PERJUANGAN PEROLEH PENGHASILAN PERTAMA DARI YOUTUBE

Apakah setelah channel YouTube kita dimonetisasi Adsense langsung bisa peroleh penghasilan?! Jawabnya; TIDAK!!. Masih butuh perjuangan tahap ke-2, yakni peroleh penghasilan minimal US$ 100 atau setara dengan Rp.1.300.000,00. Dan lagi-lagi, perjuangan tahap ke-2 ini untuk sebagian orang dirasa mudah, tapi sebagian lainnya dibilang setengah mati. 

Jika channel YouTube kita adalah channel yang “laku keras” (banyak pengunjung), mencapai angka US$ 100 relatif mudah. Satu video bisa saja langsung peroleh ratusan dolar hanya dalam beberapa jam setelah diunggah. Tapi jika pengunjung channel kita kategori “Senin-Kamis” (sedikit pengunjung), perjuangan mencapai angka 100 dolar butuh usaha ekstra keras. Youtube menerapkan kebijakan per 1000 viewer digaji kisaran US$ 0,95. Artinya, jika satu video kita upload dalam 1 bulan hanya ditonton 200 an viewer, maka butuh upload 11 sampai 12 video untuk peroleh bayaran 1 dolar (kisaran Rp.13.000,00) dalam satu bulannya. Angka yang relatif kecil sebagai penghargaan atas video yang kita buat. Tidak sebanding dengan usaha dan upaya kita dalam membuat dan mengunggah video tersebut. Karenanya buatlah video dengan tampilan dan konten berkualitas. Untuk mencapai tampilan video berkualitas, disarankan minimal beresolusi High Devinition (HD), syukur-syukur bisa lebih. Sementara untuk kontennya, cari dan buatlah video yang isinya menarik dengan judul yang memunculkan rasa penasaran pemirsa untuk menontonya. Semakin bagus video kita upload, semakin banyak pengunjung tertarik untuk menontonya. Pun sebaliknya. Semakin kurang bagus, semakin sedikit pengunjung untuk menontonya.

Selanjutnya setelah konten di channel YouTube kita mulai dihargai Adsense, sambil menunggu mencapai angka 100 dolar, Adsense membuat tahapan penilaian yang lain, berupa konfirmasi pembayaran. Tahapan ini berupa pengisian identitas diri dan nomor rekening bank sebagai rekening penampung penghasilan kita dari Adsense. Dan tahapan ini pun tidak serta merta langsung muncul di akun Adsense manakala channel YouTube kita dimonetisasi, tapi butuh proses penilaian dari pihak Google. Google akan menilai apakah channel YouTube kita sudah sesuai dengan standar ketentuan dan aturan yang mereka buat, atau belum. Jika sudah sesuai, proses validasi pembayaran akan cepat. Tapi jika kita sering melanggar aturan-aturan yang ditentukan Google Adsense, semisal: memasang iringan musik ber hak cipta tanpa ijin pemiliknya, mengupload video milik orang lain, dan pelanggaran-pelanggaran aturan lainnya, maka proses validasi pembayaran akan membutuhkan waktu cukup lama. Karenanya disarankan baca, pelajari dan pahami standar ketentuan tersebut, yang muncul saat kita mengajukan lamaran monetisasi pada google adsense. Tidak asal klik saja tanpa dibaca dan pahami.

Setelah nomor rekening bisa kita daftarkan di akun pembayaran Adsense, selanjutnya pihak Adsense akan mentransfer uang yang besarnya tidak bulat dan kurang dari Rp.1.000,00 ke rekening kita. Dan kita diminta menyebutkan berapa jumlah uang yang ditransfer tersebut di kolom validasi pembayaran akun Adsense. Jika benar, maka yakinlah bahwa kelak kita akan merima penghasilan dari YouTube lewat nomor rekening tersebut. Karenanya jaga rekening tersebut jangan sampai terblokir oleh pihak bank karena saldo kurang, atau hal lain. Jika sampai terblokir, repot lagi urusannya.

Apakah setelah nomor rekening divalidasi akan langsung terima pembayaran?! Ternyata belum juga. Adsense masih butuh keyakinan bahwa data diri yang kita isikan benar-benar data diri kita. Karenanya Adsense akan mengirim sepucuk surat ke alamat kita daftarkan, selanjutnya kita diminta mengisikan PIN yang terdapat pada surat tersebut ke menu pembayaran di akun Adsense. Lama waktu surat tersebut sampai ke alamat kita kisaran 2 sampai 4 minggu setelah dikirim. Cukup lama dan membutuhkan kesabaran juga.

Setelah semua proses tersebut terselesaikan, barulah kita akan peroleh pembayaran penghasilan dari channel YouTube secara teratur setiap bulannya, yakni sebelum tanggal 15. Besarnya berapa?! Sesuai jumlah subscriber dan viewer yang mampir di channel kita. Semakin banyak subscriber dan viewer yang datang, terlebih yang klik tanda like, maka semakin besar penghasilan kita peroleh. Semakin sedikit, ya semakin kecil pula penghasilan kita peroleh. Dan ingat, video-video lama yang kadang kita lupa judul dan kapan membuatnya, selama masih  ada yang klik dan menontonnya, maka akan tetap menghasilkan. Karenanya salah satu kunci sukses peroleh penghasilan tinggi dari YouTube adalah buat konten video sebanyak-banyaknya dan berkualitas. Dan usahakan pula, video-video kita unggah adalah video yang tidak punya masa kedaluwarsa, dalam arti kapan pun dan siapapun akan tetap suka menonton video kita.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.