KALIANGKRIK, LERENG SUMBING YANG MENAWAN

Kaliangkrik, sebuah kecamatan di Kabupaten Magelang yang lokasinya persis di lereng Timur Gunung Sumbing. Di kecamatan ini, terdiri atas 20 desa/kelurahan, dengan jumlah warga 54.790 jiwa berdasar sensus penduduk 2015. Luas wilayah kisaran 57,34 Km persegi, dengan ketinggian rata-rata 1500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Suatu ketinggian yang cukup membuat badan menggigil jika kita berkunjung di wilayah ini. 

Warga Kaliangkrik rata-rata hidup dari berkebun. Tanaman cocok di wilayah ini adalah tembakau dan sayur-sayuran. Sementara infra struktur berupa jalan, relatif memadai. Meski kecil, tapi sudah beraspal. Hanya saja di beberapa titik lokasi, rawan akan longsor. Pengendara mobil musti ekstra berhati-hati jika melewati jalanan desa di seputaran lereng gunung Sumbing ini. Tapi jika Anda berkunjung menggunakan sepeda motor, hmm…. sebuah tantangan yang amat mempesona.

Di wilayah Kaliangkrik terdapat beberapa titik base camp pendakian ke puncak gunung Sumbing (2512 Mdpl), diantaranya di desa Butuh, Adipura, Prampelan, dll. Jarak sampai puncak kisaran 1600 meteran, namun medan cukup terjal. Tantangan bagi para pecinta alam untuk menaklukan gunung satu ini.

Dengan berkembangnya teknologi internet yang merasuk ke pelosok-pelosok desa, menjadikan Kaliangkrik cukup dikenal. Obyek-obyek wisata spot selfy banyak bermunculan di wilayah ini. Paling terkenal saat ini spot Silancur Highland. Namun jika pengunjung berkenan menjelajah wilayah ini, apalagi dengan bersepeda motor, takkan jera mata memandang indahnya alam Kaliangkrik. Betapa indah mempesona alam wilayah ini.

Spot wisata di Kaliangkrik sekarang ini mulai dikelola secara profesional. Pengunjung bisa kapan pun dan jam berapapun berkunjung. Spot malam menghadirkan pemandangan indah kerlap-kerlip lampu di beberapa wilayah kota, diantaranya kota Ambarawa, Magelang, hingga Jogja terlihat indah menawan. Pengunjung bisa pula menyewa tenda untuk camping di wilayah ini. Hanya saja, jangan lupa penghangat tubuh musti dipersiapkan sebaik mungkin. Jam 10 siang udara masih relatif dinging di wilayah ini. Apa lagi malam.

Jika anda berkunjung ke wilayah wisata Kaliangkrik dengan berkendaraan pribadi, disarankan tangki bahan bakar mencukupi. Di wilayah ini sulit mencari penjual bahan bakar. Jika kehabisan bisa repot lah urusannya. Banyak wilayah yang masih sepi, jauh dari pemukiman. Apalagi medannya terjal menanjak dan curam menurun. Kendaraan yang dipakai musti kondisi prima.

Banyak cerita bisa kalian buat dengan datang berkunjung ke wilayah Kaliangkrik. Entah alamnya yang indah, hawanya yang sejuk, atau warganya yang ramah-ramah. Semua bisa menjadi cerita yang enak untuk dikenang.

Jika butuh informasi detail tentang spot-spot menawan di seputaran Kaliangkrik, silahkan hubungi nomor WA berikut: 081226640131. Ini nomor informasi pengelola Silancur Highland. Wilayah unggulan spot foto di Kaliangkrik.

Ok, nikmati hidup, berliburlah secara hemat dan sehat. Salam….

8 tanggapan pada “KALIANGKRIK, LERENG SUMBING YANG MENAWAN

  1. ADITYA WIRINITA NAYASARI Balas

    Sungguh luar biasa pemandangannya,kita sebagai manusia harus melestarikan lingkungan alam agar terjaga keindahannya

  2. Dhiva Aminatul Fadhila Balas

    Wisata di Kaliangkrik sangat menarik dan perlu dikembangkan lagi.

  3. Ririn Oktaviani Balas

    Pemandangan di Kaliangkrik sangat indah dan menarik untuk dikunjungi dan perlu dijaga kelestariannya

  4. Gilang Yoga Saputra Balas

    pemandangan di kaliangkrik sangat indah, oleh sebab itu orang orang pada suka dengan pemandangan itu

  5. DEVA EKA ARDIANSYAH Balas

    pemandangan di kaliangkrik sangat indah.maka karena itu kita harus melestarikan tumbuhan dan pepohonan yang ada di kaliangkrik asri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *