PROTOKOL KESEHATAN DI SEKOLAH SELAMA MASA NEW NORMAL

Protokol kesehatan di sekolah selama masa new normal, adalah hal-hal yang harus dilakukan oleh seluruh warga sekolah dalam menjaga keselamatan dan kesehatan baik diri sendiri maupun warga sekolah lainnya. Protokol kesehatan ini harus dilakukan mulai dari persiapan sebelum berangkat ke sekolah, perjalanan menuju sekolah, memasuki gerbang sekolah, mengikuti KBM, perjalanan pulang dari sekolah, hingga sesampainya di rumah masing-masing warga sekolah.

Adapun kegiatan-kegiatan protokol kesehatan tersebut, dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Sebelum berangkat ke sekolah:

  • Sarapan/konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang
  • Kondisi badan musti dalam keadaan sehat dan tidak memiliki gejala-gejala berupa suhu di atas 37,3 C, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan atau sesak nafas.
  • Menggunakan dan membawa masker secukupnya dengan asumsi setiap 4 jam harus diganti.
  • Membawa hand sanitizer
  • Membawa makanan beserta alat makan dan air minum sendiri sesuai kebutuhan
  • Membawa perlengkapan pribadi

Selama perjalanan ke sekolah:

  • Menggunakan masker
  • Jaga jarak minimal 1,5 meter (Physical Distancing)
  • Hindari menyentuh permukaan benda, wajah
  • Menerapkan etika batuk/bersin
  • Cuci tangan Pakai Sabun
  • Usahakan menggunakan kendaraan pribadi

Sebelum memasuki gerbang sekolah:

  • Pengantaran dilakukan hanya sampai di loksai yang telah ditentukan
  • Mengikuti pemeriksaan kesehatan meliputi cek suhu tubuh
  • Melakukan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun)
  • Tamu wajib mengikuti protokol kesehatan diberlakukan

Selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

  • Menggunakan masker dan menerapkan jaga jarak minimal 1,5 m
  • Menggunakan alat-alat sekolah milik pribadi
  • Dilarang pinjam meminjam peralatan
  • Guru dan warga sekolah lainnya wajib memberikan pengumuman/teguran secara berulang tentang penggunaan masker, jaga jarak dan ketentuan protokol kesehatan lainnya jika ada yang melakukan pelanggaran
  • Senantiasa melakukan pengamatan visual kesehatan warga satuan pendidikan, misal ada yang sakit flue, batuk, pilek, sesak nafas dan sejenisnya.

Saat Kegiatan Belajar Mengajar berakhir dan perjalanan pulang:

  • Tetap menggunakan masker
  • Melakukan cuci tangan pakai sabun di tempat yang telah disediakan
  • Tetap menerapkan jaga jarak minimal 1,5 meter
  • Penjemput hanya boleh menunggu di tempat yang telah ditentukan
  • Hindari menyentuh wajah
  • Menerapkan etika batuk dan bersin

Sesampainya di rumah:

  • Membersihkan diri (mandi) dan mengganti pakaian sebelum berinteraksi fisik dengan orang lain di rumah
  • Tetap melakukan penerapan hidup bersih dan sehat, khususnya cuci tangan pakai sabun secra rutin.
  • Ganti baju

Secara khusus hal-hal di atas bisa dirangkum menggunakan bagan di bawah ini:

54 tanggapan pada “PROTOKOL KESEHATAN DI SEKOLAH SELAMA MASA NEW NORMAL

    • Rivan Rizky Sobirin Balas

      Menurut saya kegiatan untuk memberikan pencerahan terhadap siswa guru dan staf sekolahan sangat perlu di lakukan karna agar semua tahu bagaimana penting nya menjaga diri dan orang lain dari bahaya Covid-19.

      • Danny Bimantara Balas

        Menurut saya,saya sangat setuju dengan tindakan new normal ini karena pembelajaran tatap muka lebih mudah dipahami dibandingkan pembelajaran melalui daring yang malah bikin pusing kepala

  1. Naufal Nursyahbani Balas

    Kemungkinan berjalannya kbm kpn ya pak ?
    Tolong pak segera direalisasikan untuk kegiatan kbm tatap muka pak karena untuk kelas 12 jujur untuk sebagusnya pjj tidak akan sebagus kbm tatap muka pak karena tidak adanya kontak atau ikatan makasih pak

    • 4chsan PenulisBalas

      Kita masih belum tahu, kapan KBM reguler bisa dilaksanakan. Begitu sekolah memperoleh ijin dari pemerintah, dalam hal ini Gubernur Jawa Tengah, maka kami akan langsung melaksanakan KBM Luring (Luar Jaringan). Mohon bersabar.

      • ARDIANTO AGUSTA KURNIAWAN Balas

        Artikel sangat membantu untuk mencegah penyabaran covid-19.semoga dapat terlaksanakan dengan baik saat pembelajaran tatap muka

  2. Dwi Luthfiyana Balas

    artikelnya sangat membantu kami untuk lebih paham mengenai protokol kesehatan ketika belajar ke sekolah. Hanya saja yang kurang, itu belum bisa kami wujudkan, karena sampai saat ini kami masih pjj, belum bisa masuk sekolah dan belajar langsung tatap muka. Tapi kalau pun itu akan segera datang dan kami akan segera masuk sekolah, protokol-protokol yang bapak sajikan di artikel ini, akan siap saya laksanakan.

    • Akmal Mukti Yoga Ardhana Balas

      artikel yang sangat membantu saya untuk lebih mengetahui protokol kesehatan ketika belajar secara tatap muka. Namun, belum bisa diwujudkan, karena sampai saat ini kami masih pjj, belum bisa masuk sekolah dan belajar langsung secara tatap muka dengan guru. Tapi dengan adanya artikel ini dapat dipakai untuk persiapan saat Pjj telah berakhir

  3. Putera Farrel Elian Balas

    Mudah dimengerti dan semakin paham akan peraturan protokol kesehatan saat melakukan KBM di sekolah. Lebih bisa mendisiplinkan diri untuk menjaga kesehatan tubuh

    • Muhammad Rizky Agung Wahyu samudra Balas

      Muhammad Rizky Agung Wahyu samudra
      X IPS 2/ 20
      Menurut saya artikel ini sangat membantu untuk lebih memahami tentang protokol kesehatan terutama ketika kita akan belajar secara tatap muka (luring). Dan artikel ini juga sangat menarik….

  4. Falisha Muthia sekar boruni batubara Balas

    Mudah di mengerti,semakin paham dan menambah wawasan Akan peraturan protokol. Kesehatan di era new normal saat kbm berlangsung,lebih mendisiplikan menjaga kesehatan dan selalu waspada

  5. Lilis Setianingrum Balas

    Artikel ini sangat bagus, bisa mengingatkan kita tentang protokol kesehatan apa saja yang harus dipatuhi selama masa new normal di sekolah.

  6. surya adjie pangestu Balas

    artikel sangat membantu untuk persiapan masuk sekolah . Tetapi tanggal masuk sekolah belum tau.jika sudah masuk sekolah maka saya bisa menerapkan apa yang ada di artikel tersebut

  7. Bintang Azzharaningtyas Balas

    Artikelnya sangat membantu walaupun belum bisa diterapkan karena masih PJJ, tetapi bisa menjadi persiapan untuk siswa dan guru jika masa PJJ sudah berakhir.

    • Rofino Adryanto Balas

      Artikel ini sangat sangat membantu tentang protokol kesehatan.
      Dan saya terbantu oleh artikel ini karena saya memperoleh informasi lebih.
      Terimakasih karena artikel ini membantu

  8. LAILA ADZRA ATIKA Balas

    Artikel tersebut sangat bagus, singkat, dan mudah dipahami. Dapat mengingatkan saya tentang protokol kesehatan yang harus dipatuhi selama masa new normal ini.

  9. Anindya Intan Pandini Balas

    Artikel ini sangat bermanfaat bagi saya pak, karena saya menjadi lebih tahu apa saja protokol kesehatan yang harus dilakukan ketika melakukan KBM di sekolah.

  10. Danica Petrovski Balas

    Artikel ini sangat membantu untuk persiapan masuk sekolah di era new normal ini. Kita menjadi lebih paham dan mengerti apa saja yang harus dilakukan sebelum, saat, dan setelah sekolah. Semoga kita dapat menerapkan langsung protokol kesehatan ini di sekolah.

  11. Muhamad Aqsal Zulhaj Adha Balas

    Artikel ini menjelaskan peraturan protokol kesehatan yang harus dilakukan ketika kbm tatap muka dilaksanakan kembali. Walaupun masih PJJ namun setelah membaca artikel ini, saya bisa mempersiapkan segala sesuatunya jika besok mulai kbm tatap muka lagi.

  12. Rizka Tsani Nur Arafati Balas

    Artikel ini sangat membantu kami untuk bisa mematuhi protokol kesehatan saat bersekolah. Hanya saja sampai saat ini kami semua masih melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan tentunya belum melakukan protokol kesehatan yang bapak berikan. Tetapi kami tetap melakukan protokol kesehatan ketika berada di rumah/bepergian.

  13. Paramita Ragil Palupi Balas

    Dari artikel ini saya menjadi tau protokol apa saja yang harus dilakukan saat melakukan KBM Luring. Akan tetapi dengan kondisi yang masih seperti ini, kita masih harus melakukan KBM Daring.

  14. Aynayya Ramadhani Balas

    Artikel ini sangat mudah di pahami dan menjelaskan tentang peraturan atau protokol kesehatan yang harus dipatuhi pada era new normal ini,agar kegiatan KBM dapat berjalan dengan maksimal,yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan dari awal berangkat sekolah sampai pulang di rumah.

  15. Adelia Affa Salsabila Balas

    artikel ini sangat membantu, juga memberikan informasi yang mudah dipahami dan sesuai dengan protokol kesehatan. meskipun hanya saat pjj tetapi saya akan menerapkan protokol kesehatan dimana saja

  16. Aynayya Ramadhani Balas

    sangat mudah di pahami dan menjelaskan tentang peraturan atau protokol kesehatan yang harus dipatuhi pada era new normal ini,agar kegiatan KBM dapat berjalan dengan maksimal,yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan dari awal berangkat sekolah sampai pulang di rumah.

  17. Aynayya Ramadhani Balas

    sangat mudah di pahami dan menjelaskan tentang peraturan atau protokol kesehatan yang harus dipatuhi pada era new normal ini,agar kegiatan KBM dapat berjalan dengan maksimal,yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan dari awal berangkat sekolah sampai pulang di rumah.dan diharapkan semua bisa selalu menjaga kebersihan dan kesehatan

  18. JOVANKA RATU PASHA Balas

    Artikel ini sangat membantu dan mudah dipahami, dengan saya membaca artikel ini saya mendapat prngetahuan tambahan mengenai protokol kesehatan pada saat pjj luring dan saya akan selalu menjaga kebersihan dan menaati protokol yang ada.

  19. Naufal Adani Wynanda Balas

    Mudah dimengerti akan peraturan protokol kesehatan saat KBM di sekolah. Saya akan tetap menerapkan protokol kesehatan dimana saja agar menjaga kesehatan.

  20. Muhammad Tri Joko Balas

    Artikel ini jadi sangat bermanfaat bagi para pembaca nya,karean artikel ini saya jadi tau bagaimana cara menerapkan protokol kesehatan saat KBM tetap muka sudah dimulai

  21. Nimas Ayu Balas

    menurut saya, protokol yang dicantumkan sudah bagus sudah memenuhi syarat mencegah Covid-19 sehingga jika guru dan murid melakukan dan mengikuti aturan dengan baik dan patuh terhadap aturan yang dicantumkan maka pembelajaran di sekolah dapat segera dilakukan.

  22. Muhammad Fahri Ali Balas

    Menurut saya jika semua prosedur kesehatan di atas di taati mungkin akan bisa mengurangi angka persebaran virus dan mungkin pembelajaran secara reguler akan segera di lakukan

  23. M. Khilman lubby Balas

    Artikel yang sederhana namun penuh makna. Begitulah kiranya. Untuk mendeskripsikan isi artikelnya. Sangat tepat dan bermanfaat. Terima kasih.

  24. Muhamad Akira Rosyid Partono Balas

    Nama: Muhamad Akira Rosyid Partono
    No. : 18
    Kelas: XIPS 2

  25. Yohana Dwi Lestyana Balas

    Artikel ini sangat membantu, juga memberikan informasi yang mudah dipahami dan sesuai dengan protokol kesehatan. meskipun hanya saat pjj tetapi saya akan menerapkan protokol kesehatan dimana saja

  26. Iglesias Balas

    Semoga artikel membantu menjelaskan secara simple namun jelas tentang apakah covid-19

  27. Retno Nurcahyaningsih Balas

    alhamdulillah artikelnya mudah dipahami pak semoga lekas sekolah

  28. Siska Agustina Sundari Balas

    Artikel mudah dipahami,simple dan sangat membantu untuk menambah wawasan tentang menjaga kesehatan tubuh dll dari COVID.
    Siska Agustina Sundari /XII IPS 4/26

    • Yosua alfa putra lesmana Balas

      Sangat membantu dan mudah di pahami saya jadi semakin mengerti mengenai menjaga kesehatan tubuh di masa new normal

  29. Yosua alfa putra lesmana Balas

    Sangat membantu dan mudah di pahami saya jadi semakin mengerti mengenai menjaga kesehatan tubuh di masa new normal

  30. Dyah Lukita W Balas

    Artikel ini bermanfaat karena memberikan informasi tentang new normal selama sekolah

  31. Dyah Lukita W Balas

    Artikel ini bermanfaat karena memberikan informasi tentang new normal selama bersekolah

  32. Beta Karisma Ramadhani Balas

    Menurut saya bagus karena dengan cara ini kita dapat memutus mata penyebaran covit 19 penjelasan mudah di mengerti dan mudah di ingat

  33. Aprilia Pramudianti Balas

    Wacana tersebut membuat saya paham tentang menjaga kesehatan. Wacana tersebut juga mambanta semua warga sekolah untuk selalu menjaga kebersihan dari COVID-19
    APRILIA PRMADIANTI / 12 IPS 4 / 03

  34. Yeni Lestari Balas

    Artikel yang dimuat mudah dipahami dan dapat menambah wawasan yang lebih baik mengenai protokol kesehatan di Sekolah pada Era New Normal ini

  35. HANA DHEA PUSPITA Balas

    Mudah dimengerti penjelasanya sangat jelas , menambah wawasan akan protokol kesehatan selama disekolah

  36. Arwina Tri Amanda Putri Balas

    Artikel ini sangat membantu, selain itu juga memberikan informasi yang mudah dipahami dan sesuai dengan protokol kesehatan. Sehingga kita tahu cara agar tidak tertular COVID-19.

  37. Seliana setyo ragil Balas

    Artikel tersebut menerangkan tentang protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 agar lebih hati hati dan hidup lebih sehat

  38. Ayu Annisa Balas

    Artikel mudah dipahami,simple dan sangat membantu untuk menambah wawasan tentang menjaga kesehatan tubuh dll dari COVID.

  39. Najwa Salsabila Saharani Balas

    Setelah membaca artikel ini, membuat saya lebih terbantu dalam menjaga kesehatan saat masa pandemi ini dengan sesuai protokol. Artikelnya mudah dipahami, selain itu juga menarik. Di akhir bagian diberi sebuah gambar itu menjadikan artikel ini tambah menarik.

  40. Dyah Komala Naranathadewi Balas

    Protokol dari artikel diatas sangat baik dan bermanfaat. Semoga kita semua selalu sehat dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan dimanapun dan kapanpun agar tidak terkena virus covid-19 sehingga dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar kembali seperti dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *