SELF-TALK

Self-talk adalah dialog atau pembicaraan internal yang terjadi dalam diri seseorang. Ini dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar, dan ini mengungkapkan pikiran, keyakinan, pertanyaan, dan ide-ide seseorang.

Self-talk bisa negatif dan bisa pula positif. Bisa membesarkan hati, tapi juga bisa  membuat stres. Kebanyakan self-talk seseorang dipengaruhi oleh kepribadiannya. Jika dia seorang yang optimis, self-talk nya mungkin lebih penuh harapan dan positif. Kebalikannya, jika dia seorang yang cenderung pesimistis, maka self-talk nya pun akan penuh pemikiran negative.

Berpikir positif dan optimisme dapat menjadi alat manajemen stres yang efektif. Memiliki pandangan hidup yang lebih positif dapat memberi beberapa manfaat kesehatan. Berdasar penelitian, seseorang yang optimis akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Jika seseorang yakin self-talk nya terlalu negative dan ingin merubah menjadi positif, maka dapat dilakukan dengan belajar mengubah dialog batinnya. Dan ini dapat membantu seseorang menjadi lebih positif, dan dapat meningkatkan kesehatannya.

 

MANFAAT SELF-TALK

Secara umum self-talk dapat meningkatkan kinerja dan kesejahteraan seseorang. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa, self-talk dapat membantu atlet dalam kinerjanya. Dapat meningkatkan semangat mereka dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh atau kekuatan melalui serangkaian beban yang berat.

Lebih jauh, self-talk yang positif dan pandangan yang lebih optimis dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya, termasuk:

  • meningkatkan vitalitas
  • kepuasan hidup yang lebih besar
  • meningkatkan fungsi kekebalan
  • mengurangi rasa sakit
  • kesehatan kardiovaskular yang lebih baik
  • kesejahteraan fisik yang lebih baik
  • mengurangi risiko kematian
  • mengurangi stres dan kesusahan

Tidak diketahui mengapa seseorang yang optimis dan individu dengan self-talk yang lebih positif merasakan manfaat ini. Namun penelitian menunjukkan bahwa orang dengan self-talk positif mungkin memiliki keterampilan mental yang memungkinkan mereka memecahkan masalah, berpikir secara berbeda, dan lebih efisien dalam menghadapi kesulitan atau tantangan. Ini dapat mengurangi efek berbahaya dari stres dan kecemasan.

 

CARA KERJA SELF-TALK

Sebelum seseorang belajar mempraktikkan lebih banyak tentang self-talk, terlebih dahulu dia harus mengidentifikasi pemikiran-pemikiran negatif yang sering muncul dalam dirinya. Jenis pemikiran dan self-talk negatif ini umumnya terbagi dalam empat kategori, yakni:

  • Personalisasi (personalizing), yakni senantiasa menyalahkan diri sendiri dalam segala hal.
  • Pembesar (magnifying), atau fokus pada aspek negatif dari suatu situasi, dan mengabaikan hal-hal positif.
  • Menyesatkan (catastrophizing), yakni selalu mengharapkan yang terburuk, dan jarang membiarkan logika atau alasan membujuk sebaliknya.
  • Polarisasi (polarizing), yakni melihat dunia dalam hitam dan putih, atau baik dan buruk. Tidak ada di antara dan tidak ada jalan tengah untuk memproses dan mengkategorikan peristiwa kehidupan.

Saat seseorang mulai mengenali jenis pemikiran negatif, dia dapat berusaha mengubahnya menjadi pemikiran positif. Cara ini membutuhkan latihan dan waktu yang cukup lama, serta tidak akan terjadi hanya dalam satu malam. Perlu latihan dan latihan. Dan itu bisa dilakukan. Bahkan oleh anak kecil sekali pun. Berdasar penelitian di Australia, anak-anak dapat belajar mengoreksi self-talk negatifnya. Kenapa kita tidak?!

 

CONTOH SELF-TALK

Berikut ini adalah contoh kapan dan bagaimana seseorang dapat merubah self-talk negatif menjadi positif. Sekali lagi, ini membutuhkan latihan. Mengenali beberapa self-talk negatif dalam contoh berikut ini, dapat membantu mengembangkan keterampilan dan membalikkan pikiran yang saat itu terjadi. 

Negatif: “Saya akan mengecewakan banyak orang jika saya berubah”.

Positif: “Saya memiliki kekuatan untuk mengubah pikiran saya. Orang lain pasti akan mengerti tentang saya.

Negatif: “Saya telah gagal dan mempermalukan diri sendiri”

Positif:“Saya bangga pada diri sendiri karena telah berani mencoba. Itu membutuhkan keberanian”

Negatif: “Saya mengecewakan banyak orang karena tidak mampu mencetak gol”

Positif: “Sepakbola adalah kegiatan team. Menang dan kalah adalah hasil kerja team”.

Negatif: “Saya belum pernah melakukan ini sebelumnya. Pasti saya akan gagal”

Positif: “Ini kesempatan luar biasa bagi saya untuk belajar”

Negatif: “Ini tidak mungkin berhasil”

Positif: “Saya pasti bisa dan akan melakukan yang terbaik agar berhasil”

 

CARA MELAKUKAN SELF-TALK POSITIF SETIAP HARI

Self-talk yang positif membutuhkan latihan jika itu bukan naluri alami Anda. Jika Anda umumnya lebih pesimis, Anda bisa belajar mengubah dialog batin Anda menjadi lebih memberi semangat dan membangkitkan semangat.

Namun, membentuk kebiasaan baru membutuhkan waktu dan tenaga. Seiring waktu, pikiran Anda bisa berubah. Pembicaraan diri yang positif bisa menjadi norma Anda. Kiat-kiat ini dapat membantu:

  • Identifikasi perangkap self-talk negatif. Skenario tertentu dapat meningkatkan keraguan diri Anda dan menyebabkan pembicaraan diri yang lebih negatif. Acara kerja, misalnya, mungkin sangat sulit. Menentukan dengan tepat kapan Anda mengalami self-talk paling negatif dapat membantu Anda mengantisipasi dan mempersiapkan diri.
  • Periksa perasaan Anda. Berhenti selama acara atau hari-hari buruk dan evaluasi self-talk Anda. Apakah itu menjadi negatif? Bagaimana Anda bisa memutarnya?
  • Temukan humornya. Tertawa dapat membantu meredakan stres dan ketegangan. Saat Anda membutuhkan dorongan untuk berbicara dengan diri sendiri secara positif, temukan cara untuk tertawa, seperti menonton video binatang lucu atau komedian.
  • Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif. Entah Anda menyadarinya atau tidak, Anda bisa menyerap pandangan dan emosi orang-orang di sekitar Anda. Ini termasuk yang negatif dan positif, jadi pilihlah orang yang positif bila Anda bisa.
  • Beri diri Anda afirmasi positif. Terkadang, melihat kata-kata positif atau gambar yang menginspirasi sudah cukup untuk mengarahkan pikiran Anda. Pasang pengingat kecil di kantor Anda, di rumah Anda, dan di mana pun Anda menghabiskan banyak waktu.

BILAMANA SESEORANG HARUS MENCARI BANTUAN?

Self-talk positif dapat membantu seseorang dalam meningkatkan pandangan hidupnya. Itu juga dapat memiliki manfaat kesehatan positif yang bertahan lama, termasuk peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup yang lebih baik. Namun, bicara sendiri adalah kebiasaan yang dilakukan seumur hidup.

Jika sesorang cenderung berbicara dengan diri sendiri secara negatif dan bersikap salah atau berada di sisi pesimisme, dia dapat belajar mengubahnya. Dan ini membutuhkan waktu dan latihan.

Jika latihan yang dilakukan sendiri tidak berhasil, bicarakan dengan profesional, yakni psikolog atau pakar kesehatan mental. Pakar kesehatan mental dapat membantu menentukan sumber dari self-talk negatif dan belajar membalik tombol. Mintalah penyedia layanan kesehatan Anda untuk merujuk ke terapis, atau mintalah saran dari teman atau anggota keluarga.

8 tanggapan pada “SELF-TALK

  1. Karisma Nur Wahida Balas

    Self-talk –> antara pikiran dan hati
    Self-talk negative dapat mempercepat penuaan dini dan stress yang berlebihan.
    Self-talk positive membuat orang nampak lebih muda dan juga tubuh yang sehat.

  2. SATRIO SASONGKO DWI KUNCORO Balas

    Dengan penjelasan ini saya lebih mengerti mengenai self-talk , pengertiannya,contoh contohnya dll

    Kesimpulan saya membaca ini adalah bahwa self talk ada yang positif dan ada yang negatif / bisa membereskan hati dan juga bisa membuat stres dan itu di pengaruhi oleh kepribadiaanya

  3. Angelica Erviana Putri Balas

    Self-talk adalah pembicaraan Internal dalam diri seseorang

  4. Farahdina Nur Arifah Balas

    Self-talk adalah dialog atau pembicaraan internal yang terjadi dalam diri seseorang.

  5. Alifa Almasanti Balas

    Dari kegiatan self-talk ini sangat bermanfaat dan berguna bagi semua orang, karena kegiatan ini dapat membantu kita untuk selalu berfikir positif akan hal-hal yang ada dan dapat meningkatkan pandangan hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *