari terapi keluarga?
  • Apa itu terapi keluarga? 
  • Apa yang terjadi dalam terapi keluarga?
  • Berapa lama terapi keluarga digunakan?
  • Apa yang dapat Anda sumbangkan untuk keberhasilan terapi keluarga?
  • Siapa yang Melakukan Terapi Keluarga?
  • Apa yang harus Anda pertimbangkan setelah terapi keluarga? 
  • Apa batasan terapi keluarga? 
  • biaya dan asuransi kesehatan

 

Siapa yang diuntungkan dari terapi keluarga?

Keluarga yang menghadapi masalah berikut, terapi keluarga terutama dapat membantu dengan: 

  • konflik dan masalah komunikasi 
  • Gangguan mental pada anggota keluarga: misalnya gangguan makan (anoreksia, bulimia), depresi, kecanduan (kecanduan narkoba, kecanduan alkohol, kecanduan belanja, kecanduan narkoba), masalah perilaku, kompulsi, gangguan kecemasan, penyakit psikosomatik.
  • masalah pengasuhan

  • perceraian
  • 
kematian anggota keluarga
  • 
penyakit fisik anggota keluarga
  • Kehilangan pekerjaan anggota keluarga

  • kekerasan keluarga 

 

Apa itu terapi keluarga?

Terapis keluarga berasumsi bahwa masalah anggota keluarga disebabkan atau dilanggengkan oleh perilaku dan komunikasi dalam keluarga. Itulah sebabnya terapi keluarga tidak hanya merawat anggota keluarga yang saat ini sedang berkutat dengan tantangan seperti takut sekolah, tetapi juga anggota keluarga lainnya. 

 

Apa yang terjadi dalam terapi keluarga?

Dalam terapi keluarga, pertama-tama Anda menentukan tujuan bersama dengan terapis dan keluarga Anda yang ingin Anda capai (misalnya untuk berkomunikasi lebih baik satu sama lain, mengurangi pertengkaran…). Berbagai cara dapat digunakan untuk mencapai hal tersebut. Ini termasuk, antara lain: 

  • Teknik Menanya : Terapis menggunakan berbagai teknik bertanya untuk memberikan perspektif baru dan menciptakan lebih banyak kasih sayang di antara anggota keluarga. Ini termasuk pertanyaan seperti: “Siapa yang menemukan masalah pertama kali?” atau “Apa yang dipikirkan tetangga ketika Anda berdebat seperti itu?” 
  • Genogram : Genogram digunakan untuk membantu terapis, tetapi juga Anda, lebih memahami riwayat keluarga. Nama, tanggal lahir dan hubungan keluarga dicatat dan peristiwa penting bagi keluarga (misalnya pernikahan, perceraian, kematian) dimasukkan. 
  • Patung Keluarga : Dalam patung keluarga, satu orang adalah “pemahat” yang memposisikan anggota keluarga di luar angkasa dalam pose fisik. Terapis mungkin juga meminta Anda untuk mewakili posisi dalam tiga jendela waktu yang berbeda – seperti di masa lalu, seperti saat ini, dan sebagaimana mestinya di masa depan. Anggota keluarga bisa menjadi “pemahat” satu demi satu. Seringkali lebih mudah bagi mereka yang terkena dampak untuk mengungkapkan perasaan mereka dengan cara ini daripada mengomunikasikannya melalui kata-kata. 
  • Papan Keluarga : Papan Keluarga bekerja mirip dengan Patung Keluarga, kecuali bahwa alih-alih anggota keluarga, figur kayu disusun di papan. 
  • Reinterpretasi : Dengan teknik ini (juga disebut “reframing”), situasi atau tindakan ditafsirkan ulang oleh terapis. Sama seperti gelas dapat dilihat sebagai setengah penuh daripada setengah kosong, penyakit mental seorang anak dapat dilihat sebagai peluang dan bukan masalah. 
  • Intervensi terakhir  dan  pekerjaan rumah : Di akhir sesi, terapis merangkum apa yang telah dibahas dalam sesi tersebut. Dalam intervensi terakhir, anggota keluarga juga dapat didorong untuk mempertimbangkan kembali pola perilaku mereka, misalnya dengan tugas pekerjaan rumah di mana perilaku yang tidak menyenangkan (misalnya berdebat) dilakukan lebih dari biasanya sampai sesi berikutnya. 

 

Berapa lama terapi keluarga digunakan?

Berapa banyak dukungan yang dibutuhkan keluarga untuk memecahkan masalah mereka sangat bervariasi dari orang ke orang. Terapi sistemik sering digunakan sebagai terapi jangka pendek, dimana tujuan yang telah ditetapkan oleh keluarga tercapai hanya dalam beberapa sesi. Namun, untuk masalah yang sulit diselesaikan, terapi keluarga dapat berlangsung selama beberapa tahun. 

 

Apa yang dapat Anda sumbangkan untuk keberhasilan terapi keluarga?

Anda dan keluarga perlu dimotivasi untuk membuat perbedaan dalam kebutuhan Anda saat ini dan menjadi produktif dalam rapat dan pekerjaan rumah. Akan sangat membantu jika Anda mencoba untuk membiarkan perasaan Anda dan mengekspresikannya, jika Anda dapat membiarkan rasa sakit, kemarahan dan kesedihan, Anda akan memiliki keberhasilan yang lebih tinggi dalam terapi. 

 

Siapa yang Melakukan Terapi Keluarga?

Di Austria, ini dilakukan oleh psikoterapis terdaftar dengan pelatihan dalam terapi keluarga sistemik. Psikoterapis dengan fokus psikoanalisis atau terapi perilaku juga dapat melakukan terapi keluarga. 

 

Apa yang harus Anda pertimbangkan setelah terapi keluarga?

Dalam diskusi terakhir, Anda bekerja bersama dengan terapis dan keluarga Anda bagaimana cara terbaik untuk mengatasi masalah atau apa yang harus Anda lakukan untuk mencegah masalah terulang kembali. Untuk melakukan ini, masuk akal untuk menentukan sinyal peringatan yang dapat Anda waspadai. Dengan pertanyaan asing seperti, “Apa yang perlu Anda lakukan untuk memunculkan kembali masalah?” Terapis Anda akan membantu Anda mengenali kekambuhan yang akan datang ke dalam pola perilaku lama pada waktu yang tepat. 

 

Apa batasan terapi keluarga?

Terapi keluarga tidak boleh digunakan jika memperburuk kondisi atau jika itu tentang masalah yang sangat intim atau memalukan. Ini bisa terjadi, misalnya, ketika orang yang menyebabkan trauma (misalnya setelah diperkosa oleh anggota keluarga) diundang ke sesi terapi. Bahkan jika satu anggota keluarga sangat dominan dan tidak membiarkan orang lain memiliki pendapat mereka, harus dipertimbangkan apakah masuk akal sama sekali untuk membiarkan mereka berpartisipasi dalam suatu sesi. 

 

Biaya dan asuransi kesehatan

Untuk psikoterapis yang masih dalam pelatihan, biaya untuk unit terapi (50 menit) mulai dari 20 euro ke atas. Dengan terapis terlatih, satu unit berlangsung selama 90 menit dengan biaya antara 120 dan 300 euro. Dalam beberapa situasi perawatan, dua terapis digunakan.

Sebagian kecil hanya diganti oleh perusahaan asuransi kesehatan jika anggota keluarga dapat menunjukkan penyakit yang memerlukan perawatan psikoterapi (individu) dan anggota keluarga diundang ke “pertemuan kerabat”.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.