TIP’S MENDAFTAR SELEKSI MANDIRI PTN (UMPTN)

Tahun akademik 2020/2021 adalah tahun penuh keprihatinan bagi para siswa. Dampak penetapan Pandemik Covid-19 oleh WHO, menjadikan siswa dihadapkan pada perubahan-perubahan drastis yang mau tidak mau harus dijalani. Perubahan tersebut diantaranya: dihapusnya Ujian Nasional, tidak terselesaikannya Ujian Sekolah sebagaimana mestinya, kelulusan ditentukan oleh nilai rapor, bahkan pengumuman kelulusan pun tanpa ada perayaan sperti biasanya.

Lebih dari itu, lulusan SMA/SMK/MA dihadapkan kondisi gamang atas perubahan pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru, utamanya jalur ujian. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengalami banyak perubahan. Perubahan diantaranya menyangkut waktu dan tempat menyelenggaraan, maupun sistem penilaiannya.

Tahun lalu siswa calon mahasiswa baru menjalani test terlebih dahulu, baru setelah peroleh sertifikat nilai hasil UTBK mereka bisa mendaftar di prodi dan PTN yang sekiranya bisa menerima berdasar nilai yang dimiliki. Tahun ini calon mahasiswa memilih prodi dan PTN dituju bersamaan dengan saat menjalani test. Dan tentu saja ada plus minusnya atas perubahan-perubahan ini, tapi itulah dampak resiko akibat status pandemi Covid-19, yang mau tidak mau harus dijalani.

Kita tinggalkan terkait SBMPTN, ada tahapan lain masuk Perguruan Tinggi Negeri yakni melalui jalur Seleksi Mandiri. Jika SBMPTN kita mendaftar di UI tapi test nya bisa melalui UNY, dan sebaliknya. Maka di jalur Seleksi Mandiri anda mendaftar di UI ya harus ikut test yang diselenggarakan UI, pilihan prodinya pun terbatas yang ada di UI. Tidak boleh bercabang ke kampus lain.

Jalur seleksi mandiri merupakan hak otonomi tiap perguruan tinggi dalam menjaring para mahasiswanya. Tiap PTN boleh menentukan bagaimana model seleksinya, kapan waktu pelaksanaan seleksi, berapa biaya yang ditarik untuk mengikuti seleksi, dan lain sebagainya. Yang ditentukan oleh pemerintah hanya sebatas quota yang boleh diterima melalui seleksi mandiri. Seluruh PTN hanya diperbolehkan menerima mahasiswa baru jalur mandiri paling banyak 30% dari jumlah keseluruhan mahasiswa yang akan diterima di tahun akademik bersangkutan.

Dan terkait seleksi mandiri dalam situasi pandemi covid-19, ada beberapa perguruan tinggi yang tetap menyelenggarakan test, namun banyak diantaranya yang merubah model dan tata cara seleksinya. UGM, misalnya. Tahun-tahun lalu UGM senantiasa melaksanakan seleksi mandiri melalui jalur UTUL (Ujian Tulis), tahun ini ujian tulis ditiadakan. Seleksi di UGM untuk tahun ini menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020, nilai rapor, dan kriteria lain yang ditentukan kampus tersebut.

Pun demikian dengan PTN lain, mereka membuat model seleksi yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun jika dikelompokkan, model seleksi tahun ini rata-rata didasarkan nilai UTBK tahun 2020, prestasi (nilai rapor dan atau piagam kejuaraan), serta perpaduan nilai UTBK dengan nilai rapor, dan lain-lain.

Untuk mengikuti seleksi mandiri suaatu PTN, yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa baru diantaranya:

  • Biaya Pendidikan. Beberapa perguruan tinggi negeri menerapkan sistim pembiayaan yang berbeda bagi mahasiswa diterima melalui jalur seleksi mandiri, dengan mahasiswa diterima jalur SNMPTN atau SBMPTN. Mahasiswa jalur mandiri biasanya dikenai sumbangan pengembangan institusi yang jumlahnya bervariasi, mulai puluhan hingga ratusan juta tergantung prodi yang diambil. Disamping itu, mereka akan dikenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) grade tertinggi. Bahkan para mahasiswa jalur IUP (Internasional University Program) akan dikenai biaya pendidikan yang super mahal. Untuk mahasiswa dari kalangan keluarga “the have”, pembiayaan semahal apapun tidak menjadi masalah. Namun jika anda dari kalangan menengah bawah, selayaknya musti super cermat dalam menelaah terkait pembiayaan ini.
  • Model Seleksi berdasar Nilai UTBK 2020. Jika saat UTBK lalu anda merasa mampu mengerjakan test dan yakin 85% lebih dari seluruh soal dikerjakan dengan benar, silahkan ambil jalur seleksi nilai UTBK. Dan PTN yang dipilih, bolehlah PTN favorit macam UI, ITB, UGM, IPB dan yang sekelasnya. Jika yg dikerjakan dikisaran 65% atau lebih, ambilah PTN grade ke-2, yakni yang pada periode lalu masuk Proyek Perintis 3 (UNS, UNSOED, dan sekelasnya). Jika dikisaran 50% atau lebih, ambilah PTN eks Proyek Perintis 4, yakni PTN yang dulu bernama IKIP. Dan jika kurang dari itu, mudah-mudahan faktor keberuntungan memihak anda.
  • Model Seleksi Prestasi. Penilaian model ini biasanya didasarkan pada nilai rapor. Tapi perlu diingat juga, biar pun nilai rapor bagus, belum tentu jaminan bisa diterima. Ingat, tiap PTN pasti memiliki peringkat nilai sekolah kalian, yang dientry para guru BK saat SNMPTN dulu. Disamping itu, penilaian atas track record alumni sekolah kalian yang lanjut di PTN pilihan, bisa dijadikan dasar penilaian juga. Semakin bagus track record alumni sekolah kalian dalam menyelesaikan pendidikan di kampus tersebut, semakin mudah kalian diterima. Pun sebaliknya. Semakin jelek track record-nya, maka semakin sulit pula kalian diterima. Pertimbangan selanjutnya suatu PTN dalam menilai calon mahasiswanya, adalah nilai akreditasi sekolah. Semakin tinggi nilai akreditasi sekolah kalian, semakin memiliki kans diterima di PTN tersebut.
  • Model Seleksi Prestasi Kejuaraan. Biasanya yang diperhitungkan adalah tingkat prestasi dan relevansi kejuaraan dengan pilihan program studi. Misal anda juara OSN bidang Kimia, maka jika ambil prodi terkait bidang kimia akan semakin diperhitungkan. Namun beberapa PTN memberi batasan, tidak semua prodi bisa dipilih oleh mereka yang mengambil jalur prestasi kejuaraan. Prodi-prodi tersebut diantaranya prodi kedokteran dan teknik.
  • Model Seleksi Ujian Tertulis. Model ini selayaknya kalian pilih jika nilai UTBK kalian dirasa jeblog, dan nilai raport relatif pas-pasan. Dengan memilih jalur ini, maka nilai hasil test adalah penentunya. Dan biasanya jalur test adalah jalur yang paling obyektif. Kalian bisa peroleh nilai terbaik, maka kesempatan diterimanya semakin besar.

39 tanggapan pada “TIP’S MENDAFTAR SELEKSI MANDIRI PTN (UMPTN)

  1. Siska Agustina Sundari Balas

    Tahapan lain masuk perguruan tinggi negeri yaitu melalui jalur seleksi Mandiri. Setiap PTN boleh menentukan Bagaimana modal seleksinya, Kapan waktu pelaksanaan seleksi, Berapa biaya yang ditarik dan lain-lain. Mengikuti seleksi Mandiri suatu PTN yang perlu diperhatikan yaitu biaya pendidikan, model seleksi berdasarkan nilai utbk 2020, model seleksi prestasi, model seleksi prestasi kesejarahan, model seleksi ujian tertulis.

    • Febrian Rizky Agung Pratama Balas

      Tahapan lain masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yaitu melalui jalur seleksi mandiri. Tiap PTN boleh menentukan bagaimana model seleksinya, kapan waktu pelaksanaan seleksi, berapa biaya yang ditarik untuk mengikuti seleksi, dan lain sebagainya. Yang ditentukan oleh pemerintah hanya sebatas quota yang boleh diterima melalui seleksi mandiri. Mengikuti seleksi Mandiri suatu PTN yang perlu diperhatikan yaitu biaya pendidikan, model seleksi berdasarkan nilai utbk 2020, model seleksi prestasi, model seleksi prestasi kesejarahan, model seleksi ujian tertulis

    • Dyah Lukita W Balas

      Untuk masuk PTN bisa digunakan dengan cara biaya pendidikan, seleksi berdasarkan nilai utbk, seleksi prestasi, seleksi prestasi kejuaraan dan juga seleksi ujian tertulis.

      • Tri wahyudati hapsari Balas

        Tahun akademik 2020/2021 adalah tahun penuh keprihatinan bagi para siswa. Lulusan SMA/SMK/MA dihadapkan kondisi gamang atas perubahan pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru, utamanya jalur ujian. Tahun lalu siswa calon mahasiswa baru menjalani test terlebih dahulu, baru setelah peroleh sertifikat nilai hasil UTBK mereka bisa mendaftar di prodi dan PTN yang sekiranya bisa menerima berdasar nilai yang dimiliki. Ada tahapan lain masuk Perguruan Tinggi Negeri yakni melalui jalur Seleksi Mandiri. Jalur seleksi mandiri merupakan hak otonomi tiap perguruan tinggi dalam menjaring para mahasiswanya. Dan terkait seleksi mandiri dalam situasi pandemi covid-19, ada beberapa perguruan tinggi yang tetap menyelenggarakan test, namun banyak diantaranya yang merubah model dan tata cara seleksinya.

      • Galuh Wulandari Septiningrum Balas

        PTN memang diberi keleluasaan untuk menentukan kriteria penilaian, tipe ujian yang akan dilaksanakan, apakah memakai nilai UTBK atau dengan ujian sendiri atau dengan format lain. Namun dengan adanya pandemi covid-19 ini membuat pelaksanaan seleksi mandiri PTN berubah dari tahun-tahun sebelumnya yang sangat berpengaruh bagi penerimaan mahasiswa jalur mandiri. Sehingga ada beberapa PTN yang menerapkan ujian secara online atau hanya berdasarkan portofolio.

  2. Arwina Tri Amanda Putri Balas

    Kesimpulan yang dapat diambil dari artikel di atas yaitu, dampak dari COVID 19 yang mempengaruhi penerimaan mahasiswa. Perbedaan penerimaan tersebut diantaranya: dihapusnya Ujian Nasional, tidak terselesaikannya Ujian Sekolah sebagaimana mestinya, dan kelulusan ditentukan oleh nilai rapor.

    • Anisa Yuliani Balas

      Tahap tahap mendaftar seleksi mandiri PTN,yang tentunya masing masing perguruan tinggi memiliki kriteria dari calon mahasiswa yang akan mendaftar dan hal hal yang harus diperhatikan untuk mendaftar Seleksi mandiri PTN,antara lain biaya pendidikan,seleksi kejuaraan dll.Namun dengan semua itu pendaftaran Mandiri PTN berjalan mengikuti Protokol kesehatan,karena adanya pandemi Covid 19

      • Najwa Salsabila Saharani Balas

        Kesimpulan dari artikel ‘Tips Mendaftar Seleksi Mandiri PTN (UMPTN’ di atas adalah setiap universitas/perguruan tinggi mempunyai cara masing-masing dalam menyeleksi calon mahasiswa baru, yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa baru diantaranya: •Biaya pendidikan.
        •Model Seleksi berdasar Nilai UTBK 2020.
        •Model Seleksi Prestasi.
        •Model Seleksi Prestasi Kejuaraan.
        •Model Seleksi Ujian Tertulis.
        Dan disituasi pandemi karena covid-19 ini banyak universitas/perguruan tinggi yang tetap menyelenggarakan test, namun banyak diantaranya yang merubah model dan tata cara seleksinya.

  3. Fernanda rizky Balas

    Jalur seleksi mandiri merupakan hak otonomi tiap perguruan tinggi dalam menjaring para mahasiswanya. Tiap PTN boleh menentukan bagaimana model seleksinya, kapan waktu pelaksanaan seleksi, berapa biaya yang ditarik untuk mengikuti seleksi, dan lain sebagainya. Yang ditentukan oleh pemerintah hanya sebatas quota yang boleh diterima melalui seleksi mandiri. Seluruh PTN hanya diperbolehkan menerima mahasiswa baru jalur mandiri paling banyak 30% dari jumlah keseluruhan mahasiswa yang akan diterima di tahun akademik bersangkutan.

    Dan terkait seleksi mandiri dalam situasi pandemi covid-19, ada beberapa perguruan tinggi yang tetap menyelenggarakan test, namun banyak diantaranya yang merubah model dan tata cara seleksinya

  4. Ghea Balas

    Pak saya request blog selanjutnya tentang tips memilih universitas impian dengan jurusan apapun atau jurusan yang diminati namun di universitas manapun. Terimakasih

    • Dimas Permadi Balas

      Jalur seleksi mandiri merupakan hak otonomi tiap perguruan tinggi dalam menjaring para mahasiswanya. Tiap PTN boleh menentukan bagaimana model seleksinya, kapan waktu pelaksanaan seleksi, berapa biaya yang ditarik untuk mengikuti seleksi, dan lain sebagainya. Yang ditentukan oleh pemerintah hanya sebatas quota yang boleh diterima melalui seleksi mandiri. Seluruh PTN hanya diperbolehkan menerima mahasiswa baru jalur mandiri paling banyak 30% dari jumlah keseluruhan mahasiswa yang akan diterima di tahun akademik bersangkutan.

      Dan terkait seleksi mandiri dalam situasi pandemi covid-19, ada beberapa perguruan tinggi yang tetap menyelenggarakan test, namun banyak diantaranya yang merubah model dan tata cara seleksinya

      Untuk mengikuti seleksi mandiri suaatu PTN, yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa baru diantaranya:
      A. Biaya Pendidikan
      B. Model Seleksi berdasar Nilai UTBK 2020.
      C. Model Seleksi Prestasi
      D. Model Seleksi Prestasi Kejuaraan
      E. Model Seleksi Ujian Tertulis

    • Dimas Permadi Balas

      Jalur seleksi mandiri merupakan hak otonomi tiap perguruan tinggi dalam menjaring para mahasiswanya. Tiap PTN boleh menentukan bagaimana model seleksinya, kapan waktu pelaksanaan seleksi, berapa biaya yang ditarik untuk mengikuti seleksi, dan lain sebagainya. Yang ditentukan oleh pemerintah hanya sebatas quota yang boleh diterima melalui seleksi mandiri. Seluruh PTN hanya diperbolehkan menerima mahasiswa baru jalur mandiri paling banyak 30% dari jumlah keseluruhan mahasiswa yang akan diterima di tahun akademik bersangkutan.

      Dan terkait seleksi mandiri dalam situasi pandemi covid-19, ada beberapa perguruan tinggi yang tetap menyelenggarakan test, namun banyak diantaranya yang merubah model dan tata cara seleksinya

      Untuk mengikuti seleksi mandiri suaatu PTN, yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa baru diantaranya:
      A. Biaya Pendidikan
      B. Model Seleksi berdasar Nilai UTBK 2020.
      C. Model Seleksi Prestasi
      D. Model Seleksi Prestasi Kejuaraan
      E. Model Seleksi Ujian Tertulis

    • Dimas Permadi Balas

      Jalur seleksi mandiri merupakan salah satu cara masuk ke Perguruan Tinggi. Seluruh PTN hanya boleh mengambil 30% dari semua peserta seleksi pada akademik tahun tersebut.
      Hal yang harus diperhatikan bagi calon mahasiswa baru yang mengikuti seleski masuk perguran tinggi menggunakan jalur mandiri antara lain :
      A. Biaya Pendidikan
      B. Model Seleksi berdasar Nilai UTBK 2020.
      C. Model Seleksi Prestasi
      D. Model Seleksi Prestasi Kejuaraan
      E. Model Seleksi Ujian Tertulis

  5. Citra Dewi Balas

    Masuk perguruan tinggi melalui seleksi mandiri harus memperhatikan biaya pendidikan, model seleksi berdasar nilai UTBK 2020, model seleksi prestasi, model seleksi prestasi kejuaraan, model seleksi ujian tertulis.

  6. Deri Antika Dwi Prafita Sari Balas

    tahap lain masuk perguruan tinggi negri yaitu melalui jalur seleksi mandiri Jalur seleksi mandiri merupakan hak otonomi tiap perguruan tinggi dalam menjaring para mahasiswanya. Tiap PTN boleh menentukan bagaimana model seleksinya, kapan waktu pelaksanaan seleksi, berapa biaya yang ditarik untuk mengikuti seleksi, dan lain sebagainya. Yang ditentukan oleh pemerintah hanya sebatas quota yang boleh diterima melalui seleksi mandiri. Seluruh PTN hanya diperbolehkan menerima mahasiswa baru jalur mandiri paling banyak 30% dari jumlah keseluruhan mahasiswa yang akan diterima di tahun akademik bersangkutan.

  7. Dyah Komala Naranathadewi Balas

    untuk masuk ke PTN ada beberapa tahapan yang dilalui atau dipilih, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri. untuk mengikuti seleksi Mandiri suatu PTN, yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa baru diantaranya yaitu Biaya Pendidikan, Model Seleksi berdasar Nilai UTBK 2020, Model Seleksi Prestasi, Model Seleksi Prestasi Kejuaraan, dan Model Seleksi Ujian Tertulis.

  8. Yeni Lestari Balas

    Tahapan lain masuk Perguruan Tinggi Negeri yakni melalui jalur Seleksi Mandiri. Terkait seleksi mandiri dalam situasi pandemi covid-19, ada beberapa perguruan tinggi yang tetap menyelenggarakan test, namun banyak diantaranya yang merubah model dan tata cara seleksinya. Demikian juga dengan Perguruan Tinggi Negeri lain, mereka membuat model seleksi yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun jika dikelompokkan, model seleksi tahun ini rata-rata didasarkan nilai UTBK tahun 2020, prestasi (nilai rapor dan atau piagam kejuaraan), serta perpaduan nilai UTBK dengan nilai rapor, dan lain-lain.

  9. Retno Nurcahyaningsih Balas

    Jalur seleksi mandiri merupakan hak otonomi tiap perguruan tinggi dalam menjaring para mahasiswanya. Tiap PTN boleh menentukan bagaimana model seleksinya, kapan waktu pelaksanaan seleksi, berapa biaya yang ditarik untuk mengikuti seleksi, dan lain sebagainya. Yang ditentukan oleh pemerintah hanya sebatas quota yang boleh diterima melalui seleksi mandiri. Seluruh PTN hanya diperbolehkan menerima mahasiswa baru jalur mandiri paling banyak 30% dari jumlah keseluruhan mahasiswa yang akan diterima di tahun akademik bersangkutan.

  10. WINI PUSPITA AYUNINGTYAS Balas

    Dampak dari COVID 19 mempengaruhi penerimaan mahasiswa tahun ini rata-rata didasarkan nilai UTBK tahun 2020, prestasi (nilai rapor dan atau piagam kejuaraan), serta perpaduan nilai UTBK dengan nilai rapor, dan lain-lain. Seluruh PTN hanya diperbolehkan menerima mahasiswa baru jalur mandiri paling banyak 30% dari jumlah keseluruhan mahasiswa yang akan diterima di tahun akademik bersangkutan. Terkait seleksi mandiri dalam situasi pandemi ini, hanya ada beberapa perguruan tinggi yang tetap menyelenggarakan test, namun banyak diantaranya yang merubah model dan tata cara seleksinya. Untuk mengikuti seleksi mandiri suatu PTN, yang perlu diperhatikan oleh calon mahasiswa baru adalah Biaya Pendidikan, Model Seleksi berdasar Nilai UTBK 2020, Model Seleksi Prestasi, Model Seleksi Prestasi Kejuaraan, serta Model Seleksi Ujian Tertulis.

  11. Tri wahyudati hapsati Balas

    Tahun akademik 2020/2021 adalah tahun penuh keprihatinan bagi para siswa. Lebih dari itu, lulusan SMA/SMK/MA dihadapkan kondisi gamang atas perubahan pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru, utamanya jalur ujian. Tahun lalu siswa calon mahasiswa baru menjalani test terlebih dahulu, baru setelah peroleh sertifikat nilai hasil UTBK mereka bisa mendaftar di prodi dan PTN yang sekiranya bisa menerima berdasar nilai yang dimiliki. Ada tahapan lain masuk Perguruan Tinggi Negeri yakni melalui jalur Seleksi Mandiri. Jalur seleksi mandiri merupakan hak otonomi tiap perguruan tinggi dalam menjaring para mahasiswanya. Dan terkait seleksi mandiri dalam situasi pandemi covid-19, ada beberapa perguruan tinggi yang tetap menyelenggarakan test, namun banyak diantaranya yang merubah model dan tata cara seleksinya. Pun demikian dengan PTN lain, mereka membuat model seleksi yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

  12. Nimas Ayu Balas

    Manurut saya, untuk bisa masuk lewat jalur sbmptn atau menggunakan tes mandiri diperlukan keyakinan 85% apalagi dengan banyaknya pesaing dari seluruh Indonesia. Apalagi, untuk mengikuti sbmptn di universitas favorit di Indonesia, seperti UGM, UI, dan UNY yang rata ratanya tinggi harus yakin dengan kemampuan diri sendiri, karena pesaing tidak hanya terdapat dari kota tersebut, tetapi dari seluruh Indonesia. Selain mengikuti sbmptn untuk masuk universitas, bisa mengikuti tes jalur mandiri atau jalur beasiswa yang dipilih berdasarkan rata rata rapot selama SMA.

  13. Dimas Permadi Balas

    Jalur seleksi mandiri merupakan salah satu cara masuk ke Perguruan Tinggi. Seluruh PTN hanya boleh mengambil 30% dari semua peserta seleksi pada akademik tahun tersebut.
    Hal yang harus diperhatikan bagi calon mahasiswa baru yang mengikuti seleski masuk perguran tinggi menggunakan jalur mandiri antara lain :
    A. Biaya Pendidikan
    B. Model Seleksi berdasar Nilai UTBK 2020.
    C. Model Seleksi Prestasi
    D. Model Seleksi Prestasi Kejuaraan
    E. Model Seleksi Ujian Tertulis

  14. Dimas Permadi Balas

    Seleksi Mandiri merupakan salah salah satu cara masuk ke dalam sebuah Perguruan Tinggi. Seluruh perguruan tinggi hanya diperbolehkan menampung 30% dari jumlah peserta yang mengikuti Seleksi Mandiri. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Calon Mahasiswa Baru dalam mengikuti Seleksi Mandiri, yaitu Biaya pendidikan, model selesksi melalui UTBK 2020, model seleksi prestasi, model seleksi prestasi kejuaraan, model seleksi melalui ujian tertulis

  15. Dimas Permadi Balas

    Menurut saya, jika ingin masuk universitas / perguruan tinggi melalui jalur seleksi mandiri sangat berat karena nantinya hanya dipilih 30% dari jumlah peserta yang mengikuti seleski mandiri. Seleski mandiri juga banyak pertimbangannya yaitu biaya kuliah serta berbagai macam model seleksi mulai dari prestasi hingga ujian tertulis.

  16. Danny Bimantara Balas

    Menurut saya karena dampak wabah virus Corona ini semua menjadi serba susah baik dibidang ekonomi, pendidikan,sosial,dan masih banyak lagi. Adapun perubahan yang mau tidak mau harus dijalani yaitu ujian Nasional ditiadakan,ujian sekolah tidak seperti biasanya,maupun perayaan kelulusan tidak semewah seperti biasanya. Karena adanya wabah virus ini kita semua harus berhati-hati dan selalu menjaga diri,rajin cuci tangan dan selalu membersihkan tempat-tempat yang kotor. Semoga wabah ini segera berakhir dan kita semua bisa beraktivitas seperti biasa.

  17. Agnes Jovita Sari Balas

    Model seleksi tahun ini rata-rata didasarkan nilai UTBK tahun 2020, prestasi (nilai rapor dan atau piagam kejuaraan), serta perpaduan nilai UTBK dengan nilai rapor, dan lain-lain.
    Hal yang harus diperhatikan:
    a. Biaya pendidikan
    b. Model seleksi berdasar nilai UTBK 2020
    c. Model biaya prestasi
    d. Model seleksi prestasi kejuaraan
    e. Model seleksi Ujian tertulis

  18. Agnes Jovita Sari Balas

    Model seleksi tahun ini rata-rata didasarkan nilai UTBK tahun 2020, prestasi (nilai rapor dan atau piagam kejuaraan), serta perpaduan nilai UTBK dengan nilai rapor, dan lain-lain.
    Hal yang harus diperhatikan adalah Biaya pendidikan, Model seleksi berdasar nilai UTBK 2020, Model biaya prestasi, Model seleksi prestasi kejuaraan, dan Model seleksi Ujian tertulis

  19. Agnes Jovita Sari Balas

    Saat ini model seleksi masuk Perguruan Tinggi rata-rata didasarkan nilai UTBK tahun 2020, prestasi (nilai rapor dan atau piagam kejuaraan), serta perpaduan nilai UTBK dengan nilai rapor, dan lain sebagainya
    Hal yang harus diperhatikan adalah Biaya pendidikan, Model seleksi berdasar nilai UTBK 2020, Model biaya prestasi, Model seleksi prestasi kejuaraan, dan Model seleksi Ujian tertulis

  20. Agnes Jovita Sari 01 Balas

    Saat ini model seleksi masuk Perguruan Tinggi rata-rata didasarkan nilai UTBK tahun 2020, prestasi (nilai rapor dan atau piagam kejuaraan), serta perpaduan nilai UTBK dengan nilai rapor, dan lain sebagainya
    Hal yang harus diperhatikan adalah Biaya pendidikan, Model seleksi berdasar nilai UTBK 2020, Model biaya prestasi, Model seleksi prestasi kejuaraan, dan Model seleksi Ujian tertulis

  21. Muhammad Rizky Agung Wahyu samudra Balas

    Muhammad Rizky Agung Wahyu samudra

    Menurut pendapat saya dengan adanya pandemi covid-19 seperti saat ini semuanya menjadi lebih rumit dan ribet. Misalnya dalam bidang pendidikan jika kita ingin masuk perguruan tinggi kita bisa masuk melalui jalur seleksi mandiri Dan terkait seleksi mandiri dalam situasi pandemi covid-19, ada beberapa perguruan tinggi yang tetap menyelenggarakan test, namun banyak diantaranya yang merubah model dan tata cara seleksinya. UGM, misalnya. Tahun-tahun lalu UGM senantiasa melaksanakan seleksi mandiri melalui jalur UTUL (Ujian Tulis), tahun ini ujian tulis ditiadakan. Seleksi di UGM untuk tahun ini menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020, nilai rapor, dan kriteria lain yang ditentukan kampus tersebut.Untuk mengikuti seleksi mandiri suaatu PTN, yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa baru diantaranya:
    Biaya pendidikan, model seleksi berdasar nilai UTBK, model seleksi prestasi,dll
    Semoga pandemi covid-19 segera berakhir dan tes masuk PTN juga bisa berlangsung dengan normal lagi..
    Aamiin…

  22. Anisa Yuliani Balas

    Tahap tahap mendaftar seleksi mandiri PTN,yang tentunya masing masing perguruan tinggi memiliki kriteria dari calon mahasiswa yang akan mendaftar dan hal hal yang harus diperhatikan untuk mendaftar Seleksi mandiri PTN,antara lain biaya pendidikan,seleksi kejuaraan dll.Namun dengan semua itu pendaftaran Mandiri PTN berjalan mengikuti Protokol kesehatan,karena adanya pandemi Covid 19

  23. NANDA BAGAS SETIAWAN Balas

    Seleksi Mandiri merupakan salah salah satu cara masuk ke dalam sebuah Perguruan Tinggi. Seluruh perguruan tinggi hanya diperbolehkan menampung 30% dari jumlah peserta yang mengikuti Seleksi Mandiri. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Calon Mahasiswa Baru dalam mengikuti Seleksi Mandiri, yaitu Biaya pendidikan, model selesksi melalui UTBK 2020, model seleksi prestasi, model seleksi prestasi kejuaraan, model seleksi melalui ujian tertulis

  24. NANDA BAGAS SETIAWAN Balas

    Seleksi Mandiri merupakan salah salah satu cara masuk ke dalam sebuah Perguruan Tinggi. Seluruh perguruan tinggi hanya diperbolehkan menampung 30% dari jumlah peserta yang mengikuti Seleksi Mandiri. calon mahasiswa yang akan mendaftar dan hal hal yang harus diperhatikan untuk mendaftar Seleksi mandiri PTN,antara lain biaya pendidikan,seleksi kejuaraan dll.Namun dengan semua itu pendaftaran Mandiri PTN berjalan mengikuti Protokol kesehatan,karena adanya pandemi Covid 19

  25. Rofino Adryanto Balas

    Dampak dari Covid-19 berpemgaruh besar pada sebuah pendidikan, terutama bagi lulusan SMK/SMA/MA yang akan lanjut ke sebuah perguruan tinggi. Sulitnya untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi dan mahalnya biaya yg di butuhkan untuk melanjutkan study ke perguruan tinggi. Tapi bila terkendala dengan biaya biasanya pihak perguruan tinggi akan mengadakan beasiswa untuk orang orang yg memiliki prestasi yg ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, namun terkendala dengan biaya.

  26. Beta Karisma Ramadhani Balas

    Seleksi mandiri merupakan salah satu cara masuk kedalam sebuah perguruan tinggiSeluruh PTN hanya boleh mengambil 30% dari semua peserta seleksi pada akademik tahun tersebut.
    Hal yang harus diperhatikan bagi calon mahasiswa baru yang mengikuti seleski masuk perguran tinggi menggunakan jalur mandiri antara lain :
    A. Biaya Pendidikan
    B. Model Seleksi berdasar Nilai UTBK 2020.
    C. Model Seleksi Prestasi
    D. Model Seleksi Prestasi Kejuaraan
    E. Model Seleksi Ujian Tertulis

  27. Beta Karisma Ramadhani Balas

    Seleksi mandiri merupakan salah satu cara masuk kedalam sebuah perguruan tinggiSeluruh PTN hanya boleh mengambil 30% dari semua peserta seleksi pada akademik tahun tersebut.
    Hal yang harus diperhatikan bagi calon pendaftar

  28. Beta Karisma Ramadhani Balas

    Seleksi mandiri merupakan salah satu cara masuk kedalam sebuah perguruan tinggi.Seluruh perguruan tinggi hanya diperbolehkan 30% dari perserta yang mengikuti.

  29. Yohana Dwi Lestyana Balas

    Masuk perguruan tinggi melalui seleksi mandiri harus memperhatikan biaya pendidikan, model seleksi berdasar nilai UTBK 2020, model seleksi prestasi, model seleksi prestasi kejuaraan, model seleksi ujian tertulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *