CARA MEMPERKUAT TEKAD

Anda ingin menurunkan berat badan, tetapi nafsu makan serasa sulit dihentikan.

Anda tahu bahwa perlu berolahraga, tetapi rasanya teramat berat untuk bisa bergerak memulainya.

Anda ingin memulai sesuatu proyek besar dalam hidup Anda, tetapi perasaan segan menghantui tubuh untuk segera bergerak, karena badan terasa lelah.

Impian dan niat baik kita sangat kuat, nyata, dan menjanjikan kehidupan yang jauh lebih baik. Tapi pada saat hendak memulai, pada saat tiba waktunya untuk bertindak, rasanya seperti mengarungi air setinggi pinggang dengan beban berat terikat di kaki. Hati kita bersedia, pikiran dan tubuh menolak. Keinginan dan kemauan ada, semangat terasa tidak sejalan.

Ketika seseorang menjadi ahli dalam meluncurkan ide-ide tetapi gagal menyelesaikannya, harga diri pasti akan merosot. Pikiran seperti, “Saya lemah, saya malas, ini terlalu sulit bagi saya,” sering kali meracuni kepercayaan diri dan semakin melemahkan tekad. Untuk menyelamatkan muka, mungkin kita membuat alasan-alasan; terlalu sibuk lah, merasa tidak enak badan lah, tidak perlu berubah, atau apalah. Semua perilaku ini bagai “smoke and mirrors”, mengaburkan kebenaran dengan informasi yang menyesatkan dan tidak relevan. Membuat upaya jiwa kita tetap merasa nyaman dalam kelembaman dan status quo.

Seolah ada dua orang di dalam diri kita. Yang satu menginginkan segala sesuatunya nyaman, mudah, tidak rumit, langsung memuaskan, dan tidak berubah. Sedang yang lain tidak akan membiarkan yang pertama puas dengan status quo tersebut. Dan orang yang ke-dua inilah “diri kita yang potensial”, yang terus mencoba perubahan positif, pertumbuhan, dan perbaikan hidup. Namun, “kedua orang dalam diri kita” ini selalu dalam pertempuran konstan, dengan “status quo kita” lebih sering muncul daripada yang tidak.

Berdasar ilustrasi di atas, kesulitan seseorang dalam memulai sesuatu yang bagus tapi terkendala oleh “diri kita yang lain”, kebanyakan disebabkan tiga hal, yakni:

  1. Kurang bersemangat, yakni merasakan adanya keinginan tapi kalah kuat dari kemauan mendapatkan keinginannya tersebut. Dengan kata lain, semangat kita lemah.
  2. Kurang jujur, merasa bahwa itu bukan 100 persen tanggung jawabnya, maka merasa segan menyelesaikannya.
  3. Kurangnya informasi. Yakni tidak memiliki informasi praktis atau keterampilan untuk mengatasi penolakan dan tindak lanjut secara konsisten.

Ketiga hambatan di atas sebenarnya dapat diatasi, sehingga memungkinkan untuk memperkuat tekad mencapai apa saja yang mampu dicapai oleh pikiran dan tubuh kita. Berikut ini dijelaskan 12 strategi dalam memperkuat tekat, yakni:

  1. Lakukan penelitian. Sebelum memulai kebiasaan atau tujuan baru, beri diri Anda waktu untuk mengetahui dengan tepat apa yang terlibat dalam membuat perubahan yang direncanakan. Berapa lama waktu yang dibutuhkan? Bagaimana memasukkannya ke dalam hari Anda? Siapa lagi yang akan terpengaruh dan bagaimana Anda akan menghadapinya? Peralatan atau informasi khusus apa yang Anda butuhkan? Persiapan apa yang diperlukan? Apa yang harus Anda serahkan untuk mewujudkannya? Bagaimana hal itu akan memengaruhi hidup Anda setelah Anda mencapainya?
  2. Buat keputusan yang jujur. Berbekal pengetahuan dari penelitian Anda, buatlah pilihan yang tepat dan jujur. Apakah Anda bersedia melakukan pekerjaan yang terlibat untuk mewujudkan hal ini? Akankah hasilnya sepadan dengan usaha? Sulit untuk mengetahui dengan pasti sampai Anda mulai mengambil tindakan, tetapi Anda harus memiliki gambaran tentang apa yang akan terjadi sebelum Anda mulai menagih.
  3. Kurangi beban. Jika tujuan atau kebiasaan itu tampak menakutkan, keinginan Anda untuk bekerja keras akan hilang. Bagi menjadi tindakan atau tugas kecil, sederhana, dan singkat. Buatlah begitu mudah sehingga tidak terasa seperti tugas. Dengan kebiasaan baru, mulailah dengan lima menit sehari, setiap hari – secara perlahan tingkatkan waktu Anda selama beberapa minggu.
  4. Buat janji publik. Beri tahu orang-orang apa yang Anda lakukan. Umumkan ke teman, keluarga, di Facebook dan Twitter. Ketika Anda mengumumkan niat Anda, itu akan segera memperkuat tekad Anda. Komitmen publik mengubah pemikiran Anda tentang keseriusan Anda. Tidak ada yang mau dipermalukan di depan orang lain.
  5. Tetapkan akuntabilitas reguler. Ciptakan sistem akuntabilitas sehingga Anda dapat melaporkan tindakan, keberhasilan dan kegagalan Anda, setiap hari. Ini mungkin seorang teman atau bisa juga di Facebook atau di forum sejenis. Jangan hanya mengumumkannya sekali dan kemudian menghilang. Beri tahu dunia tentang kemajuan Anda.
  6. Harapkan kesulitan. Akan ada situasi kehidupan yang mungkin mencoba menghalangi upaya Anda. Dan sangat mudah untuk membiarkan mereka merusak pekerjaan Anda. Pikirkan terlebih dahulu kemungkinan masalah yang mungkin muncul dan putuskan bagaimana Anda akan menghadapi situasi ini. Putuskan sebelumnya apa yang akan Anda izinkan untuk mengganggu pekerjaan Anda dan tetap berpegang pada rencana.
  7. Gunakan self-talk positif. Ketika Anda ingin berhenti, pikiran Anda mulai mencari-cari alasan dan alasan untuk memberi Anda jalan keluar dari pekerjaan yang Anda lakukan. Sadarilah upaya pikiran Anda untuk menyabot Anda, dan dengan sengaja mulai mengatakan hal-hal yang mendukung dan positif kepada diri Anda sendiri begitu Anda merasakan perlawanan mental.
  8. Visualisasikan hasilnya. Visualisasi memiliki efek yang luar biasa kuat pada otak. Ini sebenarnya dapat mengubah jalur saraf di otak Anda untuk mendukung upaya fisik yang Anda lakukan. Luangkan beberapa menit sebelum mengambil tindakan terhadap kebiasaan atau tujuan Anda untuk memvisualisasikan diri Anda mencapainya.
  9. Pindah melewati kegagalan. Dibutuhkan latihan untuk memperkuat tekad dan menindaklanjuti hampir semua upaya. Dan jika Anda melakukan sesuatu yang berat, seperti diet atau olahraga, kemungkinan besar Anda akan gagal beberapa kali sebelum Anda berhasil. Kegagalan bukan berarti tidak bisa dilakukan. Ini mungkin berarti Anda memulai terlalu besar atau tidak merencanakan ke depan. Belajar dari kegagalan dan mulai lagi, perbaiki apa yang menurut Anda menyebabkan Anda menyerah. Berbaik hati kepada diri sendiri dan ketahuilah bahwa membangun tekad adalah pekerjaan yang sedang berlangsung.
  10. Coba satu per satu. Anda mungkin memiliki banyak tujuan dan banyak hal yang ingin Anda capai, tetapi sampai Anda memperkuat tekad Anda dengan satu upaya, jangan mencoba untuk menangani beberapa sekaligus. Mulailah proses memperkuat tekad Anda dengan sesuatu yang mudah. Saat Anda mencapai itu, lanjutkan ke upaya lain yang sedikit lebih keras. Bangun tujuan atau tugas yang sulit sehingga Anda tahu apa yang diharapkan dan bagaimana mengatasi gangguan atau masalah.
  11. Berlatih menyelesaikan dengan cara kecil setiap hari. Tanpa menilai keberhasilan atau kegagalan Anda, cobalah untuk menahan godaan kecil selama hari Anda (yaitu: ngemil, berselancar di internet terlalu lama, bergosip). Buktikan pada diri Anda sendiri bahwa Anda mampu melakukan tindakan disiplin diri kecil. Keberhasilan kecil ini akan mendukung upaya Anda yang lebih besar dalam memperkuat tekad.
  12. Terima tanggung jawab penuh atas tindakan Anda. Sebagian besar dari apa yang terjadi pada kita dalam hidup adalah hasil dari pilihan kita sendiri. Ya, memang ada beberapa hal yang di luar kendali kita, tetapi meskipun demikian, kita dapat memilih bagaimana menyikapinya. Kami bukan korban. Kita memiliki banyak pilihan yang dapat mengubah kualitas hidup kita. Ada kekuatan yang luar biasa di dalamnya.

Anda memiliki karunia otak yang kuat, tetapi terkadang ia memiliki pikirannya sendiri! Untungnya, Anda juga memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kekuatan itu dan menerapkannya pada tujuan tetap yang dapat meningkatkan kehidupan, kesehatan, dan kebahagiaan Anda. Jika Anda melatih tekad mental Anda, seiring waktu, Anda akan mengembangkan kekuatan mental dan kepercayaan diri untuk mencapai apa pun yang ingin Anda lakukan

38 tanggapan pada “CARA MEMPERKUAT TEKAD

      • Alifa Almasanti Balas

        Kita mempunyai impian untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik. Namun hal ini tidaklah mudah, kita perlu tekad yang kuat untuk mencapai itu semua. Setiap orang dalam memulai hal baik, pastilah memiliki kendala yang dapat berpengaruh untuk melemahkan tekad kita seperti kurang bersemangat, kurang jujur, dan kurangnya informasi. Namun kita dapat mengantisipasinya dengan melakukan penelitian, membuat keputusan dengan jujur, mengurangi beban, membuat janji publik, menetapkan akuntabilitas reguler, harapan kesulitan, menggunakan self-talk yang positif, visualisasikan hasilnya, pindah melalui kegagalan, mencoba 1 per 1, berlatih menyelesaikan masalah setiap harinya, tanggung jawab penuh atas tindakan kalian.
        Melatih tekad mental sangat lah baik, hal itu dapat meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri.

        • 4chsan PenulisBalas

          Terima kasih. Resume yang tepat atas motivasi yang kami kondisikan. Sehat semangat sukses dan bahagia selalu.

  1. eko Balas

    tulisan yang bagus menambah referensi saya dan teman-teman di paguyuban sebagai bahan diskusi sambil ngupi ngupi..tks om Yud

    • 4chsan PenulisBalas

      Terima kasih, pak Eko. Kunjungan yang amat membahagiakan. Salam sehat semangat dan sekses selalu.

      • Darmawan Fadhil Lukman Balas

        Membuat saya untuk semangat dan berpikir positif dalam berpikir.Mencoba sesuatu yang lebih mudah dahulu untuk dikerjakan.

        • 4chsan PenulisBalas

          Seseorang mau ke benua seberang, diawali dari langkah kecil dilakukan. Mulailah dari yang kecil, untuk meraih yang terbesar. Selalu bersemangat, ya….

    • Aurelia R Niken Balas

      sangat memotivasi, menambah wawasan dan membangkitkan semangat, tekad untuk meraih keinginan.

  2. ADITYA WIRINITA NAYASARI Balas

    Manfaatnya kita jadi mempunyai tekad yang mantap dan percaya diri dalam meraih cita cita

    • SATRIO SASONGKO DWI KUNCORO Balas

      Ini sangat bermanfaat sekali bagi saya /pun banyak pihak
      Dari sini saya bisa mengerti apa yang membuat tekat menurun dan tidak bersemangat lagi dan juga dari sini bisa tau strategi dalam memperbaiki /memperkuat tekat itu kembali

      • 4chsan PenulisBalas

        Itu lah yang saya maksud. Memahami, selanjutnya mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Doa saya untuk suksesmu….

  3. Karisma Nur Wahida Balas

    Manfaatnya saya menjadi tahu bagaimana cara untuk memperkuat tekad dan cara memperkuat semangat menjadi lebih baik.

    • 4chsan PenulisBalas

      Tepat sekali. Itulah yang saya maksud. Memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sukses untukmu, ya….

  4. Farahdina Nur Arifah Balas

    Menjadikan kita menjadi yang lebih baik menuntun kita ke dalam jalan yang benar dan lurus dalam menuju keberkahan.

  5. Lilik Hendriawan X Mipa 3 / 22 Balas

    terimakasih motivasi nya pak, saya jadi yakin kalau saya bisa dan mempunyai tekad dan harus ditekadkan 🙂

  6. Putera Farrel Elian Balas

    Dari penjelasan diatas, mempunyai kesimpulan bahwa tekad dalam hidup itu sangat dibutuhkan,tetapi membentuk tekad itu juga tak mudah bagi setiap orang seperti halnya kuranh jujur, kurang percaya diri, kurang bersemangat. Maka dengan adanya langkah langkah agar memiliki tekad yang kuat yang sudah dijelaskan, akan mempermudah seseorang memiliki tekad dalam hidupnya.

  7. Dwi Luthfiyana/12/x mipa4 Balas

    Terimakasih. Dari sini saya tau apa yang membuat saya tidak terlalu bersemangat/ malas melakukan sesuatu yg harusnya dilakukan. Dari sini, saya tau bagaimana cara untuk memperkuat tekat dan semangat tsb. Dan saya yakin say bisa memulainya 🙂

  8. Muhamad Aqsal Zulhaj Adha Balas

    Saya menjadi tahu beberapa cara agar menambah semangat tekad dan menghindari beberapa hal agar tidak melemahkan tekad saya

  9. Paramita Ragil Palupi Balas

    Cara memperkuat dan menumbuhkan tekad dan semangat dalam diri sangat kita butuhkan sebagai pelajar di situasi seperti sekarang ini

  10. Aynayya Ramadhani Balas

    Semakin menambah semangat untuk meraih cita cita untuk mempersiapkan masa depan,dan untuk belajar lebih giat.

  11. Naufal Adani Wynanda Balas

    Kita jadi mempunyai tekad dan cara memperkuat semangat dalam meraih cita-cita

  12. Lilis Setianingrum Balas

    artikel ini membuat saya lebih bertekad dan percaya diri untuk mencapai cita-cita saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *