CARA HEMAT QUOTA SAAT NONTON VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN

Situasi Pendemi Covid-19 menuntut pembelajaran siswa di sekolah di lakukan secara daring, utamanya di daerah-daerah zona merah. Dan nyaris semua menyadari bahwa pembelajaran daring yang paling efektif adalah jika dilakukan dengan bermediakan video. Hanya saja jika tidak tahu cara settingnya, pembelajaran daring bermedia video dianggap paling boros space penyimpanan dan juga quota internet, utamanya bagi mereka yang terkoneksi menggunakan jaringan seluler.

Salah satu solusi penghematan dalam melakukan pembelajaran daring bermedia video adalah dengan memanfaatkan channel YouTube sebagai media penyimpanan. Dengan kita menitipkan file video di channel YouTube banyak manfaat bisa diperoleh, diantaranya:

  • Hemat quota internet dan media penyimpanan. File video biasanya relatif lebih besar dibanding file-file lain. Jika file tersebut hendak di share secara langsung kepada siswa, maka butuh media penyimpanan dan quota internet yang relatif besar saat mengunggahnya. Pun demikian dengan siswa, butuh quota internet dan space penyimpanan yang relatif besar pula saat hendak menontonnya. Namun jika file video dititipkan di channel YouTube, guru cukup sekali mengunggah dan siswa bisa menonton berkali-kali tanpa perlu melakukan penyimpanan file video tersebut. Adapun terkait borosnya quota internet saat menonton video tersebut, siswa bisa melakukan setting resolusi video sesuai kebutuhan untuk keperluan penghematan.
  • Kapan pun dan dimana pun bisa diakses selama tersedia jaringan internet. Dengan menitipkan file video di channel YouTube, siswa bisa menonton video tersebut kapanpun dan dimanapun, selama tersedia jaringan internet. Dan tidak hanya siswa dari guru yang mengunggah video tersebut yang bisa menontonnya, tapi siswa atau siapapun di seluruh dunia bisa menontonya.
  • Bisa memberi nilai tambah berupa fee dalam bentuk US$ bagi pemilik channel. Jika video yang dibuat seorang guru memiliki urgenitas yang tinggi, maka bisa menjaring penonton yang relatif banyak. Apalagi jika dibuat menarik dan sesuai kebutuhan pemirsa, akan semakin banyak pula viewernya. Dan ini akan memberi keuntungan tersendiri manakala channel tersebut didaftarkan di Google Adsense. Fee dalam bentuk US$ bisa saja diperoleh dari setiap klik video yang diunggah.

Dan masih banyak lagi keuntungan-keuntungan lain bisa didapat jika seorang guru memanfaatkan channel YouTube untuk proses pembelajaran. Pertanyaannya adalah; Bagaimana solusi penghematan quota internet bisa dilakukan saat menonton video di channel YouTube? Paling mudah adalah dengan melakukan setting resolusi secara benar di gadget penonton video YouTube. Bagaimana caranya?

Setting resolusi video pada handphone:

  1. Buka video di channel YouTube, selanjutnya tap/klik di sembarang tempat layar monitor hp anda.
  2. Setelah muncul icon menu, tap titik 3 di pojok kanan atas hingga muncul jendela menu baru.
  3. Klik/tap Kualitas Video dan pilih angka yang kecil. Semakin kecil angka di pilih, semakin hemat quota internet kita.
  4. Selesai.

Setting resolusi video pada komputer desktop/laptop:

  1. Buka video YouTube dan geser mouse di sembarang tempat hingga muncul menu di pojok kanan bawah, dan klik icon roda bergerigi (setting/setelan).
  2. Klik Kualitas/Quality dan pilih angka terkecil. Semakin kecil angka dipilih, semakin hemat quota internet dikeluarkan.
  3. Selesai

Yang perlu diingat, setting resolusi bisa dilakukan manakala video ditampilkan bukan video iklan. Manakala video iklan muncul, maka pada saat itu tidak bisa melakukan setting resolusi. Tunggu selesai iklan, atau jika muncul pesan Lewati Iklan di klik saja, baru bisa setting resolusi video.

Dampak penurunan resolusi video adalah bertambah buramnya kualitas gambar video. Semakin kecil angka resolusi dipilih, semakin buram gambar ditampilkan. Solusinya adalah, uploader (guru yang mengunggah video) membuat video dalam resolusi gambar yang baik. Semakin tajam dan jernih gambar video kita buat, semakin relatif bagus gambar video ditonton saat resolusi diturunkan. Untuk keperluan ini, disarankan pengambilan gambar menggunakan kamera teknologi 4K (Ultra High Density), atau setidak-tidaknya kamera teknologi HD (High Density).

Lalu, berapa besar penghematan quota internet bisa dilakukan dengan teknik setting resolusi gambar video? Berikut tabel perhitungannya.

Penjelasan dalam bentuk video dapat dilihat di sini

52 tanggapan pada “CARA HEMAT QUOTA SAAT NONTON VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN

  1. Kevin Aldebaran Tiando Balas

    Ya saya setuju pembelajaran menggunakan youtube dapat menghemat penyimpanan dan juga kuota internet karena guru hanya satu kali meng uploud semua dapat melihat tidak perlu diulang ulang dan juga siswa juga bisa melihat tanpa mendownload yang memerlukan kuota dan ruang penyimpanan yang banyak. Dan bisa menghemat kuota saat menonton youtube dengan menurunkan resolusi kualitas vidio.

  2. Danny Bimantara Balas

    Ya saya setuju saran dari bapak guru karena menonton video di YouTube lebih hemat dibandingkan setiap saat membuka google clasroom. Video di YouTube juga bisa ditonton dimana saja kapan saja dan juga lebih hemat penyimpanan tapi sekali beli paketan unlimited harganya mahal sekali.

  3. Danny Bimantara Balas

    Ya saya setuju atas saran bapak guru pembelajaran menggunakan Vidio di YouTube karena lebih menghemat kuota dan penyimpanan dan video nya bisa ditonton kapan saja dan dimana saja dan kita bisa mengatur resolusi video tetapi sekali beli paketan unlimited harganya mahal sekali.
    Terimakasih….

    • Beta Karisma Ramadhani Balas

      Saya setuju dengan pendapat bapak ibu karena jika penyimpanan cuma 2gb udah terkurang apk baru belum pembaruannya jadi jika yang penyimpanannya lebih enak belajar yang di youtube karena cuma membutuhkan apk youtube dan kuota yang tidak terlalu banyak
      Trimakasih….

    • Muhammad Rizky Agung Wahyu samudra Balas

      Ya, saya setuju pembelajaran lewat YouTube karena jika file video dititipkan di channel YouTube, guru cukup sekali mengunggah dan siswa bisa menonton berkali-kali tanpa perlu melakukan penyimpanan file video tersebut.
      Kita bisa menghemat kouta saat menonton video di YouTube dengan cara menurunkan resolusi kualitas video.
      Terimakasih..

    • ARDDIANTO AGUSTA KURNIAWAN Balas

      Terimakasih atas saranya bapak
      saya jadi tau bagaimana cara menghemat kuota saat nonton video di youtube dalam pembelajaran daring

  4. AJI DAMAR SETYOWICAKSONO Balas

    Setuju menggunakan you tube menjadi lebih mudah untuk menonton video

  5. Yohana Dwi Lestyana Balas

    Saya setuju pembelajaran dengan youtube karena menghemat kouta

  6. Fauzi Rizki Romadhon Balas

    Saya setuju karena supaya hemat kouta dan penyimpanan karena di simpan di chanel sendiri untuk memudah kan kita menontonnya terimakasih 🙏

  7. Priscilla Putri Balas

    Ya saya setuju karena dapat menghemat penyimpanan, namun tetapi jika pembelajaran dilaksanakan di youtube akan kesusahan jika sinyal dirumah tidak mendukung

  8. Yosua alfa putra lesmana Balas

    Saya setuju dengan pembelajaran melalui video youtube karena bisa mengurangi resolusi dalam video nya agar tidak terlalu boros

  9. Hervina Febryanty Balas

    Saya setuju atas saran bapak guru tentang pembelajaran menggunakan media YouTube karena itu bisa menghemat kuota dan penyimapan

  10. Hervina Febryanty Balas

    Saya setuju atas saran bapak guru tentang pembelajaran menggunakan media YouTube karena itu bisa menghemat kuota dan penyimpanan

  11. Ayu annisa Balas

    Saya setuju jika pembelajaran menggunakan vidio di youtube karna dapat menghemat kuota dan vidio diyoutube bisa didownload jadi bisa menghemat kuota. Dan bisa menghemat penyimpanan

  12. Ayu annisa Balas

    Saya setuju jika pembelajaran menggunakan vidio di youtube karna bisa menghemat kuota dan penyimpanan . Vidio di youtube juga bisa di download jadi bisa ditonton kapan saja.

  13. DEVANDY RYAN MYRGIARTONO Balas

    Menurut saya belajar menggunakan Youtube kurang efektif,sebaiknya menggunakan Whatsapp atau Japri,tapi Jika menggunakan Youtube bisa Terpelajari langsung,seperti bertatap Muka
    Terima kasih┤┐

  14. Andika raka Balas

    Terima kasih bapak sudah memberikan saran saran untuk pembelajaran daring dan saya juga sangat setuju dengan saran bapak

  15. Nurlaela Santika Balas

    Saya setuju dengan saran yg di berikan pembelajaran dengan menggunakan YouTube bisa di simpan dan di tonton berulang sehingga jika ada pembelajaran yg kesulitan bisa di tonton kembali YouTube tersebut

  16. Agnes Jovita Sari Balas

    Ya saya setuju dengan penurunan resolusi tersebut. Karena bisa menghemat kuota internet yg saat ini banyak digunakan. Untuk penggunaan youtube saya juga setuju karena akan menghemat ruang penyimpanan sehingga dapat digunakan untuk keperluan lain. Terimakasih

  17. Rofino Adryanto Balas

    Saya setuju belajar menggunakan youtube dan belajar menggunakan aplikasi yang tidak terlalu memakan internal dan kuota yg bnyk.
    Maka akan susah di akses oleh orang yang memiliki masalah dengan internal
    Sebaiknya belajar menggunakan youtube (Live)
    Supaya lebih mudah di pahami.

  18. Najwa Salsabila Saharani Balas

    Dalam artikel ini saya setuju jika pembelajaran menggunakan media video dan bisa kita tonton di YouTube. Karena disini juga dijelaskan menonton video di YouTube dapat lebih menghemat kuota dengan cara kita mengatur resolusi videonya. Selain itu kita juga tidak perlu menyimpan atau mengunduhnya ke dalam memori handphone yang dapat membuat memori handphone kita penuh.

  19. Khairi fadhly Balas

    Bagus saya menjadi lebih banyak tahu agar bisa menghemat menggunakan kuota internet dengan adanya beberapa setting resolusi video pada handphone, maupun di laptop dan komputer

  20. Wiyoga alfikrasalam ramadhan Balas

    Saya setuju dengan saran pak guru dengan adanya artikel ini dapat membantu saya untuk menghemat quota.saya pun setuju dengan pembelajaran menggunakan youtube karena lebih mudah dimengerti,dapat menghemat penyimpanan dan quota internet.
    Terimakasih…..

  21. Anisa Yuliani Balas

    Saya setuju dengan pendapat dan saran dari bapak,dengan menggunakan video untuk pembelajaran memang lebih menarik karena ada unsur visual,san suara,namun terkadang signal mengahambat,karena tidak semua daerah memiliki signal yang stabil

    • Choir Gusta Mahardika Balas

      Saya setuju dengan saran dari bapak, karena pembelajaran dengan video akan lebih mudah dimengerti, video yang ada diyoutube membuat kita tidak harus menyimpan video tersebut dan akan menghemat penyimpanan

    • Aynayya Ramadhani Balas

      Youtube merupakan solusi tepat untuk pembelajaran daring,apalagi kita dapat menggunakan youtube jika tahu settingnya dengan tepat sehingga tidak terlalu boros

  22. M KHILMAN LUBBY Balas

    Ya, saya setuju pembelajaran lewat YouTube karena file video dititipkan di channel YouTube, guru cukup sekali mengunggah dan siswa bisa menonton berkali-kali tanpa perlu melakukan penyimpanan file video tersebut.
    Kita bisa menghemat kouta saat menonton video di YouTube dengan cara menurunkan resolusi kualitas video. dan kita juga tidak perlu cape cape untuk login seperti yang sebelumnya karena dengan YouTube kita bisa mengakses kapan saja.

    Terimakasih.

  23. Kayla Triananda Balas

    Saya setuju dengan saran dan pendapat bapak, dengan menggunakan Youtube saya dapat lebih memahami pembelajaran dan dapat menghemat penyimanan di HP saya, dan sekarang saya mengerti cara menghemat quota saat mengikuti pembelajaran di Youtube

  24. Bintang Azzharaningtyas Balas

    Saya setuju dengan artikel ini, mengirim video di Youtube akan membantu siswa untuk melihat video pembelajaran tanpa takut penyimpanan habis dan bisa diakses kapanpun. Selain itu resolusi video bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

  25. Paramita ragil palupi Balas

    Saya setuju jika pembelajaran dilakukan di youtube, guru dan siswa sama sama diuntungkan dari youtube sendiri. Guru lebih mudah menayangkan video dan bisa jadi mendapat fee, sedangkan siswa dapat mendownload video jika video dapat didownload juga siswa dapat menonton berulang-ulang. Akan tetapi, jika video yang dibuat oleh guru tidak maksimal dan siswa menurunkan resolusi video, video tidak akan jelas dan membuat siswa kebingungan.

  26. Muhamad Aqsal Zulhaj Adha Balas

    Jadi, disaat kita menonton video di youtube kita bisa menghemat kuota dengan mengatur resolusi video. Semakin kecil resolusi semakin hemat kuota yang digunakan. Namun hal ini berdampak pada gambar video yang akan menjadi buram, semakin kecil resolusi semakin buram. Namun hal ini bisa diminimalisir jika sang pembuat video membuat gambar videonya yang tajam

  27. Danica Petrovski Balas

    Saya setuju dan sependapat dengan bapak, menggunakan video sebagai sarana pembelajaran membuat siswa menjadi lebih giat belajar karena lebih menarik, dan mudah dipahami. Setelah membaca artikel ini saya mejadi tahu bagaimana cara menghemat kuota dan dapat mengetahui berapa jumlah kuota yang dibutuhkan saat menonton video di YouTube.

  28. PUTERA FARREL ELIAN Balas

    Saya setuju dan terbantu dengan apa yang disarankan dari bapak. Dengan adanya hal tersebut,saya menjadi tau dan paham cara menghemat Kuoto internet saat menonton YouTube dan menghemat penyimpanan memori handphone. Adanya itu, saya bisa belajar dengan tenang tanpa khawatir kuota internet habis dan ruang penyimpanan menjadi penuh

  29. Surya Adjie Pangestu Balas

    penghematan quota internet dengan cara itu bisa berguna ,tetapi penggunaan data pada aplikasi lain yang digunakan untuk daring juga relatif besar .Jadi solusinya untuk penghematan quota untuk aplikasi lain yang digunakan untuk daring seperti apa?

  30. Rizka Tsani Nur Arafati Balas

    Saya setuju pembelajaran lewat YouTube, lebih praktis, karena guru tinggal menitipkan file video di channel YouTube, guru cukup sekali mengunggah dan siswa bisa menonton berkali-kali tanpa perlu menyimpan atau mengunduh file video yang dapat membuat memori hp penuh.
    Kita bisa menghemat kouta saat menonton video di YouTube dengan cara menurunkan resolusi kualitas video, walaupun semakin kecil resolusinya, semakin buram kualitas videonya.
    Terimakasih.

  31. Akmal Mukti Yoga Ardhana Balas

    Saya setuju dengan artikel ini jika pembelajaran menggunakan media video dan bisa kita tonton di YouTube. Karena lebih mudah di akses oleh siswa dan menonton video di YouTube dapat lebih menghemat kuota dengan cara mengatur resolusi videonya. Disamping itu kita juga tidak perlu mengunduhnya ke dalam memori internal handphone yang dapat membuat memori handphone kita penuh dan mempengaruhi kinerja Handphone tersebut.

  32. Adelia Affa Salsabila Balas

    Saya setuju dengan penjelasan diatas , lumayan efektif dan dapat dipahami dengan mudah , saya berharap pandemi ini segera berakhir dan kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan disekolah tanpa media internet

  33. Muhammad Tri Joko Balas

    Saya setuju dengan metode pembelajaran menggunakan YouTube, Karena dapat menghemat ruang penyimpanan pada hp.tetapi yang menjadi kendala adalah saat akan mengisi kuota unlimited,Karna terlalu mahaky

  34. LAILA ADZRA Balas

    Saya setuju dengan artikel ini karena saya menjadi lebih paham bagaimana cara menghemat penggunaan kuota internet dengan adanya beberapa setting resolusi video di YouTube melalui handphone/laptop.
    Dan saya sependapat dengan pembelajaran melalui video dari pada diberi materi kemudian dibaca/dipelajari sendiri, karena setiap siswa memiliki kemampuan sendiri untuk dapat menangkap materi yang dipelajari. Dan saya lebih paham dan cepat mengingat jika materi tersebut diberikan secara langsung/melalui video.

  35. Dwi Luthfiyana Balas

    saya sangat setuju jika para guru bisa menggunakan video melalui youtube apalagi disajikan dengan menarik, itu membuat siswa lebih paham, guru juga bisa mendapatkan keuntungan dari hal itu.. jadi sama sama mutualisme…
    untuk cara biar bisa menghemat kuota itu bermanfaat sekali bagi kami, khususnya saya, jadi bisa menghemat biaya… terimakasih pak

  36. Zulida khoirunnisa Balas

    Ya saya setuju, karena belajar melalui vidio di Youtube lebih menghemat kuota dan penyimpanan

  37. Anindya Intan Pandini Balas

    Saya setuju dengan solusi bapak, melakukan pembelajaran daring dengan memanfaatkan video YouTube sangat efektif karena dapat ditonton dimanapun, menghemat kuota serta penyimpanan.

  38. Naufal Adani Wynanda Balas

    Saya setuju dengan pendapat dan saran dari bapak, terimakasih pak….

  39. LILIS SETIANINGRUM Balas

    Saya setuju dengan saran yang diberikan bapak, karena dengan menggunakan video untuk pembelajaran lebih menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, dengan adanya artikel ini saya menjadi lebih tau tentang cara menghemat kuota.

  40. RIFKI SAVIRA WIDYANINGRUM Balas

    ya saya setuju pembelajaran lewat youtube karena jika kita menurunkan resolusi dari videonya, maka kuota yg kita pakai tidak terlalu banyak atau semakin sedikit. Hal tersebut dapat menjadi solusi bagi kita yg ingin menghemat pengeluaran kuota internet.

  41. Rivan Rizky Sobirin Balas

    Kesimpulan nya adalah jika ingin berhemat kouta tonton vidio dengan kualitas rendah

  42. Falisha Muthia sekar boruni batubara Balas

    Saya sangat setuju dengan pendapat bapak,Karena dengan menonton vidio vidio lebih efektif dan lebih mudeng,Karena dengan vidio pembelajaran Akan lebih MENARIK dan tidak membosan kan,namun kadang sinyal menghambat pembelajaran Karena tiap siswa daerah rumah nya berbeda
    Setelah Saya membaca artikel ini Saya lebih paham Cara menghemat quota itu seperti apa

  43. Farhan Rizky Akbar W Balas

    Saya setuju dengan pembelajaran melalui video youtube karena bisa mengurangi resolusi dalam video nya agar tidak terlalu boros

  44. Nazla Qudsiya Balas

    kesimpulannya adalah semakin kecil resolusi semakin buram gambar tapi semakin hemat dan pendapat saya adalaah kurang setuju, karena diperlukannya gambar yang jelas agar materi pembelajaran bisa dipelajari dengan baik, oleh karena ituu tidak apa² jika quota sedikit boros, tetapi pembelajaran jadi lebih jelas dan mudah dipahami

  45. Listya Maharani Balas

    ya , dengan kita menitipkan file video di channel YouTube banyak manfaat bisa diperoleh yaitu hemat quota internet dan media penyimpanan file video biasanya relatif lebih besar dibanding file-file lain , bisa akses dimana pun dan kapan pun selama tersedia internet. Walaupun resolusi rendah setidaknya kita mendapatkan materi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *