EMPAT LANGKAH BELAJAR TERBAIK

Langkah ke 1 : Buat bagan waktu dari aktivitas Anda saat ini

Membuat grafik per jam akan memungkinkan Anda melihat bagaimana Anda menghabiskan waktu dari hari ke hari. Selama periode satu minggu, catat aktivitas harian Anda. Tuliskan waktu untuk kegiatan seperti bekerja, berada di kelas, waktu yang Anda habiskan di rumah bersama keluarga, dan waktu yang Anda habiskan bersama teman. Ini juga mencatat kapan Anda makan dan kapan Anda tidur. Setelah Anda melakukan ini selama seminggu, cari tahu ruang apa yang bisa Anda buat untuk belajar selama satu jam. Bagan ini dapat berguna untuk secara konsisten menentukan hari dan waktu apa yang dapat Anda dedikasikan untuk belajar.

 

Langkah ke 2 : Kembangkan program studi

Setelah Anda menentukan hari dan waktu yang tersedia untuk belajar, beri tanda. Menggunakan catatan rinci untuk menandai waktu, misalnya di kalender Anda, membantu Anda mengingatnya setiap kali Anda melihatnya. Lebih baik memiliki program tertulis yang memungkinkan Anda untuk tidak lupa. Melihatnya secara tertulis mungkin tampak lebih penting, seperti kunjungan ke dokter yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain itu, ada gunanya menuliskan subjek yang ingin Anda pelajari, sehingga Anda dapat mendedikasikan waktu yang diperlukan untuk setiap sesi belajar. Misalnya, Senin dan Kamis dapat dipesan untuk belajar matematika, sedangkan Selasa dan Jumat dapat didedikasikan untuk bahasa Inggris.

 

Langkah ke 3: Tentukan tujuan belajar Anda

Di awal setiap minggu, tentukan mengapa Anda perlu belajar dan apa yang ingin Anda capai dalam mata pelajaran tertentu. Apakah Anda ingin meningkatkan rata-rata pada kursus tertentu untuk mempertahankan rata-rata keseluruhan tertentu? Apakah Anda sedang mempersiapkan ujian yang sulit? Misalnya, jika Anda sedang belajar untuk ujian utama yang sedang berlangsung, ubah rencana studi Anda dua minggu sebelum ujian untuk memasukkan tinjauan ujian dan catatan lama ke dalam sesi Anda. Tetapi jika Anda tidak memiliki ujian yang akan datang, gunakan waktu belajar Anda untuk membaca satu bab ke depan untuk memahami pelajaran berikutnya. Anda perlu menyesuaikan rencana belajar Anda berdasarkan tujuan mingguan Anda, jadi pastikan untuk menganalisis apa yang Anda rencanakan untuk dicapai dari setiap sesi belajar.

 

Langkah ke 4: Patuhi jadwal Anda

Sebuah rencana studi dapat bekerja paling baik jika dlakukan secara konsisten. Anda harus mencoba mengembangkan rencana studi yang dibuat dan dilakukan pada setiap semester pembelajaran Anda. Karena jenis ujian biasanya berubah dari semester ke semester, maka Anda perlu mengevaluasi ulang rencana Anda dan memperbaikinya dari waktu ke waktu. Ingat, yang paling penting adalah tetap berpegang pada rencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.