BERFIKIR POSITIF

Berfikir positif dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Hasil penelitian yang melibatkan 70.000 wanita pada periode waktu antara 2004 hingga 2012 menemukan bahwa, mereka yang selalu berfikir positif memiliki risiko kematian jauh lebih rendah dibanding yang selalu pesimistis, yang diakibatkan oleh penyakit utama kematian, yakni: serangan jantung, stroke, kanker (termasuk payudara, ovariumparu-paru, dan kolorektal kanker), infeksi serta penyakit pernapasan.

Adapun manfaat lain dari berpikir positif meliputi: kualitas hidup yang lebih baik, tingkat energi yang lebih tinggi, kesehatan psikologis dan fisik yang lebih memadai, pemulihan lebih cepat dari cedera atau penyakit, jarang terserang flu (pilek), tingkat depresi yang lebih rendah, manajemen stres yang lebih baik dan meningkatnya keterampilan mengatasi masalah, serta rentang hidup yang lebih lama.

Berpikir positif bukanlah sihir dan tidak akan membuat semua masalah hilang. Namun dengan berfikir positif akan membuat masalah tampak lebih mudah dikelola dan akan membantu Anda mengatasi kesulitan dengan cara yang lebih positif dan produktif.

Cara mengembangkan berpikir positif

Berpikir positif dapat dicapai melalui beberapa teknik berbeda yang telah terbukti efektif, seperti self-talk (berbicara terhadap diri sendiri) secara positif dan imajinasi positif.

Berikut adalah beberapa tip untuk membantu melatih otak dalam berpikir positif:

Fokus pada hal-hal yang baik

Situasi dan rintangan yang menantang adalah bagian dari kehidupan. Saat Anda dihadapkan pada satu hal, fokuslah pada sisi baiknya. Sebagai contoh, jika ada teman anda yang membatalkan janji dengan Anda, jangan kecewa. Ambil sisi positifnya, yakni dengan batalnya janji tersebut memungkinkan Anda memiliki waktu untuk menonton acara TV kesukaan, atau bisa melakukan aktivitas lain yang jauh lebih bermanfaat.

Berlatihlah bersyukur

Mempraktikkan rasa syukur terbukti mengurangi stres, meningkatkan harga diri, dan menumbuhkan ketahanan bahkan di saat-saat yang sangat sulit sekalipun. Pikirkan dan rasakan tentang orang-orang, momen-momen, atau hal-hal yang memberi Anda rasa yaman atau bahagia, dan cobalah untuk mengungkapkan rasa terima kasih. Ini bisa berupa ucapan terima kasih kepada rekan kerja karena membantu proyek Anda, orang yang dicintai karena mencuci piring, atau kucing Anda atas cinta tanpa syarat yang diberikan kepada Anda.

Buat jurnal rasa syukur

Berdasar Jurnal Psychiatry edisi 7 Nopember 2010 menunjukkan bahwa menuliskan hal-hal yang Anda syukuri dapat meningkatkan optimisme dan perasaan sejahtera. Anda dapat melakukannya dengan menulis jurnal rasa syukur setiap hari, atau menuliskan hal-hal yang Anda syukuri pada hari-hari Anda mengalami kesulitan.

Buka diri Anda untuk humor

Penelitian telah menemukan bahwa tertawa menurunkan stres, kecemasan, dan depresi. Ini juga meningkatkan keterampilan mengatasi masalah, suasana hati, dan harga diri.

Terbukalah pada humor dalam semua situasi, terutama yang sulit, dan biarkan diri Anda tertawa. Ini langsung meringankan suasana hati dan membuat segalanya tampak sedikit lebih mudah. Bahkan jika Anda tidak merasakannya; Berpura-pura atau memaksakan diri untuk tertawa dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres.

Habiskan waktu dengan orang-orang yang positif

Disadari atau pun tidak, ternyata sikap dan pemikiran negatif/positif terbukti menular. Karenanya selalu pertimbangkan dengan siapa Anda menghabiskan waktu. Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana seseorang dalam suasana hati yang buruk dapat menjatuhkan hampir semua orang di sebuah ruangan? Orang yang positif memiliki efek sebaliknya pada orang lain.

Berada di sekitar orang-orang yang positif terbukti meningkatkan harga diri dan meningkatkan peluang Anda untuk mencapai tujuan. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang akan mengangkat Anda dan membantu Anda melihat sisi baiknya.

Praktikkan self-talk positif

Kita cenderung menjadi yang paling keras pada diri kita sendiri dan menjadi kritikus terburuk bagi diri kita sendiri. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan Anda membentuk opini negatif tentang diri sendiri yang sulit dihilangkan. Untuk menghentikan ini, Anda harus memperhatikan suara di kepala Anda dan merespons dengan pesan positif, yang juga dikenal sebagai self-talk positif .

Penelitian menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam cara Anda berbicara dengan diri sendiri dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mengatur perasaan, pikiran, dan perilaku di bawah tekanan.

Berikut adalah contoh self-talk positif: Kalimat “Aku benar-benar telah mengacaukannya,” cobalah ganti dengan kalimat: “Aku akan mencobanya lagi dengan cara yang berbeda.”

Identifikasi area negatif Anda

Perhatikan baik-baik berbagai bidang kehidupan Anda dan kenali bidang-bidang yang menurut Anda paling negatif. Jika merasa tidak yakin, bisa ditanyakan ke teman-teman atau kolega tepercaya, apa sisi negatif yang kamu miliki kepada mereka. Ini mungkin bisa menambah wawasan kepada anda, sisi negatif apa anda miliki berdasat pamdangan teman atau kolega. Rekan kerja mungkin memperhatikan bahwa Anda cenderung bersikap negatif di tempat kerja. Pasangan Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda menjadi sangat negatif saat mengemudi. Atau orang tua anda menilai bahwa suka begadang merupakan kegiatan negatif. 
Berdasar pengetahuan sisi negatif anda dari orang-orang yang kamu percaya, rubahlah menjadi positif. Jika biasanya di kantor sering malas kerja, rubahlah menjadi rajin. Kalau biasanya ngebut dalam mengemudikan kendaraan, berusahalah untuk mengatur kecepatan yang wajar. Kalau biasanya tidur terlalu larut malam, rubahlah pengaturan jadwal agar bisa tidur lebih awal. Dan seterusnya.

Mulailah setiap hari dengan nada positif

Ciptakan ritual di mana Anda memulai hari dengan sesuatu yang menggembirakan dan positif. Berikut beberapa ide:

  • Katakan pada diri Anda sendiri bahwa ini akan menjadi hari yang menyenangkan atau penegasan positif lainnya.
  • Dengarkan lagu atau playlist bahagia dan positif.
  • Bagikan beberapa hal positif dengan memberikan pujian atau melakukan sesuatu yang baik untuk seseorang.

Selalu berfikir positif meski dalam kondisi sulit

Berusaha menjadi positif saat Anda sedang berduka atau mengalami kesusahan serius sepertinya tidak mungkin. Selama masa-masa ini, penting untuk melepaskan tekanan dari diri Anda sendiri untuk menemukan jalan keluar. Salurkan energi positif untuk mendapatkan dukungan dari orang lain.

Berpikir positif bukanlah tentang mengubur setiap pikiran atau emosi negatif yang Anda miliki atau menghindari perasaan yang sulit. Titik terendah dalam hidup kita seringkali adalah titik yang memotivasi kita untuk maju dan membuat perubahan positif.

Ketika melalui saat-saat seperti itu, cobalah untuk melihat diri Anda seolah-olah Anda adalah teman baik yang membutuhkan dukungan dan nasihat yang baik. Apa yang akan kamu katakan padanya? Anda kemungkinan besar akan mengakui perasaannya dan mengingatkan dia bahwa dia berhak untuk merasa sedih atau marah dalam situasinya, dan kemudian menawarkan dukungan dengan pengingat lembut bahwa segalanya akan menjadi lebih baik.

84 tanggapan pada “BERFIKIR POSITIF

  1. Danny Bimantara Balas

    Kita harus senantiasa berfikir positif agar kita bisa mencapai tujuan kita dan menjadi anak yang tidak posesif dan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

      • Nisrina Fauziah Balas

        Mulai biasakan diri untuk berpikir positif supaya dapat mendatangkan manfaat yang baik dalam kehidupan kita sehari-sehari. Kurangi overthinking (berpikir berlebihan) tentang sesuatu yang buruk. Dan biasakan selalu bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini.

  2. Rofino Adryanto Balas

    Berpikit positif sangat penting dalam kehidupan
    Perilaku positif dpt di mulai dengan:
    Berkumpul dgn orng” positif
    Membuat jurnal rasa bersyukur
    Berlatih melakukan hal” yg positif
    Selalu ber syukur

    • 4chsan PenulisBalas

      Sepakat. Mari kita mulai menerapkan positive thinking dalam kehidupan sehari-hari kita, insha Allah banyak manfaatnya.

  3. Beta Karisma Ramadhani Balas

    Menurut saya tips yang bapak bagi sangat bermanfaat karena saya kadang kadang masih kurang fokus jadi mengarah kefikiran yang negatif. Walaupun itu kadang kadang tapi sangat mengganggu buat saya

    • 4chsan PenulisBalas

      Hal yang biasa terjadi. Itu manusiawi. Tapi dengan terus menerus dilatih, pasti bisa mengendalikan pikiran kita.

  4. SINGGIH WIDHIYANTO Balas

    Saya setuju pak,karena berfikir positif membuat kita lebih nyaman,selalu bertindak positif dan tidak agresif pada suatu masalah..membuat kita selalu bersyukur dan membuat diri kita untuk selalu berjiwa humor tinggi.

  5. Rosita Rahmatu Sania Balas

    Berpikir positif tidak hanya berdampak baik bagi mental,namun juga dapat menjaga kesehatan bagi tubuh

  6. Najwa Salsabila Saharani Balas

    Saya setuju dengan artikel ini, karena dengan cara kita berpikir positif akan ada banyak hal positif juga yang akan kita dapatkan kedepannya.

  7. Priscilla Natya Rahmaputri Balas

    Kita harus berfikir positif karna berfikir positif tidak akan merugikan kita dan terhindar dari hal hal negatif

  8. Agnes Jovita Sari Balas

    Saya setuju, karena dengan berpikir positif maka semua hal akan terasa menyenangkan sekalipun itu hal yang berkesan sukar untuk dilakukan.

      • Kevin Aldebaran Tiando Balas

        Menurut saya dengan berpikir positif kita memiliki banyak dampak yang positif pula dalam kehidupan maupun kesehatan. Karena dengan berpikir positif kita akan terbentuk kebiasaan, tingkah laku, cara bicara , dan cara berpikir yang positif juga tentunya, sehingga dari pikiran kita yang positif maka membuat kita menemukan rasa nyaman, dan bahagia.

  9. Anisa Yuliani Balas

    Berfikir positif memberi good vibes untuk diri sendiri, selalu enjoy dengan keadaan apapun.

  10. Muhammad Rizky Agung Wahyu samudra Balas

    Dengan berpikir positif ada banyak hal yang akan kita dapat diantaranya adalah mengurangi stres, menghilangkan masalah, menurunkan depresu, dll.
    Sudah seharusnya kita mulai berpikir positif mulai dengan saat ini…

  11. Salsabila sekar anggraeni Balas

    Berpikir positif sangat penting bagi kehidupan sehari” maka marilah kita berpikir positif terhadap siapapun

  12. Muhammad Guruh Bintang Wicaksana Balas

    Berpikir positif dapat dilakukan dengan beberapa hal seperti fokus pada hal-hal yang baik, berlatih bersyukur, buat jurnal rasa syukur, buat diri sendiri untuk humor, habiskan dengan orang orang yang positif, identifikasi area negatif diri sendiri, praktikan self talk positif dan sebagainya agar kita dapat jauh dari pikiran negatif yang mungkin membuat kita stress, depresi atau bahkan bunuh diri karena jiwa atau mental kita yang buruk. Mari kita terapkan cara berpikir positif dalam kehidupan sehari-hari.

  13. Dyah Ikhtiariza Balas

    berpikir positif itu sangat penting bagi kehidupan kita, berfikir positif yang harus kita lakukan, yaitu mengembangkan optimisme. Ketika memiliki rasa optimis, kita tidak akan takut gagal dan melihat suatu hal dengan positif. Namun, kita juga tidak boleh terlalu optimis secara berlebihan karena malah akan membuat kita menjadi orang yang terlalu percaya diri.

  14. Bintang azzharaningtyas Balas

    Saya setuju, dengan menerapkan pola berpikir positif pasti semua masalah bisa teratasi dengan baik.

  15. Danica Petrovski Balas

    Saya sangat setuju dengan artikel ini, terdapat beberapa cara mengembangkan berpikir positif. Seperti fokus pada hal-hal yang baik, Berlatih bersyukur, membuat jurnal rasa syukur, buka diri untuk humor, menghabiskan waktu dengan orang-orang positif, praktikkan self-talk positif, mengidentifikasi area negatif, memulai hari dengan nada positif, selalu berfikir positif meski dalam kondisi sulit. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan selalu berfikir positif.

    • 4chsan PenulisBalas

      Amin.
      Yuk kita terapkan positive thinking dalam kehidupan sehari-hari agar sehat jasmani rohani.

  16. Naufal Adani Wynanda Balas

    Berpikir positif menjadikan kita lebih baik, banyak hal positif yang akan kita dapatkan, dan kita dapat terhindar dari hal yang negatif.

  17. Muhamad Aqsal Zulhaj Adha Balas

    Saya sangat setuju dengan cara-cara di atas, karena beberapa hal sudah saya lakukan dan hasilnya sesuai tujuan.

    • 4chsan PenulisBalas

      Alhamdulillah. Tinggal kita kembangkan dan terapkan pengetahuan kita tentang positif thinking dalam kehidupan sehari-hari.

  18. LAILA ADZRA ATIKA Balas

    Berfikir positif dapat memberikan banyak manfaat seperti menurunkan depresi, meringankan masalah, dll. Juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Untuk itu kita harus senantiasa berfikir positif. Salah satu cara berfikir positif adalah selalu bersyukur.

  19. Rivan Rizky Sobirin Balas

    Artikel ini sangat bermanfaat bagi saya dan dapat membantu saya untuk lebih berfikir positif

  20. Anindya Intan Pandini Balas

    Artikel ini sangat membantu saya supaya selalu berpikir positif. Dengan berpikir positif banyak sekali manfaat yang didapat, seperti terhindar dari depresi/stress, kualitas hidup menjadi lebih baik, serta dapat mengatasi kesulitan dengan cara yang lebih positif & produktif.

    • 4chsan PenulisBalas

      Saya sependapat. Mari kita selalu berfikir positif, sehingga tercapai kesehatan dan kebahagiaan jasmani rohani.

  21. Putera Farrel Elian Balas

    Berpikir positif menjadikan hidup lebih bermakna dan bermanfaat. Selain itu, berpikir positif akan menjadikan diri kita ini menjadi seorang yang pantang menyerah, selalu optimis dan semangat dalam menjalani hidup yang penuh lika liku, Tidak hanya itu, positive thinking menjadikan tubuh lebih sehat dan meningkatkan kinerja otak dalam mengingat sesuatu dan mempelajari sesuatu

  22. Paramita Ragil Palupi Balas

    Berpikir positif tidak hanya memberi manfaat bagi diri sendiri, tetapi orang lain dan lingkungan sekitar juga akan mendapat manfaat tersebut. Dari artikel tersebut, kita menjadi tahu bagaimana langkah awal membentuk pikiran positif dalam diri.

  23. ARDDIANTO AGUSTA KURNIAWAN Balas

    Berpikir positif membuat hidup kita menjadi lebih tenang dan dapat menjauhkan dari hal-hal yang negatif.

  24. Adelia Affa Salsabila Balas

    jika kita berpikir positif pasti sesuatu yang akan kita jalani menjadi berkah , dan dengan berpikir positif kita dijauhkan dari rasa gelisah , cemas , dll

  25. Lilis Setianingrum Balas

    Saya setuju, karena dengan berpikir positif maka akan menjadikan kita pribadi yang lebih baik dan hidup akan terasa lebih ringan

  26. Rizka Tsani Nur Arafati Balas

    Dengan berpikir positif, pandangan kita akan lebih terbuka untuk menerima kenyataan hidup. Berpikir positif juga membuat hidup berkembang menjadi lebih baik karena kita difokuskan terhadap hal-hal yang baik. Berpikir positif membuat kita bisa menemukan rasa nyaman, bahagia dan tentram.

  27. Dwi Luthfiyana Balas

    Yang ditulis dalam artikel itu memang sangat benar. Tapi terkadang untuk saya pribadi sulit mempraktekkannya ketika saya benar benar tengah berkubang dalam masalah saya. Terkadang saya merasa untuk tidak lagi menjadi tokoh dalam kehidupan saya, kadang saya merasa kacau pingin berhenti di sini saja. Tapi memang benar, ketika perasaan itu muncul, saya selalu terbayang wajah sahabat saya dan ibu saya. Bersama orang2 positif dan yang kita cintai bisa membuat kita bahagia untuk terus meneruskan hidup. Terimakasih artikelnya pak.:)

    • 4chsan PenulisBalas

      Jika mengalami kesulitan dalam mengatasi permasalahan, bisa dilakukan dengan cara berbagi. Ungkapkan masalahmu kepada sahabat yang bisa kamu percaya, saudara, atau ke guru BK. Insha Allah masalah bisa segera diselesaikan. Jangan dipendam sendiri. Bisa berdampak tidak baik.Semoga bermanfaat.

  28. Muhammad Tri Joko Balas

    Berfikir positif sangat baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,dari berfikir positif kita dapat terhindar dari perbuatan yang dapat memunculkan masalah

  29. Dimas Permadi Balas

    Alhamdulillah dengan adanya artikel ini, saya terbantu agar senantiasa berpikir positif dalam menjalani kehidupan sehari – hari

  30. Nabila Iqda Imani Balas

    Banyak sekali manfaat dari berpikir positif terutama adalah bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Dengan berpikir positif kita juga bisa menghadapi berbagai masalah dengan tenang

  31. Bintang Tri Aji Pamungkas Balas

    Kita harus selalu berfikir positif agar tidak mudah gelisah dan mencurigai oang lain sehingga kita bisa hidup dengan suasana hati yang tentram dan menghilangkan beban pikiran.

  32. valina ayu Balas

    Berfikir positif itu sangat penting bagi kehidupan. Dengan adanya artikel kita dapat menganalisis bahwa berfikir positif memiliki banyak Berpengaruh bagi kehidupan manusia . salah satunya kita dapat menghindari kekhawatiran yang berlebihan,karena itu dapat mempengaruhi fisik dan mental.

  33. valina ayu Balas

    Menurut saya Berfikir positif itu sangat penting bagi kehidupan. Dengan adanya artikel kita dapat menganalisis bahwa berfikir positif memiliki banyak Berpengaruh bagi kehidupan manusia . salah satunya kita dapat menghindari kekhawatiran yang berlebihan,karena itu dapat mempengaruhi fisik dan mental.

  34. Ervinna Nurizkytha Balas

    Berpikir positif memang tidak membuat beban kita hilang, namun dengan kita selalu berpikir positif akan membuat hidup dalam kedamaian hati

  35. Muhammad Fathur Rohman Balas

    Saya setuju, karena berpikir positif sendiri dapat menghindarkan kita dari permusuhan antar sesama manusia. Terkadang hal yang dinilai buruk belum tentu buruk dimata orang lain. Selain itu berpikir positif sendiri juga mendorong diri kita untuk selalu kuat ketika menghadap tekanan berat, semisal sedang down menghadapi masalah berat. Dengan berpikir positif, pikiran kita akan cenderung lebih relex dan menurunkan resiko depresi.

  36. Desvina Kusumaningrum Balas

    Desvina Kusumaningrum

    Dengan berfikir positif bisa membuat kita jadi selangkah lebih maju dalam menjalani kehidupan,dan membuat kita selalu semangat,dan membuang fikiran negatif akan membuat kita selalu bersyukur

  37. Kevin Aldebaran Tiando Balas

    Saya setuju , karena dengan berpikir positif kita memiliki banyak dampak yang positif juga bagi kehidupan. Karena dengan kita berpikir positif kita akan terbentuk kebiasaan, tingkah laku, cara bicara, dan cara berpikir yang positif juga tentunya, sehingga dengan kita selalu berpikir positif kita akan menemukan rasa nyaman dan bahagia dalam menjalani kehidupan.

  38. Widya Fernanda /XII MIPA 3/30 Balas

    Berpikir positif memiliki banyak manfaat diantaranya yang paling penting yaitu dengan berpikir positif, kesehatan mental dan psikologi akan lebih terkondisi serta senantiasa menjaga emosi agar selalu terkontrol saat sedang menyelesaikan suatu masalah.

  39. Halena Elysia Balas

    Berpikir positif sangat penting dalam kehidupan
    Perilaku positif dpt di mulai dengan:
    Berkumpul dgn orng” positif
    Membuat jurnal rasa bersyukur
    Berlatih melakukan hal” yg positif
    Dan yakin semua masalah akan terselesaikan

    • 4chsan PenulisBalas

      Dan yang lebih utama, cara berfikir positif selalu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  40. Refi Naftila Nuraeni Balas

    Berpikir positif akan membiarkan kita melakukan segala sesuatu lebih baik daripada berpikir negatif.

  41. Nisfi lailati Balas

    Selalu berpikir positif agar pikiran menjadi terbuka dengan berpikir positif kita akan menjadi lebih baik

  42. Sandi Faturrahman Balas

    Alhamdulillah terimakasih atas sarannya pak. Semoga kita selalu berpikir positif agar hidup kita menjadi lebih baik lagi dan terhindar dari perbuatan yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *