PSIKOTERAPI

Psikoterapi adalah metode untuk mengobati dan mendiagnosis penyakit mental dan emosional, seperti depresi atau neurosis, tetapi juga penyakit psikosomatik.

 

Fokusnya adalah pada percakapan antara pasien dan terapis, berbeda dengan fisioterapi, di mana terapi gerakan dan tindakan adalah yang terpenting. Ada banyak metode psikoterapi yang berbeda, tetapi kerja sama dan motivasi pasien sangat penting untuk keberhasilan semuanya. Tidak seperti metode psikiatri, psikoterapi tidak melibatkan perawatan obat. Kursus dan durasi psikoterapi tidak tetap dan berbeda untuk setiap pasien.

 

Ringkasan

  • Siapa yang diuntungkan dari psikoterapi?
  • Apa yang terjadi dalam psikoterapi?
  • Kapan (dan untuk berapa lama) psikoterapi digunakan?
  • Apa yang harus Anda pertimbangkan setelah menyelesaikan psikoterapi?
  • Siapa yang mengobati?
  • Apa yang dapat Anda sumbangkan untuk keberhasilan psikoterapi?
  • Di mana batasan psikoterapi?
  • Biaya & asuransi kesehatan

 

Siapa yang diuntungkan dari psikoterapi?

Seringkali tidak mudah bagi orang awam untuk mengenali apakah masalah mental dan emosional merupakan gangguan atau penyakit yang memerlukan pengobatan. Sayangnya, masih ada tabu tertentu di bidang ini – gangguan mental terkadang dicap sebagai “gila”. Tetapi jika Anda bertanya pada diri sendiri apakah akan membantu untuk menemui psikoterapis, itu biasanya merupakan tanda yang mendukungnya.

Masalah mental dan psikologis yang mungkin masuk akal untuk menemui psikoterapis meliputi:

  • Ketakutan yang menekan atau membatasi seperti takut berhubungan dengan orang lain, otoritas, ruang terbatas, takut ujian, takut mengambil keputusan, takut terbang, takut berkomitmen
  • Pikiran atau perasaan yang tidak dapat Anda bagikan dengan siapa pun, seperti perasaan diikuti, malu, bersalah, atau benci
  • Kurangnya dorongan, kelesuan, kelelahan, tuntutan berlebihan yang konstan
  • Depresi, tidak ada kesenangan dalam hidup
  • Anda berada dalam hubungan yang menurut Anda sangat menegangkan
  • pikiran untuk bunuh diri
  • Paksaan untuk terus melakukan hal yang sama seperti kompulsif mencuci, mengunci pintu
  • Kecanduan alkohol, obat-obatan, makanan, kelaparan, perjudian, belanja
  • Keluhan fisik yang berulang dan dokter tidak dapat menemukan penyebab fisiknya, seperti gangguan tidur, nyeri atau pusing
  • Pergolakan stres yang sulit diatasi, seperti perceraian, perpisahan, atau kematian orang yang dicintai
  • masalah dengan seksualitas

 

Apa yang terjadi dalam psikoterapi?

Psikoterapi bertujuan untuk menyembuhkan atau meringankan penderitaan mental dan psikosomatik, menyelesaikan konflik internal atau interpersonal, membantu dalam krisis kehidupan, mengubah perilaku dan sikap bermasalah, tetapi juga mempromosikan pengembangan dan kesehatan pribadi. Perawatan tunggal tidak cukup untuk ini – seberapa sering dan berapa lama seorang psikoterapis berkonsultasi bervariasi dari pasien ke pasien. Itu juga tergantung pada kepribadian Anda, konsep psikoterapi mana yang tepat untuk Anda.

Ada banyak metode psikoterapi dan oleh karena itu tidak hanya satu psikoterapi. Kesamaan semua metode adalah percakapan antara psikoterapis dan pasien, dan beberapa memiliki berbagai latihan yang mendorong pertukaran ini.

 

Psikoterapi tidak memberikan solusi

Psikoterapis tidak memberikan solusi atas suatu masalah, melainkan mendukung pasien dalam mencari solusi. Pada awal psikoterapi ada pengembangan hubungan saling percaya antara pasien dan terapis, yang sangat penting untuk keberhasilan terapi. Jika ini tidak terjadi setelah 3 sampai 5 sesi pertama, maka disarankan untuk mencari terapis lain.

Psikoterapi dapat dilakukan baik sebagai terapi individu maupun sebagai terapi kelompok. Seringkali ada juga kemungkinan terapi pasangan atau keluarga. Di Austria ada 22 metode psikoterapi yang diakui, yang dibagi menjadi 4 bidang berikut:

 

Metode humanistik-eksistensial

Mereka membangun keinginan untuk realisasi diri. Contohnya adalah terapi integratif, misalnya untuk pengobatan neurosis atau adiksi. Itu memungkinkan untuk mengekspresikan dan merefleksikan perasaan dalam bentuk bahasa, musik , lukisan atau gerakan.

 

Metode sistemik 

Dimulai dengan bentuk komunikasi yang menimbulkan penyakit dalam sistem, misalnya keluarga (systemic family therapy). Di satu sisi, citra diri seseorang digarap, tetapi juga pada lingkungan hubungan mereka.

 

Metode psikologi-psikodinamik yang mendalam

Dibangun di atas asumsi bahwa penyakit mental disebabkan oleh impuls dan konflik bawah sadar sejak masa kanak-kanak. Dalam psikoterapi, ini dibuat sadar dan diproses, misalnya dalam psikoanalisis. Ini digunakan untuk pengetahuan diri, tetapi juga cocok untuk pengobatan neurosis atau fobia.

 

Terapi perilaku : Terapi perilaku dimulai dengan perilaku dan tindakan pasien. Gagasan di baliknya: Perilaku dipelajari dan oleh karena itu juga dapat dipelajari kembali dengan menggunakan berbagai teknik.

 

Sebelum memulai psikoterapi, ada konsultasi awal dengan psikoterapis. Tujuannya adalah untuk mengenal pasien dan terapis untuk pertama kalinya. Jika Anda tidak menyukai terapis dalam percakapan ini, atau Anda kurang percaya padanya, Anda harus menemui terapis lain. Dalam konsultasi awal, kondisi dasar untuk terapi juga dibahas. Ini bisa berupa:

  • Apa tujuan terapi?
  • Berapa lama itu akan bertahan?
  • Metode mana yang digunakan?
  • Apakah ada waktu tunggu tempat terapi dan berapa lama?
  • Apa modalitas pembayarannya?

Psikoterapi sendiri berbeda untuk setiap orang. Jika Anda ragu tentang kegunaan psikoterapi, bicarakan dengan terapis Anda. Ketidakpastian dan skeptisisme tentang terapi tidak jarang terjadi. Mungkin ada kekambuhan, keraguan atau krisis, tetapi bisa juga ada rasa pencapaian, motivasi untuk mengubah sesuatu atau penerimaan diri sendiri. Ini semua adalah tanda bahwa ada sesuatu yang berubah.

Psikoterapis terikat pada kerahasiaan. Semua informasi yang dipercayakan kepada Anda selama terapi harus dirahasiakan.

 

Kapan (dan untuk berapa lama) psikoterapi digunakan?

Sesi dengan psikoterapis biasanya berlangsung antara 25 dan 90 menit, dengan terapi individu biasanya 50 menit. Kebanyakan psikoterapi berlangsung setiap minggu, tetapi ini juga dapat ditentukan secara individual.

Akhir psikoterapi menjadi jelas ketika tujuan terapi yang disepakati telah tercapai atau ketika diakui bahwa tujuan terapi tidak dapat dicapai. Psikoterapi bisa berlangsung berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

 

Apa yang harus Anda pertimbangkan setelah menyelesaikan psikoterapi?

Jika setelah psikoterapi Anda melihat bahwa masalah Anda kembali, hubungi terapis Anda segera. Semakin cepat masalah mental atau emosional ditangani, semakin cepat Anda akan merasa lebih baik lagi.

 

Siapa yang mengobati?

  • psikoterapis

Resep dokter tidak diperlukan untuk psikoterapi, tetapi masuk akal saat menagih kembali ke perusahaan asuransi kesehatan. Psikoterapis mendiagnosis, menentukan dan melaksanakan pengobatan. Di Austria, hanya mereka yang telah menyelesaikan pelatihan yang diatur oleh Undang-Undang Psikoterapis yang dapat menyebut diri mereka seorang psikoterapis.

 

Apa yang dapat Anda sumbangkan untuk keberhasilan psikoterapi?

Prasyarat penting untuk psikoterapi yang sukses adalah kerja sama dan motivasi Anda, hanya dengan demikian terapi dapat berhasil. Kesediaan Anda untuk bekerja pada diri sendiri juga penting. Keterbukaan dan penerimaan Anda sebagai pasien berkontribusi signifikan terhadap keberhasilan psikoterapi. Pasien yang termotivasi memiliki prognosis yang lebih baik.

Jika, setelah 3 hingga 5 sesi pertama, tidak ada hubungan yang stabil, positif, dan dapat dipercaya antara Anda dan psikoterapis, sangat kecil kemungkinannya bahwa terapi tersebut akan berhasil. Dalam hal ini, Anda harus mengganti terapis.

 

Di mana batasan psikoterapi?

Dalam kasus gangguan parah seperti psikosis atau skizofrenia, kemungkinan penyembuhan dalam kerangka psikoterapi tidak begitu baik.

Psikoterapi hampir tidak efektif pada pasien dengan gangguan kepribadian yang parah, egoisme yang ekstrim, atau kecenderungan merusak diri sendiri.

Psikoterapis, tidak seperti psikiater, tidak diperbolehkan meresepkan obat.

 

Biaya & asuransi kesehatan

Asumsi biaya untuk psikoterapi berbeda di setiap wilayah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.