RENCANA STUDI

Rencana studi adalah suatu program yang dibuat seorang siswa dalam menciptakan dan menentukan garis besar dan tujuan pembelajaran. Sama seperti jam kerja atau sekolah, siswa harus mengembangkan program studi agar mereka dapat menandai hari dan waktu di kalender atau buku harian untuk belajar. Membuat rencana studi sama halnya menyusun kurikulum, tidak hanya membantu Anda menjadi lebih teratur, tetapi juga membuat Anda bertanggung jawab atas hasil belajar Anda. Jika Anda seorang siswa online, rencana studi bahkan lebih penting untuk kesuksesan sekolah Anda, karena Anda harus memiliki disiplin diri dan tekad untuk maju dalam studi tanpa iming-iming atau pengawasan konstan dari seorang guru.

 

Mengapa saya membutuhkan rencana studi?

Rencana studi adalah cara untuk membantu Anda menavigasi pendidikan di sekolah Anda dengan cara yang terorganisir. Setiap siswa mengembangkan rencana studi yang berbeda; dalam arti tidak ada rencana studi yang sama dan cocok untuk semua orang. Saat membuat rencana belajar, Anda perlu melakukan penilaian diri terhadap jadwal Anda saat ini dan bagaimana Anda mengatur waktu Anda. Ingat, setiap siswa memiliki metode belajarnya masing-masing. Jadi waktu yang diperlukan untuk Anda akan berbeda dari waktu yang dibutuhkan teman sekelas Anda dalam belajar. Beberapa siswa menemukan bahwa metode belajar yang paling efektif bagi mereka adalah belajar di malam hari selama tiga puluh menit, daripada belajar beberapa kali seminggu untuk jangka waktu yang lebih lama. Sementara yang lain mengatakan yang paling efektif adalah belajar pagi-pagi sekali setelah bangun tidur. Masing-masing orang berbeda dalam menentukan waktu belajar.

Anda perlu mengidentifikasi tujuan pembelajaran Anda untuk setiap sesi belajar untuk memaksimalkan waktu belajar yang direncanakan. Tentukan mengapa Anda belajar dan kembangkan rencana yang dapat membantu Anda mencapai tujuan ini. Pertimbangkan tes yang akan datang, rata-rata Anda dalam kursus tertentu, dan proyek yang Anda bayangkan akan membutuhkan lebih banyak waktu daripada yang lain.

Terakhir, buat rencana studi yang masuk akal. Meskipun Anda perlu menyisihkan cukup waktu untuk program studi Anda, studi lima jam tanpa istirahat akan membuat Anda gagal. Lebih sedikit waktu yang dapat dihabiskan untuk belajar jika dilakukan dengan benar. Untuk tips mendetail tentang cara membuat rencana studi kustom untuk mendukung metode studi Anda, pelajari petunjuk yang kami berikan di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.