GANTUNGKAN CITA-CITA SEREALISTIS MUNGKIN

Saat Kanak-kanak dulu, jika ada yang bertanya besok kalau besar mau jadi apa?! Jawaban biasanya spontan dengan menyebut profesi-profesi membanggakan, diantaranya: “Jadi dokter, pilot, atau presiden”. Untuk masa kanak-kanak, jawaban macam itu memang tepat, sebagai pemicu semangat menatap masa depan yang cerah, dengan menggantungkan cita-cita setinggi mungkin.

Namun untuk masa sekarang, jika ada pertanyaan semacam masa kanak-kanak dulu, jawaban mustinya lebih obyektif-realisti didasarkan kenyataan yang dimiliki. Jika SMA ambil jurusan IPS, keinginan menjadi dokter atau pilot tentunya musti dikesampingkan. Pun demikian yang anak IPA, cita-cita jadi presiden kayaknya probabilitasnya 1 banding 250 juta. Teramat kecil prosentase tercapainya.

Lalu, bagaimana kita menjawab pertanyaan sama di masa kanak-kanak dulu dengan masa sekarang? Ada beberapa hal yang musti dipertimbangkan, diantaranya:

  1. Pahami Potensi Diri. Potensi diri bisa berupa kelebihan atau kekurangan yang dimiliki seseorang, baik itu berupa bakat bawaan atau hasil belajar. Potensi diri sebagai bakat bawaan, adalah keunggulan yang dimiliki sejak lahir. Misal: seseorang hanya dengan mendengar bunyi gitar, tanpa proses belajar dia pegang gitar langsung bisa memainkannya dengan teramat indah, maka itu yang disebut bakat bawaan. Beda lagi dengan orang lain, dia bisa juga memainkan gitar tersebut dengan lagu yang sama, tapi melalui proses belajar terlebih dahulu, maka ini yang dinamakan potensi diri hasil belajar. Adalagi yang sudah belajar sedemikian rupa untuk memainkan sebuah lagu, tapi tetap saja tidak bisa. Ini yang dikatakan tidak berbakat.
    Potensi diri banyak macamnya, diantaranya potensi diri bidang: sosial, naturalis, kemampuan musikal, pandang-spatial, logika, kinetis, inter dan intra personal, dan lain-lain. Memahami potensi diri bisa dilakukan melalui berbagai cara. Cara paling akurat menggunakan jasa psikolog dengan serangkaian test psikologis. Cara lain bisa juga dilakukan melalui pengamatan diri berdasar nilai rapor, atau bahkan pujian dan cemoohan orang disekitar kita. Sebagai contoh, ekplorasi diri berdasar nilai rapor. Jika nilai matematika kita selalu bagus selanjutnya kuliah ambil prodi matematika, maka itu pilihan tepat. Namun jika nilai matematika kita selalu rendah dan memaksakan diri kuliah ambil matematika, maka itu bentuk pemaksaan diri yang tidak masuk akal. Kita akan senantiasa dibuat tidak bahagia jika kita melakukan pemaksaan diri terhadap diri sendiri. 
    Sementara ekplorasi diri menggunakan penilaian orang lain, bisa juga dilakukan melalui pujian dan cemo’ohan kita terima. Misal, lukisan kita sering dipuji oleh orang lain. Maka itu menunjukan bahwa kita berbakat di bidang seni lukis. Pun sebaliknya, jika sering dicemo’oh, berarti kita tidak berbakat di bidang tersebut. 
  2. Eksplorasi Pilihan Karir Yang Sesuai. Setelah memahami potensi diri yang dimiliki, selanjutnya cari prospek karir yang relevan dan sesuai. Misal, seseorang pingin jadi arsitek, maka syarat utamanya adalah memiliki kemampuan bidang eksakta yang dipadu dengan kemampuan bidang seni, khususnya seni lukis. Jika dua syarat minimal tersebut dimiliki, maka kesempatan sukses di karir bidang arsitek akan semakin mudah diraih. Pun demikian dengan karir-karir yang lain. Semakin sesuai potensi diri dimiliki dengan karir direncanakan, maka tingkat sukses akan semakin besar peluangnya.
    Pemilihan karir masa depan berdasarkan potensi diri yang dimiliki haruslah obyektif-realistis. Bukan hanya sekedar senang. Kita merasa senang bahwa karir sebagai dokter memiliki masa depan yang cerah, tapi nilai mata pelajaran kita di mapel MIPA teramat rendah. Dengan kondisi semacam itu, jika kita tetap memaksakan diri ambil prodi kedokteran, dampak yang terjadi bisa berbagai macam. Kuliah kita bisa saja terhambat karena faktor kemampuan yang terbatas, dan kalau pun bisa menyelesaikan studi maka kemampuan profesional kita relatif terbatas. Akan kalah bersaing dengan kolega kedokteran lainnya. Bahkan, tantang kriminalitas bisa saja menjerat kita, jika salah dalam menangani pasien hingga berakibat fatal.
  3. Rencanakan Pendidikan yang Relevan. Setelah melakukan eksplorasi karir yang sesuai dengan potensi diri, selanjutnya rencanakan pendidikan yang relevan untuk meraih karir yang diinginkan. Lakukan ekplorasi terhadap perguruan tinggi yang memiliki prodi kita arah. Bagaimana nilai akreditasinya, peringkat dengan PT yang lain, cara seleksi, tingkat persaingan, dan lain sebagainya musti kita pahami jauh hari sebelumnya. Dengan kita memahami hal-hal tersebut, selanjutnya kita persiapkan diri untuk bisa lolos diterima di prodi/PT kita harapkan. Semakin bagus pendidikan di perguruan tinggi/prodi kita jalani, maka semakin dekat lah kesuksesan kita raih.
  4. Jalani Pendidikan dengan Keseriusan Penuh. Setelah lolos diterima di prodi dan perguruan tinggi diinginkan, jalani secara serius. Semakin baik nilai (IPK) diraih, dan semakin cepat waktu penyelesaian studi ditempuh, semakin terbuka karir direncanakan kita raih. Pun sebaliknya. Semakin rendah nilai komulatif kita raih, dan semakin lama proses pendidikan kita selesaikan, maka itu menjadi penilaian buruk bagi peluang kerja yang kita inginkan. Kerugian yang amat berarti.

Demikian barangkali sekedar perencanaan masa depan yang harus kita persiapkan sedini mungkin, agar tidak menyesal di kelak kemudian hari. Doa kami untuk sukses kalian semua.

154 tanggapan pada “GANTUNGKAN CITA-CITA SEREALISTIS MUNGKIN

  1. Cheryl Renanda Larasati

    Hal-hal yang kita harus mengerti sebelum menggapai cita-cita kita

  2. Ahmad naufal

    Betul, karena realstis dalam menggapai cita-cita sangat penting untuk tercapainya keinginan/ harapan di masa yang akan datang

  3. Fendi Aprito Dwika

    mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan cerah

  4. Dewi Rizka Amelia

    Jika kita inggin menggapai cita2 dengan baik yang menjadikan sukses, kita sebaiknya melihat beberapa hal yg harus di pertimbangkan dahulu sebelum melangkah kedepannya. Hal2 yang harus di pertimbangkan :
    1. Pahami potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh

  5. Nisfi lailati

    Jika ingin meraih cita cita harus memiliki kemampuan diri kita atau potensi yang kita miliki ,eksplorasi pilihan karir yang sesuai ,rencanakan pendidikan yang relevan ,jalani pendidikan dengan keseriusan penuh

  6. Nurmasdi Ridloni

    NURMASDI RIDLONI

    harus siap dalam mempersiapkan masa depan yang baik dan realistis

  7. Devita Valena C

    Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menentukan cita cita antara lain :
    – Memahami potensi diri
    – Mengeksplor pilihan karir yang sesuai
    – Merencanakan pendidikan yang relevan
    – Menjalani pendidikan dengan serius

  8. Ahmad rizki lukfian okapallo

    Buatlah cita citamu menjadi sebuah motivasi dalam menjalani kehidupan.
    tujuan : agar memiliki sebuah motivasi dan sesuatu yang ingin dicapai sehingga lebih bersemangat dalam menuntut ilmu.

  9. Muhammad Fathur Rohman

    Untuk mencapai kesuksesan diperlukan semangat dan pegangan yang tinggi. Pegangan itu salah satunya adalah cita cita, bila kita memiliki cita cita, tujuan hidup kita akan terarah yang musti dapat terencanakan sejak dini. Namun tidak lupa kita sebaiknya melihat beberapa hal yg harus di pertimbangkan dahulu sebelum melangkah kedepannya. Hal2 yang harus di pertimbangkan :
    1. Pahami potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh

    Bila potensi individu telah didapatkan alias sesuai dengan minat, maka prosespun akan berjalan dengan baik.

  10. Nur Laela Fitriyani

    semangat dan pegangan yang tinggi. Pegangan itu salah satunya adalah cita cita, bila kita memiliki cita cita, tujuan hidup kita akan terarah yang musti dapat terencanakan sejak dini. Namun tidak lupa kita sebaiknya melihat beberapa hal yg harus di pertimbangkan dahulu sebelum melangkah kedepann

  11. Kevin Aldebaran Tiando

    Kita sudah SMA harus mempunyai pemikiran yang objektif dan realistis untuk masa depan kita karena tidak seperti saat kita masih kanak-kanak. Beberapa pertimbangan juga harus kita pikirkan untuk meraih masa depan kita , berikut hal yang harus dipertimbangkan:
    1. Pahami potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan

  12. Annisa Dian Salsabila

    Ada beberapa yang harus dilakukan dalam menggapai cita-cita :
    1. Memahami tentang potensi diri,
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai,
    3. Rencana pendidikan yang relevan,
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh

  13. Rosalina Nanda .E

    untuk mencapai kesuksesan atau yang diwujudkan dengan cita-cita memerlukan pegangan dan semangat yang tinggi. supaya kedepannya kita yakin bahwa diri kita bisa mewujudkannya. adapun beberapa hal yang dapat dilakukan, diantaranya seperti :
    a. memahami tentang potensi diri, sebaiknya kita melakukan sesuai kemampuan tanpa paksaan
    b. eksplorasi pilihan karir yang sesuai, jangan memaksakan diri sendiri untuk seperti orang lain. kembangkan bakat yang dimiliki, supaya kita mendapatkan karir yang sesuai dengan potensi yang kita miliki.
    c. rencana pendidikan yang relevan, jangan memilah pendidikan hanya karena ingin seperti teman atau orang lain yang didekatmu. karena potensi dan bakat orang berbeda-beda
    d. jalani pendidikan dengan keseriusan penuh, usahakan selalu serius dalam menjalani pendidikan dan jangan menyepelekan.

  14. Ersa Permata Devi

    Agar berhasil dalam menggapai cita-cita kita harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya :
    1. Pahami potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh

  15. Nisrina Fauziah

    Kita harus mempunyai rencana untuk cita-cita kita di masa depan dengan memastikan apa potensi dan bakat dalam dari diri kita, menggali lebih jauh tentang jurusan perkuliahan yang menyangkut cita-cita kita tersebut, mencari tahu prospek kerja dari cita-cita kita, belajar dengan sungguh-sungguh dan tentunya selalu berdoa kepada Allah Swt.

  16. Asyam Adrian Setyanto

    Kita sudah SMA harus mempunyai pemikiran yang objektif dan realistis untuk masa depan kita karena tidak seperti saat kita masih kanak-kanak. Beberapa pertimbangan juga harus kita pikirkan untuk meraih masa depan kita , berikut hal yang harus dipertimbangkan:
    1. Pahami potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan

  17. Ervinna Nurizkytha

    Betul, harus memiliki cita-cita sesuai dengan bidang yg dijalani dan mengenali potensi dalam diri

  18. Rudi Wirayudha

    Kita harus serealistis mungkin menggapai cita cita, kenali potensi yang ada dalam diri kita dan jalani pendidikan dengan serius.

  19. Jihan Zalfa Husniah

    Di kelas XII ini sebaiknya kita sudah mulai menentukan jalan apa yang kita pilih kedepannya. Namun kitaa harus menimbang beberapa aspek untuk memutuskan jalan terbaik untuk masa depan, aspek tersebut adalah:

    1. Pahami Potensi Diri.
    2. Eksplorasi Pilihan Karir Yang Sesuai.
    3. Rencanakan Pendidikan yang Relevan
    4. Jalani Pendidikan dengan Keseriusan Penuh

    Sebaiknya kita merencanakan masa depan sedini mungkin agar tidak menyesal dikemudian hari. Pilihlahh masa depan yang sesuai dengan kemampuan.

  20. Sandi Faturrahman

    Betul sekali, kita harus meraih kesuksesan dan meraih cita-cita kita untuk bekal hidup masa depan yang pastinya akan kita jalani dikemudian hari, namun kita harus memperhatikan hal hal terkait untuk meraih kesuksesan:
    1. Pahami potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh

  21. ROSALIA ANTONI

    Iya untuk menggapai cita-cita kita perlu mengetahui potensi diri kita ada dimana dan passion kita dimana. Untuk itu kita harus lebih cermat mengetahui sesuatu tentang diri kita sendiri.

  22. Bagas Dwi Arfantyo

    Dalam menggapai cita-cita, kita harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya memahami potensi diri, mengeksplorasi pilihan karir yang sesuai, merencanakan pendidikan yang relevan, dan menjalani pendidikan dengan keseriusan penuh.

  23. Refi Naftila Nuraeni

    Agar berhasil menggapai cita-cita, kita harus memiliki rencana yang harus dipersiapkan dari sekarang dan untuk masa depan :
    1. Pahami potensi diri, kita harus mengetahui potensi dan bakat diri kita. Jika sudah mengetahui, kita harus mengasah potensi tersebut agar berguna di masa depan.
    2. Ekplorasi pilihan karir yang sesuai, harus mencari informasi-informasi tentang karir dan prospek kerja yang kita inginkan untuk lebih bisa mempelajarinya lebih dalam.
    3. Rencana Pendidikan yang relevan, kita juga harus mencari tau jurusan yang tepat dengan kemampuan yang kita miliki. Juga perguruan tinggi yang kita ingin tuju, harus direncanakan matang-matang agar tidak menyesal.
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh, harus belajar dengan sungguh-sungguh agar mencapai hasil yang maksimal. Disamping usaha juga harus diimbangi dengan doa.

  24. Valina ayu

    Betul, saat sudah meranjak remaja / dewasa harus mempunyai cita-cita yg realistis dan sesuai dengan Hal hal yang paling diminati, terutama bidang yang dikuasai. Untuk menggapai cita cita kita harus memahami potensi diri kita, untuk memilih pedidikan yang relevan agar kita menjalani pendidikan tersebut dalam keseriusan

  25. Valina ayu

    Pada saat sudah meranjak remaja / dewasa harus mempunyai cita-cita yang cocok buat diri kita dan sesuai dengan Hal hal yang paling diminati, terutama bidang yang dikuasai. Untuk menggapai cita cita kita harus memahami potensi diri kita, untuk memilih pedidikan yang relevan agar kita menjalani pendidikan tersebut dalam keseriusan.

  26. Valina ayu

    Dalam menggapai cita cita yang sukses kita harus mengetahui teknik tekniknya. Seperti, kita harus memahami potensi diri kita, didalam diri kita pasti punya potensi yang lebih dibidang apapun. Dalam salah satu bidang tersebut pasti ada yang lebih unggul dan kuasai bidang tersebut. Guna mengetahui potensi diri agar dapat memilih pendidikan/universitas dengan tepat.

  27. NIMAS AYU

    Untuk meraih cita cita yang kita inginkan kita harus memahami potensi diri yang kita punya dan juga harus kita seimbangkan dengan usaha kita sendiri untuk meraih cita cita impian kita.

  28. Rizky wahid al hasan

    Untuk meraih cita-cita yang kita inginkan kita harus memahami potensi diri yang kita punya dan juga harus kita pertimbangkan

  29. Muhammad Adiesta Maulana Halim (21)

    Benar, sebelum mengenal lebih dekat dengan cita cita kita,kita harus mengenal kemampuan kita terlebih dahulu.

  30. ADITYA WIRINITA NAYASARI

    Kita harus mempersiapkan diri dengan rajin belajar sejak dini,dan harus memahami potensi diri sendiri serta dengan berdoa kepada Allah SWT

  31. Wildan Fajrul Falah

    Jika kita inggin menggapai cita2 dengan baik yang menjadikan sukses, kita sebaiknya melihat beberapa hal yg harus di pertimbangkan dahulu sebelum melangkah kedepannya. Hal2 yang harus di pertimbangkan :
    1. Pahami potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh

  32. DEVA EKA ARDIANSYAH

    Jika ingin meraih cita cita harus memiliki kemampuan diri kita atau potensi yang kita miliki mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan cerah.
    -Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    -Rencanakan pendidikan yang relevan
    -Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh

  33. Gilang Yoga Saputra

    sebelum meraih cita-cita yang kita inginkan kita harus memahami potensi diri kita

  34. Dhiva Aminatul Fadhila

    Untuk meraih cita-cita kita perlu memahami potensi diri terlebih dahulu kemudian mulai mengembangkan potensi diri yang kita miliki

  35. Rendy Dwi Saputra

    Kita harus memahami potensi firi kita sebelum meraih cita”

  36. Bintang Tri Aji Pamungkas

    Kita harus percaya dengan potensi kita masing masing untuk meraih cita-cita yang cerah

  37. Angelica Erviana Putri

    Angelica erviana putri
    04
    X mipa 3
    Ada beberapa hal yang musti dipertimbangkan, diantaranya:
    1.Pahami Potensi Diri.
    2.Eksplorasi Pilihan Karir Yang Sesuai.
    3.Rencanakan Pendidikan yang Relevan.
    4.Jalani Pendidikan dengan Keseriusan Penuh.

  38. Satrio Sasongko Dwi Kuncoro

    Satrio s.d.k
    X MIPA 3
    32

    Kita harus mengejar mimpi kita dengan potensi diri kita masing masing dan yang terpenting kita harus memahami potensi diri kita

  39. SEPTI ANGGRAENI

    Jika kita ingin meraih cita cita kita harus memiliki kemampuan diri atau potensi yang kita miliki ,eksplorasi pilihan karir yang sesuai ,rencanakan pendidikan yang relevan ,jalani pendidikan dengan keseriusan penuh

  40. Muhammad Rizky Efansyah

    X MIPA 3/26
    Kita harus memahami potensi yang ada pada diri kita masing-masing

  41. Faisal Yusup

    Untuk meraih cita-cita kita perlu memahami potensi diri kita sendiri kemudian kita hanya perlu berlatih, belajar, dan mengembangkan potensi diri kita sendiri agar bisa sukses kedepannya

  42. Muhammad dafa ray stahanif

    M.DAFA RAY S.(24)
    XMIPA3

    CITA CITA MEMANG HARUS DIMILIKI,CITA CITA ADALAH SEBUAH ACUAN UNTUK KITA MEMULAINYA.AYO MULAI DARI SEKARANG BERUSAHA,BERDOA,DAN IKHTIAR UNTUK MENCAPAI MIMPI KITA

  43. Fayza Qhoirani Mayla Putri

    Fayza Qhoirani Mayla Putri
    17
    X Mipa 3
    Ada beberapa hal yang musti dipertimbangkan, diantaranya:
    1.Pahami Potensi Diri.
    2.Eksplorasi Pilihan Karir Yang Sesuai.
    3.Rencanakan Pendidikan yang Relevan.
    4.Jalani Pendidikan dengan Keseriusan Penuh.

  44. FARAHDINA NUR ARIFAH

    Hal yang musti dipertimbangkan, diantaranya:

    1. Pahami Potensi Diri
    2. Eksplorasi Pilihan Karir Yang Sesuai
    3. Rencanakan Pendidikan yang Relevan
    4. Jalani Pendidikan dengan Keseriusan Penuh

  45. BALQIS ZAHRA' SHABIHAH

    Untuk masa sekarang, jika ingin memilih cita-cita memang harus memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal yang bisa mendukung cita-cita yang diinginkan. Hal-hal yang harus diperhatikan yaitu potensi diri, mengeksplorasi pilihan karir yang sesuai, merencanakan pendidikan yang relevan, dan menjalani pendidikan dengan keseriusan penuh. Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal tersebut setidaknya tidak akan menyesal di kemudian hari.

  46. Fayza Qhoirani Mayla Putri

    Fayza Qhoirani Mayla Putri
    17
    X Mipa 3
    sebagai pemicu semangat menatap masa depan yang cerah, dengan menggantungkan cita-cita setinggi mungkin.

  47. Fayza Qhoirani Mayla Putri

    Fayza Qhoirani Mayla Putri
    17
    X Mipa 3
    sebagai pemicu semangat menatap masa depan yang cerah,dengan menggantungkan cita-cita setinggi mungkin

  48. Darmawan Fadhil Lukman

    Cita-cita memanglah penting untuk kita di masa depan, dengan cita-cita kita menjadi pribadi yang baik, maka kita harus memahami potensi yang dimiliki.

  49. Fayza Qhoirani Mayla Putri

    Fayza Qhoirani Mayla Putri
    17
    X Mipa 3
    railah cita-cita setinggi mungkin dengan memahami potensi diri anda sendiri

  50. Fayza Qhoirani Mayla Putri

    Fayza Qhoirani Mayla Putri
    17
    X Mipa 3
    kita harus memahami potensi diri kita sendiri untuk meraih cita-cita yang tinggi

  51. Regina Leila Shahada

    sebelum kita memilih apa cita-cita kita sebaiknya kita memahami potensi diri kita dulu agar kita bisa mempersiapkannya sejak kecil

  52. Fayza Qhoirani Mayla Putri

    Fayza Qhoirani Mayla Putri
    17
    X Mipa 3
    kita harus memahami potensi diri kita sendiri untuk meraih cita-cita yang tinggi,setelah memahami potensi diri sendiri cari prospek karir yang relevan dan sesuai

  53. Fayza Qhoirani Mayla Putri

    17
    X Mipa 3
    kita harus memahami potensi diri kita sendiri untuk meraih cita-cita yang tinggi,setelah memahami potensi diri sendiri cari prospek karir yang relevan dan sesuai

  54. Fayza Qhoirani Mayla Putri

    Fayza Qhoirani Mayla Putri

    kita harus memahami potensi diri kita sendiri untuk meraih cita-cita yang tinggi,setelah memahami potensi diri sendiri cari prospek karir yang relevan dan sesuai

  55. Aditya Apriyanto

    Saya setuju mesti ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, dalam menentukan profesi yang akan di wujudkan maka baiknya di pertimbangkan sedini mungkin agar kesempatan untuk berhasilnya lebih baik baik. Dan kita harus punya alasan tepat mengapa memilih profesi yang akan di wujudkan ,dan apa apa saja yang di perlukan untuk mencapai nya. Dan yang paling penting menomor satukan beribadah kepada Tuhan dan memohon diberikan kemudahan oleh Nya.

  56. Arvita Aulandini

    Arvita Aulandini
    05 / X MIPA 3
    Kita harus mengejar cita-cita kita dengan memahami potensi diri sendiri tetap giat belajar, berusaha, dan berdoa

  57. Zulhan Maharsa Kurniajati

    Zulhan Maharsa Kurniajati
    X MIPA 3
    36

    Ada beberapa hal yang musti di pertimbangkan diantaranya :
    1. Pahami Potensi Diri
    2. Eksplorasi Pilihan Karir Yang Sesuai
    3. Rencanakan Pendidikan Yang Relevan
    4. Jalani Pendidikan Dengan Keseriusan Penuh

  58. Widya Nur Annisa

    Widya Nur Annisa (35)
    X MIPA 3

    Jika ingin menggapai cita-cita kita harus percaya pada kemampuan diri, jangan biarkan pikiran negatif menguasai kita, selalu berdoa dan berusaha, dan jalani pendidikan dengan keseriusan

  59. Chasan Triyono Aji

    Kita harus mengejar mimpi kita dengan potensi diri kita masing masing dan mengembangkan potensi tersebut

  60. IKHSAN BUDI WICAKSONO

    IKHSAN BUDI WICAKSONO
    18
    X MIPA 3

    Cita cita bukanlah suatu pekerjaan tapi cita cita adalah tujuan kita di masa mendatang .
    Untuk menggapai kesuksesan atau yang diwujudkan dengan cita-cita memerlukan pegangan dan semangat yang tinggi .

    Hal yang dapat dilakukan, diantaranya seperti :
    a. Memahami tentang kemampuan diri .
    b. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai dengan kemampuan / bakat diri .
    c. Rencana pendidikan yang relevan tidak meniru pilihan teman atau orang lain .
    d. Menuntut ilmu dengan keseriusan .

  61. Nur Fajriatul Habibah

    Kita harus menggapai cita cita dengan memahami potensi diri, supaya bisa mempersiapkan secara matang. Belajar dengan rajin dan menjalaninya dengan bersungguh sungguh, dan berdoa.

  62. Nur Fajriatul Habibah

    menggapai cita cita dengan memahami potensi diri, supaya bisa mempersiapkan secara matang. Belajar dengan rajin dan menjalaninya dengan bersungguh sungguh, dan berdoa.

  63. Alifa Almasanti

    Dalam meraih cita-cita, kita perlu menyesuaikan dengan potensi yang ada di diri kita. Kita juga harus mengetahui tentang jurusan yang kita ambil, apakah bersangkutan dengan cita-cita kita / tidak.

  64. Nailah Khansa Alifah

    Untuk menggapai cita-cita, kita harus percaya pada kemampuan diri, jangan biarkan pikiran negatif menguasai kita, selalu berdoa dan berusaha, serta jalani pendidikan dengan keseriusan

  65. ARZAQA YOZAL PANGESTU

    ARZAQA YOZAL PANGESTU
    X MIPA 3
    06

    Harus yakin dengan kemampuan diri sendiri,bisa memahami potensi dan tekad diri sendiri untuk bisa mencapai kesuksesan dalam cita cita dan belajar sungguh sungguh

  66. Jevinsa Aulia Putri

    Jevinsa Aulia Putri (19)
    X MIPA 3
    Ketika kita memiliki cita cita haruslah kita capai dengan sesungguh mungkin, bisa dilakukan dengan cara:
    1. Memahami kemampuan yang dimiliki diri sendiri
    2. Eksplorasi diri dan pilih karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan serius.

  67. Evril praka ardenta

    Dalam meraih cita cita kita harus mrngetahui potensi diri kita sendiri dan tetap besungguh sungguh dalam meraih cita cita

  68. Evril praka ardenta

    Dalam meraih cita cita kita harus mrngetahui potensi diri kita sendiri dan tetap besungguh sungguh dalam meraih cita cita.

  69. Evril praka ardenta

    Dalam meraih cita cita kita harus mrngetahui potensi diri kita sendiri dan tetap besungguh sungguh dalam meraih cita cita Dan bedrdoa

  70. ARZAQA YOZAL PANGESTU

    Harus yakin dengan kemampuan diri sendiri,bisa memahami potensi dan tekad diri sendiri untuk bisa mencapai kesuksesan dalam cita cita dan belajar sungguh sungguh

  71. Karisma Nur Wahida

    Jika kamu ingin pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu , arahkan mulai dari kecil (sedini mungkin) agar sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

  72. Ananda Alfarhea

    menggapai cita cita dengan memahami potensi diri,eksplorasi pilihan karir yang Sesuai,perencanaan pendidikan yang relevan,serta jalani Pendidikan dengan Keseriusan Penuh untuk mewujudkannya.

  73. LINTANG OKTAVIANI

    mempersiapkan diri untuk menggapai cita cita

  74. Lilik Hendriawan X Mipa 3 / 22

    Berpotensilah demi meraih cita”

  75. Nanda bagas setiawan

    Untuk meraih cita-cita kita harus melihat potensi yang kita punya.

  76. Nanda bagas setiawan

    Untuk meraih cita-cita kita harus menyesuaikan bakat/potensi diri kita.

  77. Beta Karisma Ramadhani

    Penjelasannya cukup jelas dan mudah di mengerti itu adalah salah satu untuk kita merih atau menemukan bakat kita yang terpendam

  78. Arwina Tri Amanda Putri

    Arwina Tri Amanda P
    XII IPS 4
    04
    Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk meraih cita-cita kita, antara lain:
    1. Pahami potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh.
    Maka dari itu kita harus semangat dan berdoa. Untuk masa depan yang cerah, dengan menggantungkan cita-cita setinggi mungkin.

  79. Danny Bimantara

    Sangat betul sekali,karena serealistis sangat penting bagi kita untuk menentukan cita-cita kita dimasa depan dan kita harus menyiapkan diri kita untuk menentukan cita-cita kita di masa mendatang kalau tidak disiapkan maka masa depan kita akan suram.

  80. Khairi Fadhly

    Jadi begitu, saya menjadi mengerti tentang masa-masa kecil dengan masa remaja,dan tentang cita-cita, terimakasih pak

  81. Citra Dewi

    Cita cita memang sangatlah penting untuk masa depan kita , usaha serta doa insyaallah kita bisa menggapainya.

  82. Siska Agustina Sundari

    Sebelum meraih cita-cita kita harus mengetahui kemampuan kita.Kita harus melatih dan mengetahui potensi kita dalam meraih cita-cita.
    Siska Agustina Sundari
    XII IPS 4
    26

  83. Danis Lativa Azzukhruf

    Memahami potensi, memilih karir yang sesuai, merencanakan karir, serius menjalani pendidikan merupakan hal yang harus dimengerti dalam menggapai cita cita

  84. Siska Agustina Sundari

    Dalam meraih cita-cita ada hal yang perlu dipertimbangkan yaitu pahami potensi diri (kekurangan dan kelebihan diri kita),eskplorasi pilihan karis yang sesuai (pemilihan karir harus relevan dan sesuai dengan potensi diri kita),rencakan pendidikan yang relevan (untuk meraih karir yang diinginkan),jalani pendidikan dengan keseriusan penuh (setelah lolos diterima di sekolah yg terbaik,kita harus benar” serius menjalankan nya agak karir yang kita rencanakan tercapai)
    Siska Agustina Sundari
    XII IPS 4
    26

  85. Steven adi kurniawan

    Ada beberapa yang harus dilakukan dalam menggapai cita-cita :
    1. Memahami tentang potensi diri,
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai,
    3. Rencana pendidikan yang relevan,
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh

  86. Yeni Lestari

    Hal hal yang perlu diliat sebelum mengapai cita cita.Kita dapat mengali potensi yang ada pada diri sendiri sebelum meneksplorasi pilihan karir.Llau selanjutnya kita dapat menentukan pilihan pendidikan yang sesuai dengan potensi yang kita punya.

  87. Rofino Adryanto

    Hal hal yg harus di perhatikan dan di cari sebelum terjun dan menggapai cita cita
    1. Memahami tentang potensi diri,
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai,
    3. Rencana pendidikan yang relevan,
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh
    5. Mengganti pola pikir yg tidak merugikan sekitar

  88. Agnes Jovita Sari 01/ X IPS 2

    Dalam meraih cita cita saat ini kita harus berpikiran realistis. Bukan hanya sekedar keinginan tetapi harus sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki agar lebih mudah tercapai.

  89. Yohana Dwi Lestyana

    Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk meraih cita-cita kita, antara lain:
    1. Pahami potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh.
    Maka dari itu kita harus semangat dan berdoa. Untuk masa depan yang cerah, dengan menggantungkan cita-cita setinggi mungkin.

  90. Priscilla Hanya Rahmaputri (XIPS2)

    Dalam meraih cita cita kita membutuhkan potensi diri dan kemampuan kita, jangan memilih cita cita hanya karena gengsi. Jika kita memilih cita cita karena gengsi itu memaksakan diri sendiri, jika kita memaksakan diri sendiri kita tidak akan senang melakukan pekerjaan itu serta tidak ada semangat

  91. Fernanda rizky s

    Fernanda rizky
    XII IPS 4
    12

    kenali potensi diri , terus berusahaa , jangan mudah menyerah , sampai semua tercapai , pokoknya trabas aja lah anj

  92. Cahyo Agung Kurniawan

    Nama : Cahyo Agung Kurniawan
    Kelas : 12 IPS 4
    No : 05
    Dalam menggapai cita-cita kita harus bisa memperkirakan seberapa kemampuan diri kita untuk mewujudkan cita-cita tersebut,jangan sampai kita terlalu memaksakan diri untuk menggapai cita-cita tersebut padahal diri kita tidak mampu jika hal tersebut dipaksakan maka kita akan kesusahan untuk mencapai kesuksesan

  93. Seliana setyo ragil

    Sebagai manusia yang benar kita harus memikirkan dengan seksama apa cita cita yang tepat untuk diri kita sendiri yaitu cita cita yang sesuai keahlian dan bakat masing masing orang karena cita cita sangat penting bagi kehidupan masa yang akan datang

  94. Retno Nurcahyaningsih

    Jika kita inggin menggapai cita2 dengan baik yang menjadikan sukses, kita sebaiknya melihat beberapa hal yg harus di pertimbangkan dahulu sebelum melangkah kedepannya.

  95. Mutmainah

    Dalam meraih cita cita saat ini kita harus berpikiran realistis. Bukan hanya sekedar keinginan tetapi harus sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki agar lebih mudah tercapai.

  96. Muhammad Shakeel Arvianto

    Muhammad Shakeel Arvianto
    18
    XII IPS 4
    Sebelum menggapai cita cita,harus direncanakan sejak awal agar mudah tercapai cita cita nya dan juga kita harus mengenali terlebih dahulu apa potensi kita yang sebenarnya

  97. Muhammad Shakeel Arvianto

    Muhammad Shakeel Arvianto
    18
    XII IPS 4
    Sebelum menggapai cita cita,harus direncanakan sejak awal agar mudah tercapai cita cita nya dan juga kita harus mengenali terlebih dahulu apa potensi kita yang sebenarnya

  98. Muhammad Shakeel Arvianto

    Muhammad Shakeel Arvianto
    18
    XII IPS 4
    Sebelum menggapai cita cita,harus direncanakan sejak awal agar mudah tercapai cita cita nya (merencanakan semuanya sejak awal)

  99. Muhammad Shakeel Arvianto

    Muhammad Shakeel Arvianto
    18
    XII IPS 4
    Meraih cita cita harus memperhatikan kita harus mengetahui apa potensi dan apa kemampuan kita agar dapat meraih cita cita yang diinginkan

  100. Muhammad Shakeel Arvianto

    Jika ingin meraih cita cita kita harus melihat potensi dan kemampuan dalam diri kita dahulu, agar tercapai cita cita yang terbaik
    Muhammad Shakeel Arvianto
    18
    XII IPS 4

  101. Najwa Salsabila Saharani

    Artikel ini menarik dan menginspirasi. pesan yang saya dapat dari artikel ini pilihlah cita-cita yang sesuai dengan potensi diri, Setelah memahami potensi diri yang dimiliki, selanjutnya cari prospek karir yang relevan dan sesuai. Kemudian rencanakan pendidikan yang relevan dan jalani dengan penuh keseriusan.

  102. Dyah Lukita W

    dalam mencapai cita cita harus memperhatikan potensi diri, Rencanakan Pendidikan yang Relevan,Eksplorasi Pilihan Karir Yang Sesuai, dan menjalani Pendidikan dengan Keseriusan Penuh.

  103. Dyah Lukita Wardhani

    dalam mencapai cita cita harus memperhatikan potensi diri, Rencanakan Pendidikan yang Relevan,Eksplorasi Pilihan Karir Yang Sesuai, dan menjalani Pendidikan dengan Keseriusan Penuh.

  104. Muhammad Rizky Agung Wahyu samudra

    Memang benar kita harus menggantungkan cita-cita kita serealistis mungkin karena itu akan membantu kita untuk mencapai cita-cita yang diinginkan

  105. Dyah Komala Naranathadewi

    Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat karena, membantu saya dalam memikirkan cita cita yang akan saya gapai kedepannya dari potensi diri yang saya miliki. Serta tidak lupa untuk selalu mengasah potensi diri saya agar lebih baik untuk masa saat ini dan masa yang akan datang.

  106. Wiyoga alfikrasalam ramadhan

    artikel ini bermanfaat karena Membantu saya untuk menggapai cita cita

  107. Anisa Yuliani

    Berpikir cita cita dengan relevan dan realistis memang tepat,yang penting tetap bertanggung jawab atas pilihan kita dan apa yang kita dapatkan

  108. Rivan Rizky Sobirin

    Menurut saya hal itu memang harus kita lakukan agar tidak salah jalan dan agar kita dapat meraih kesuksesan di masa depan .

  109. Nashwa Alya Eishafina

    Artikel ini menkelaskan jika kita ingin menggapai cita2 dengan baik dan menjadikan diri kita sukses, kita sebaiknya melihat beberapa hal yg harus di pertimbangkan dahulu sebelum melangkah kedepannya. Hal2 yang harus di pertimbangkan yaitu:
    1. Pahami potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh

    X-MIPA 4 / 25

  110. Firda ayu octarika

    Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat karena, membantu saya dalam memikirkan cita cita yang akan saya gapai kedepannya dari potensi diri yang saya miliki dan menjalani pendidikan dg keseriusan

    12 IPS 3/08

  111. Bima sulthan setiaji

    Kenali potensi diri terus berusaha dam berdoa

  112. Tri wahyudati hapsari

    Presensi dulu ya
    1. Cheryl Renanda Larasati (04)
    2. Megie naria fatima (13)
    3. Wini Puspita (25)
    4. Nimas Ayu (18)
    5.Lisa Dwi Ariyani(12)
    6. Galuh Wulandari S (09)
    7. Sania Rasyida (22)
    8. Dimas Permadi (05)
    9. Muhammad Guruh (16)

  113. Tri wahyudati hapsari

    Untuk mengapai cita-cita kita, kita perlu untuk berusaha agar cita-cita yang kita inginkan tercapai. Maka dari itu perlu untuk memperhatikan hal-hal seperti kita harus memahami Potensi Di diri kita, Eksplorasi Pilihan Karir Yang Sesuai, Rencanakan Pendidikan yang Relevan dan Jalani Pendidikan dengan Keseriusan Penuh.

  114. Tri wahyudati hapsari

    Untuk mengapai cita-cita kita, kita perlu untuk berusaha agar cita-cita yang kita inginkan tercapai. Maka dari itu perlu untuk memperhatikan hal-hal seperti kita harus memahami Potensi Di diri kita, Eksplorasi Pilihan Karir Yang Sesuai, Rencanakan Pendidikan yang Relevan dan Jalani Pendidikan dengan Keseriusan Penuh.

  115. Tri wahyudati hapsari

    Untuk mengapai cita-cita kita, kita perlu untuk berusaha agar cita-cita yang kita inginkan tercapai. Maka dari itu perlu untuk memperhatikan hal-hal seperti kita harus memahami Potensi Di diri kita, Eksplorasi Pilihan Karir Yang Sesuai, Rencanakan Pendidikan yang Relevan dan Jalani Pendidikan dengan Keseriusan Penuh.

  116. Bintang Azzharaningtyas

    Artikelnya sangat membantu, terutama siswa siswa yang masih bingung ingin mempunyai profesi yang sesuai dengan jati dirinya tapi tidak bisa menentukan apa yang cocok, dengan membaca artikel ini siswa bisa termotivasi untuk memilih profesi apa yang cocok dengan dirinya.

  117. Bintang Azzharaningtyas

    Artikelnya sangat membantu, terutama siswa siswa yang masih bingung ingin mempunyai profesi yang sesuai dengan jati dirinya tapi tidak bisa menentukan apa yang cocok, dengan membaca artikel ini siswa bisa termotivasi untuk memilih profesi apa yang cocok dengan dirinya.

  118. Woro Widowati

    Artikelnya sangat membantu, terutama siswa siswa yang masih bingung ingin mempunyai profesi yang sesuai dengan jati dirinya
    Untuk mengapai cita-cita kita, kita perlu untuk berusaha agar cita-cita yang kita inginkan tercapai

  119. Muhamad Aqsal Zulhaj Adha

    Artikel ini membuat saya paham bagaimana menentukan cita-cita yang serealistis mungkin untuk diri saya.

  120. Paramita Ragil Palupi

    Menentukan masa depan dan cita cita memang harus mepertimbangkan banyak hal.
    Memahami potensi diri, mengeksplor pilihan karir, merencanakan pendidikan, dan menjalani pendidikan dengan serius merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, sedari dini kita harus memikirkan dan mempersiapkan diri untuk mendapat masa depan yang cerah.

  121. Lilis Setianingrum

    Kita harus memahami potensi, memilih karir yang sesuai, merencanakan karir, serta serius menjalani pendidikan untuk bisa menggapai cita cita.

  122. Zulida khoirunnisa

    Memahami potensi diri kita untuk memilih karir yang tepat dan meraih cita-cita

  123. Adelia Affa Salsabila

    musti dipertimbangkan, diantaranya:
    1.Pahami Potensi Diri.
    2.Eksplorasi Pilihan Karir Yang Sesuai.
    3.Rencanakan Pendidikan yang Relevan.
    4.Jalani Pendidikan dengan Keseriusan Penuh.

  124. Naufal Adani Wynanda

    Artikel ini menjelaskan jika kita ingin menggapai cita-cita dengan baik dan menjadikan diri kita sukses, kita sebaiknya melihat beberapa hal yang harus di pertimbangkan dahulu sebelum melangkah kedepannya. Hal-hal yang harus di pertimbangkan yaitu : pahami potensi diri, eksplorasi pilihan karir yang sesuai, rencanakan pendidikan yang relevan, jalani pendidikan dengan keseriusan penuh.

  125. Putera Farrel Elian

    kita bisa menggapai cita cita yang kita mau dengan mengetahui potensi diri sendiri , serius dalam menjalankan pendidikan dan merencanakan pilihan karir yang bakal kita capai di masa depan mendatang

  126. FARHAN RIZKY AKBAR W

    Memahami potensi, memilih karir yang sesuai, merencanakan karir, serius menjalani pendidikan merupakan hal yang harus dimengerti dalam menggapai cita cita

  127. LAILA ADZRA ATIKA

    Untuk menggapai cita-cita kita harus memahami potensi, memiliki karir yang sesuai, merencanakan karir, dan selalu serius menjalani pendidikan.

  128. M KHILMAN LUBBY

    Jika ingin meraih cita-cita kita harus menntukannya sejak usia dini dengan terus bertekad untuk menggapai cita-cita yang sesuai dengan apa yang kita inginkan.Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menentukan cita cita antara lain
    a.) Memahami potensi diri.
    b.) Mengeksplor pilihan karir yang sesuai.
    c.) Merencanakan pendidikan yang relevan.
    d.) Menjalani pendidikan dengan serius.

  129. Rizka Tsani Nur Arafati

    Cita-cita memang sangat penting untuk masa depan kita. Untuk menentukan cita-cita, kita harus tahu terlebih dahulu apa potensi dan kemampuan yang kita miliki. Dengan begitu kita bisa menentukan cita-cita yang sesuai dengan potensi diri kita. Setelah itu, kita bisa mengeksplorasi pilihan karis yang sesuai kemudian merencanakan pendidikan yang relevan dan menjalani dengan keseriusan penuh.

    X MIPA 4 / 32

  130. Akmal Mukti Yoga Ardhana

    Sangat betul sekali,karena sangat penting bagi kita untuk menentukan cita-cita dimasa depan dan kita juga harus menyiapkan diri kita untuk menentukan cita-cita kita di masa depan agar kita dapat menentukan arah tujuan dimasa mendatang. Kita juga harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum menentukan cita-cita, antara lain:

    a.) Memahami potensi diri.
    b.) Mengeksplor pilihan karir yang sesuai.
    c.) Merencanakan pendidikan yang relevan.
    d.) Menjalani pendidikan dengan serius.

  131. Nazla Qudsiya

    jika kalian ingin meraih cita², siapkan dari awal dan berusaha fokus terhadap cita² tersebut, mulai dari pembenahan diri sampai kepada jalan menuju kalian meraih cita² teesebut.

  132. Anindya Intan Pandini

    Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan cita cita :
    1. Pahami potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh
    Perencanaan masa depan harus dipersiapkan sedini mungkin, agar tidak menyesal di kemudian hari.

  133. Aynayya Ramadhani

    Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan cita2 yaitu:
    -.eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    -.pahami potensi diri
    -.menjalani pendidikan dengan serius
    -.rencanakan oendidikan dengan relevan
    Dan juga harus ada niat dan kesungguhan untuk mencapai cita2

  134. Aynayya Ramadhani

    Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan cita2 yaitu:
    -.eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    -.pahami potensi diri
    -.menjalani pendidikan dengan serius
    -.rencanakan oendidikan dengan relevan
    Dan juga harus ada niat dan kesungguhan untuk mencapai cita2

  135. Dimas Permadi

    Kita harus mempunyai cita – cita yang sesuai dengan potensi diri seperti kemampuan, minat, dan bakat.

  136. Dimas Permadi

    Kita harus mempunyai cita – cita yang sesuai dengan potensi diri seperti kemampuan, minat, dan bakat.

  137. Lisa Dwi Ariyani

    Cita cita memang sesuatu yang sangat ingin kita capai untuk keberhasilan hal tersebut hendaknya kita juga memperhatikan hal hal berikut:
    diantaranya memahami potensi diri, menjalani pendidikan yang serius, dan juga harus terus berusaha dan berdoa

  138. Thariq Hanif M.K

    Kita harus memiliki cita cita sesuai dengan keinginan diri kita tanpa ada paksaan orang lain. Tetapi juga harus menerima masukan dari orang tua.

  139. Danica Petrovski

    Hal yang perlu dipertimbangkan ketika ingin memilih Cita-Cita adalah memahami potensi diri, eksplorasi pilihan karir yang sesuai, rencanakan pendidikan yang relevan, dan menjalani segala pendidikan dengan penuh keseriusan.
    Hal-hal tersebut bisa kita jadikan perencanaan untuk masa depan. Dengan diimbangi dengan doa, Insha Allah apa yang kita cita – citakan dapat tercapai.

  140. Widya Fernanda

    Hal2 yang harus di pertimbangkan untuk meraih kesuksesan dimasa depan:
    1. Pahami potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan penuh

  141. ALFI RAKHMAYUDI

    Nama: Alfi Rakhmayudi
    Kelas: XII MIPA 2
    Nomor: 04
    Hal yang musti dimengerti untuk menggapai cita cita:
    1. Pahami Potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan

  142. Jihan faradhilla

    Hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan cita-cita:
    1. Pahami Potensi diri
    2. Eksplorasi pilihan karir yang sesuai
    3. Rencanakan pendidikan yang relevan
    4. Jalani pendidikan dengan keseriusan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.