MANAJEMEN STRESS

Manajemen stres adalah pengelolaan keadaan jiwa, kemampuan untuk mencegah terjadinya stres atau setidaknya meminimalkan dampaknya terhadap kesehatan. Dengan bantuan manajemen stres, Anda dapat mengatasi stres fisik dan psikologis yang kuat, mencegah kelelahan profesional dan menjalani kehidupan yang aktif, produktif, dan memuaskan.

Apa itu stres kerja?

Istilah “stres” , dalam kaitannya dengan aktivitas profesional, didefinisikan sebagai salah satu dari banyak keadaan stres fisik atau psikologis sebagai respons terhadap faktor-faktor yang merugikan. Stres juga dapat bermanfaat, tetapi hanya dalam jumlah kecil, ketika itu mendorong kita dan membantu kita mencapai tujuan kita. Jika tegangan tinggi atau konstan, maka itu menyebabkan reaksi tubuh yang tidak spesifik dan tidak normal – proses fisiologis yang berbahaya dipicu.

Ketika kita berbicara tentang stres profesional, kita biasanya memaksudkan reaksi tubuh yang tidak spesifik yang sama, hanya disebabkan bukan oleh beberapa alasan abstrak, tetapi oleh masalah di tempat kerja.

Apa itu Stres

Stres biasanya dibagi menjadi akut dan kronis. Yang pertama adalah reaksi cepat dan kuat terhadap beberapa jenis rangsangan. Misalnya, jika Anda diserang di jalan, kemungkinan besar Anda akan mengalami stres yang ekstrem. Ini diekspresikan terutama secara fisiologis – tingkat hormon meningkat, yang akan membuat Anda membeku, atau, sebaliknya, memobilisasi sumber daya tubuh dan bertindak cepat.

Jika kita berbicara tentang stres profesional, maka ini kemungkinan besar adalah stres kronis – ini memiliki efek kumulatif, sehingga pada awalnya dapat dikacaukan dengan kelelahan biasa. Masalahnya adalah bahwa mentalitas kita melibatkan pertempuran dengan diri kita sendiri, menggunakan upaya besar untuk mencapai hasil. Jika Anda mengabaikan stres kronis, itu akan menyebabkan kelelahan – keadaan kelelahan psikologis dan fisik. WHO bahkan mengakui kelelahan profesional sebagai penyakit, setelah itu butuh waktu lama untuk pulih.

Tanda-tanda stres kronis:

  • Anda terus-menerus merasa lelah, bahkan di pagi hari ketika Anda bangun tanpa jam alarm.

  • Ada masalah dengan konsentrasi: sulit untuk berkonsentrasi pada aktivitas apa pun, tidak hanya di tempat kerja.

  • Jika Anda ingin bekerja sebelumnya, sekarang Anda harus memaksakan diri untuk melakukannya.

  • Praktis tidak ada momen positif dalam hidup.

  • Ada tanda-tanda desosialisasi: Anda tidak ingin berkomunikasi dengan siapa pun, dan jika harus melakukan kontak, Anda merasa canggung. Ada perasaan bahwa keterampilan sosial sedang hilang.

  • Produktivitas telah sangat berkurang, ini berlanjut selama beberapa minggu dan masalahnya tidak dapat diselesaikan dengan bantuan vitamin.

  • Anda terus-menerus sibuk, tetapi tidak ada perasaan produktivitas dan pekerjaan selesai.

  • Anda mudah tersinggung.

  • Ada masalah dengan berat badan – itu tumbuh dengan cepat, atau, sebaliknya, Anda dengan cepat menurunkan berat badan.

Ingatlah bahwa gejala-gejala ini tidak selalu menunjukkan stres kronis atau kelelahan. Pertama-tama, perlu untuk mengecualikan masalah hormonal atau masalah kesehatan lainnya. Jika Anda mencurigai burnout, konsultasikan dengan dokter dan lakukan pemeriksaan tubuh secara menyeluruh.

Mengapa Stres Kerja Terjadi

Untuk mengatasi stres profesional, pertama-tama kenali masalahnya. Cari tahu apa yang menyebabkan reaksi kronis:

Anda terganggu oleh sistem kerja yang tidak nyaman, tanggung jawab kerja, atau iklim dalam tim. Anda harus menghabiskan energi untuk mengklarifikasi hubungan, dan bukan untuk tugas, birokrasi tumbuh subur. Misalnya, untuk mendapatkan tanggapan dari rekan kerja, Anda perlu menulis permintaan dan menunggu beberapa hari.

Anda mengambil masalah ke hati, Anda memiliki rasa tanggung jawab yang meningkat. Penyebab stres dalam hal ini seringkali perfeksionisme – seseorang memarahi dirinya sendiri karena tidak melakukan pekerjaan dengan cukup baik.

Anda tidak menganggap manajer sebagai spesialis yang baik. Apakah Anda menganggap orang yang Anda laporkan sebagai spesialis yang baik? Apakah Anda yakin bahwa keterampilan dan kemampuannya sesuai dengan posisinya? Jika tidak, jiwa akan menolak perintahnya dan lambat laun akan menimbulkan stres.

Nilai kecil di tempat kerja. Sulit untuk menjadi produktif jika Anda tidak yakin bahwa seseorang membutuhkan pekerjaan Anda. Masalah ini sering memanifestasikan dirinya di perusahaan – perusahaan besar sedang menguji arah baru dan bersedia mengeluarkan uang bahkan untuk eksperimen yang gagal. Akibatnya, seseorang dapat bekerja selama beberapa tahun, tetapi semua proyeknya akan “dipanggang” – ini akan menurunkan motivasi dan menyebabkan stres.

Terlalu banyak pekerjaan adalah penyebab utama stres profesional. Reaksi abnormal terjadi ketika Anda memiliki terlalu banyak tugas, menghabiskan sebagian besar waktu Anda di tempat kerja dan Anda tidak lagi memiliki energi untuk hiburan, komunikasi, perawatan kesehatan, dan pengembangan diri.

Cara mengatasi stres

Stres juga berdampak negatif pada keadaan fisiologis – kita tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk apa pun. Karena itu, setelah mengidentifikasi masalahnya, Anda perlu “meningkatkan kelangsungan hidup Anda sendiri”, mendapatkan kekuatan untuk bertindak.

  • Mengatur jadwal tidur. Masuk ke ritme – pergi tidur pada waktu yang sama selama beberapa hari.

  • Perhatikan nutrisi Anda. Masak di akhir pekan sepanjang minggu, pikirkan terlebih dahulu apa yang akan Anda beli di ruang makan – buatlah agar Anda hanya makan makanan yang tepat pada waktu yang tepat, dan tidak membuang energi Anda untuk membuat keputusan. Jika tubuh sedang stres, memikirkan apa yang harus dimasak atau dibeli sekarang dapat menyebabkan lonjakan hormon.

  • Mulailah mengonsumsi vitamin (konsultasikan dengan dokter Anda).

  • Tambahkan aktivitas fisik. Selama stres, kortisol terakumulasi dalam tubuh, yang memiliki efek buruk pada tonus pembuluh darah. Berlatihlah untuk menghilangkannya. Pada tahap ini, Anda tidak perlu gym, cukup jalan cepat ke kantor atau berolahraga di pagi hari.

  • Ambil cuti beberapa hari.

Setelah berurusan dengan kondisi fisik dan mengumpulkan sedikit kekuatan, Anda perlu melanjutkan ke tahap berikutnya. Untuk pulih secara emosional, pertama-tama, isi hidup Anda dengan sesuatu yang menarik – atur pertemuan dengan teman, menghadiri acara budaya, berolahraga, lebih banyak berjalan.

Dan pada saat yang sama, perhatikan sumber stres – bagaimanapun, mereka tetap ada, yang berarti bahwa seiring waktu mereka dapat menyebabkan kelelahan lagi. Identifikasi sumber masalah dan cari jalan keluar dari situasi tersebut. Misalnya, jika organisasi kerja yang buruk mengganggu Anda, sesuaikan prosesnya dan tunjukkan dengan contoh Anda sendiri bagaimana mengaturnya. Mungkin Anda harus memperbarui resume Anda dan mencari pekerjaan baru atau mencoba pindah ke posisi lain di perusahaan Anda.

Hal utama dalam manajemen stres bukanlah untuk memotong bahu, tetapi untuk memperkenalkan perubahan secara bertahap. Dan cobalah untuk menemukan keseimbangan, karena pencegahan terbaik dari stres adalah perkembangan yang harmonis, dan bukan hanya relaksasi atau hanya bekerja.

Cara belajar manajemen stres yang efektif
Tidak mungkin mempelajari manajemen stres dari satu artikel – ia memiliki banyak alat, Anda perlu memahami kapan dan bagaimana menggunakannya dalam situasi yang berbeda. 
Jika Anda ingin memenangkan perang melawan stres, pahami sifat dan mekanisme proses ini, pelajari cara mengendalikan emosi, datanglah ke pelatihan 
“Manajemen Stres” dari para ahli Sekolah Manajemen Rusia.
Peserta pelatihan akan mempelajari cara kerja kecerdasan emosional dan apa rahasia perkembangannya. 
Mereka akan memahami ciri-ciri komunikasi yang kompleks sebagai faktor stres, belajar mengenali dan melawan manipulasi. 
Selain itu, guru kami akan berbicara tentang keseimbangan kerja dan waktu luang dan bagaimana menggunakan kebersihan mental untuk mencegah kelelahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.